Tips Om Ferry Yong merawat belasan lovebird lomba

Masih ingat Om Ferry Yong? Pemain lomba dan pemilik breeding lovebird Kurnia BF Banjarnegara ini baru saja menghebohkan jagat kicaumania, setelah meraih dua kali juara 1 dan sekali juara 2 dalam gelaran akbar Plaza Cup 3 di Semarang, 18 Januari lalu.

Om Ferry Yong
Om Ferry Yong (tengah) meraih sukses besar di Plaza Cup 3 Semarang.

Prestasi ini diraih tiga lovebird berbeda yaitu Opium, Dollar, dan Jibaku. Lovebird Opium menjuarai kelas paling bergengsi, Plaza. Adapun Dollar menjuarai Kelas Plampitan, dan lovebird Jibaku juara 2 di Kelas Brumbungan Dua.

Karuan saja prestasi ini membuat para pemain lainnya terkagum-kagum. Pasalnya, sejumlah lovebird papan atas seperti Matso milik Hadi CNI dan Bayi Ajaib (Danang Mbok Sabar) berhasil dilampuinya.

Sebaliknya, lovebird Opium selama ini hanya main dalam even latberan atau kontes lokal di Banjarnegara dan sekitarnya, termasuk yang rutin diadakan GBA Bird Community Banjarnegara.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Lovebird Dollar pernah tampil dalam kontes akbar 168 Cup 3, juga di Semarang (7 September 2014), dengan hasil juara 4. “Plaza Cup merupakan even perdana yang saya ikuti di lingkungan PBI,” ungkap Om Ferry Yong.

Sebenarnya, Om Kicau sudah cukup lama memantau progress Opium. Silakan cek beberapa artikel di bawah ini:

Lovebird Opium
Lovebird Opium, juara kelas bergengsi di Plaza Cup 3.

Opium mengawali debutnya dalam Latber Sabtuan GBA di Perumahan Griya Bukit Asri Banjarnegara (8/11/2014). Saat itu kinerjanya mumpuni. Begitu digantang langsung bunyi sangat rajin, durasinya pun superpanjang.

Para juri dan penonton terkagum-kagum melihat penampilan Opium. Alhasil, juri- juri pun dengan mantap memberi koncer A penuh kepada Opium. “Gila, durasinya panjang sekali. Volumenya juga tembus dan kasar,” tutur seorang penonton.

Selama ini Om Ferry Yong memang jarang mengikuti lomba di luar wilayah Eks Karesidenan Banyumas. Karena itu, saat mengikuti even Plaza Cup 3 yang berlangsung di Lapangan Yonif 400 / Raider Jl Setiabudi – Srondol Semarang, dia merasa seperti “orang hilang”.

Om Ferry Young (Kurnia BF)
Om Ferry Young (Kurnia BF) di kandang penangkaran Kurnia BF.

Dalam even itu, dia tidak mengenal siapa-siapa, baik juri maupun panitia. Hanya beberapa orang kicaumania yang dikenalnya, itupun umumnya dari wilayah Banyumas Raya yang memang sering ketemu di even latberan dan lomba lokalan.

Yang menarik adalah strategi Om Ferry Yong dan kru Kurnia BF. Berbeda dari sebagian besar pemain lainnya, Om Ferry cuma menurunkan setiap burung pada satu kelas saja. Jadi lovebird Opium, Dollar, dan Jibaku masing-masing hanya turun sekali.

Strategi ini sebenarnya cukup berisiko. Sebab, tidak jarang lovebird tampil kurang prima pada sesi awal, kemudian ngedan di sesi-sesi berikutnya. Namun tidak demikian dengan ketiga gaco Kurnia BF. Semuanya langsung tancap gas, rajin bunyi, ngekeknya panjang-panjang, dengan volume tembus, sehingga terlihat lebih menonjol ketimbang lawan-lawannya.

Perawatan diseragamkan

Hal unik lainnya adalah cara perawatan lovebird lomba milik Om Ferry. Sebagai breeder, Om Ferry memiliki sekitar 300 pasangan induk lovebird berkualitas di kandang Kurnia BF. Dari jumlah itu, ada belasan yang dijadikan sebagai burung lomba.

breeding lovebird Kurnia BF Banjarnegara--1
Kurnia BF Banjarnegara memiliki sekitar 300 pasangan induk lovebird.

Selain ketiga jawara yang moncer di Plaza Cup 3, masih ada gaco-gaco yang sedang meretas prestasi di lapangan. Misalnya Amor, Brownis, Chelsea, El Nino, Ferari, Gele, Hasis, lnexs, Kid, Libas, Montana, Never Give Up, Permata, Quality, Ratu, Sizuka, The Brandal, Wonder Women, dan lain-lain.

Apabila harus mencermati karakter masing-masing burung, tentu akan sangat merepotkan perawatannya. Karena itu, Om Ferry dibantu dua mekaniknya (Nur Opium dan Anshor Dollar) melakukan perawatan seragam untuk gaco-gaco lapangan.

“Jadi perawatannya dibuat sama, termasuk masalah pakan. Setiap pagi, semua burung dimandikan, kemudian dijemur selama satu jam. Setelah itu dianginkan bareng, namun antara burung yang satu dan burung lainnya diberi penyekat,” ujarnya.

Pakan harian pun cukup milet putih. Kalau mau lomba, barulah diberi jagung muda dan multivitamin. Malam hari, semua burung lomba dikerodong full, agar bisa beristirahat total dan bebas dari gigitan nyamuk.

Hebatnya, perawatan ini berlaku setiap hari, sehingga tidak mengenal setelan harian dan lomba. Yang membedakan, sekali lagi, hanya penambahan jagung muda dan multivitamin menjelang lomba.

breeding lovebird Kurnia BF Banjarnegara--1
Anakan lovebird paskun di kandang Kurnia BF.

Om Ferry Yong / Kurnia BF Banjarnegara

Kontak: Pin BB 2B3C652E / 0819 0280 6888

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.