Tips dongkrak stamina lovebird agar moncer di lapangan

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Salah satu rahasia agar lovebird moncer di lapangan adalah selalu berusaha menjaga staminanya agar tetap prima. Dengan begitu, penampilannya bisa menjadi lebih maksimal, bahkan cenderung ngekek lebih panjang dengan mental  cukup baik. Lalu apa sajakah yang harus dilakukan untuk mendongkrak stamina lovebird? Berikut tips dongkrak stamina lovebird agar moncer di lapangan.

Dengan stamina yang prima, lovebird mampu tampil maksimal di setiap perlombaan
Dengan stamina yang prima, lovebird mampu tampil maksimal di setiap perlombaan

Om Kicau lebih senang menyebut “agar moncer di lapangan” daripada “agar menjadi juara”, karena banyak sekali faktor penentu burung menjadi juara, termasuk masalah penjurian yang masih kerap dikeluhkan para kicaumania yang hobi berlomba.

Keberhasilan dalam melombakan lovebird tidak terlepas dari pola perawatan dan pakan harian yang diberikan oleh pemilik atau perawatnya. Setiap lovebird lovers mempunyai cara masing-masing dalam merawat dan mendongkrak stamina burung kesayangannya agar bisa tampil maksimal saat dilombakan.

Untuk membantu Anda dalam mengatasi lovebird yang cenderung lesu dan kurang maksimal di lapangan, berikut ini beberapa tips untuk mendongkrak stamina lovebird agar moncer di lapangan.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Mendongkrak stamina melalui perawatan harian

  • Pagi hari, burung dikeluarkan dan diangin-anginkan sekitar 1 jam.
  • Sekitar pukul 07.30 – 08.00, lovebird dimandikan, kemudian dijemur.
  • Penjemuran bisa dilakukan hingga pukul 13.00 siang. Penjemuran dengan durasi lama ini dimaksudkan untuk melatih fisik dan stamina lovebird.
  • Setelah dijemur, lovebird diangin-anginkan di tempat sejuk selama beberapa saat. Setelah itu biarkan burung beristirahat sambil diberi pakan tambahan berupa buah dan sayuran.

Mendongkrak stamina melalui pakan

Selain perawatan di atas, satu hal penting dalam upaya mendongkrak stamina lovebird adalah memberikan pakan secara tepat. Beberapa pakan yang bisa mendongkrak stamina lovebird antara lain:

1. Jagung manis

manfaat_jagung_manis_untuk_balita
Jagung manis bisa mendongkrak stamina lovebird

Jagung yang diberikan sebaiknya jagung manis yang masih segar atau baru dipetik. Selain berasa manis dan sangat disukai burung, jagung ini mempunyai banyak manfaat, terutama untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan kekuatan otot, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat dalam jagung manis cukup lengkap, bahkan mengandung beta karoten, folat, crypthoxanthin, vitamin B, dan vitamin C.

2. Buah apel merah

Khasiat-Apel-Merah
Apel merah untuk lovebird

Buah apel terdiri atasbeberapa jenis dan warnanya. Jenis yang banyak diberikan untuk burung peliharaan adalah apel merah. Selain rasanya lebih manis daripada apel hijau, apel merah juga berkhasiat meningkatkan stamina burung secara cepat.

Namun, para kicaumania harus lebih berhati-hati, karena ada berita yang menyebutkan beberapa apel impor jenis Granny Smith dan Gala telah terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes yang bisa mematikan.

Selain itu, usahakan untuk mencuci kulit apel hingga bersih sebelum diberikan kepada burung. Ini untuk membuang sisa-sisa pestisida yang umumnya digunakan petani untuk mencegah serangga.

3. Kecambah atau biji berkecambah

kecambah

Pakan utama lovebird adalah biji-bijian. Namun ada cara lain yang sangat bermanfaat selain memberikan pakan bijian dalam kondisi mentah, yaitu membuat bijian tersebut berkecambah atau keluar kecambahnya.

Selain sangat disukai burung, kecambah mempunyai kandungan nutrisi lebih lengkap ketimbang biji mentah. Yang lebih penting lagi, bijian berkecambah juga bisa mendongkrak stamina burung yang mengkonsumsinya.

Cara pembuatan biji berkecambah cukup mudah, yaitu dengan melakukan pembilasan dan perendaman terhadap pakan bijian. Informasi lengkap mengenai cara membuat biji berkecambah, silakan buka lagi dalam tautan di bawah ini:

Itulah beberapa hal mengenai cara mendongkrak stamina lovebird agar siap dilombakan, bahkan bisa moncer di lapangan.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.