Kacer Bongkok: Dalam 40 hari tampil di 14 even, dan 19 kali juara!

Perawatan sederhana kacer Bongkok

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kicaumania senior yang dikenal sebagai punggawa New Bravo dan Matoa NB ini mengakui, settingan untuk kacer Bongkok sebenarnya masih standar. “Saya nyetelnya belum terlalu kenceng,” ujar pemilik  kios di Jalan Srengseng Sawah No 37, Jagakarsa, Jakarta Selatan  (Pin BB 3147E6F9) ini.

Dia mencontohkan porsi jangkriknya masih standar. Hanya 2-3 ekor setiap pagi. Begitu pula sore hari, cukup 2-3 ekor jangkrik. Tidak ada extra fooding lain?

“Tidak! Untuk rawatan harian, Bongkok tidak pernah saya beri kroto. Kalau menjelang lomba, maka pada H-1 baru saya beri satu sendok kroto. Porsi jangkrik ditambah dua kali lipatnya. Hanya itu saja,” kata Om Ulay.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Apakah kacer Bongkok setiap hari diumbar?

Lagi-lagi Om Ulay menjawab tidak! Cukup di kandang harian. Kuncinya, selain jemur 1-2 jam setiap harinya, burung juga sering mandi.

Kacer Bongkok milik Om Ulay
Kacer Bongkok tak mengenal kandang umbaran.

Selain mandi setiap pagi sebelum dijemur, di lapangan burung ini juga wajib mandi. Pagi sebelum berangkat ke lomba mandi terlebih dulu, begitu juga saat di lapangan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Usai tampil pada satu sesi, sambil menunggu sesi berikutnya, burung langsung mandi. Minimal dua sesi sebelum turun, burung wajib mandi,” jelas Om Ulay. (d’one)

Kembali ke Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.