Kacer Sketsa nyeri, kenari Sinchan dan murai Berliant berkibar di PKM Klaten

Guyuran hujan yang cukup lebat di wilayah Klaten dan sekitarnya, Jumat (30/1) siang, memang membuat peserta yang mengikuti Latpres PKM Klaten di Pasar Plembon tidak seramai biasanya. Namun sejumlah peserta dari luar kota yang datang lebih awal tetap menghadiri latpres bulanan ini.

“Justru banyak peserta lokal yang membatalkan pesanannya, saat melihat kondisi langit gelap. Mereka mungkin memilih tinggal di rumah,” jelas Om Harno, ketua PKM Klaten.

Latpres PKM Klaten
Suasana Latpres PKM di Pasar Plembon Klaten, Jumat (30/1).

Sejumlah peserta luar kota seperti Solo, Boyolali, Sukoharjo, dan Jogja memang tetap bertahan mengikuti latpres. Kelas yang paling ramai adalah kenari dan lovebird, selain murai batu, kacer, dan cucak hijau.

Kenari bahkan sampai buka empat kelas: dua standar bebas, dua standar kecil. Apabila kondisi cuaca mendukung, empat kelas kenari ini biasanya penuh sesak. Bahkan panitia sering menolak calon peserta.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Meski sempat diguyur hujan, kelas kenari tetap ramai, namun ada satu-dua gantangan kosong. Begitu pula di kelas lovebird.

Kenari Sinchan milik Putra Baron (Klaten) tampil sebagai juara di Kelas Sejati dan juara 3 Kelas Favorit: keduanya merupakan kelas standar umum. Selain langganan juara di Klaten, Sinchan kini juga makin diperhitungkan di kawasan Jogja.

kenari Sinchan
Kenari Sinchan milik Putra Baron.

Dalam even PBI Lokal Terkendali (21/12/2014), Sinchan merebut juara 1.  Prestasinya berlanjut saat turun dalam even Kawula Alit Road to Valentine di Jogja (18/1), dengan meraih sekali juara 1.

Putra Baron dan kenari Sinchan
Putra Baron kembali sukses bersama kenari Sinchan

“Pokoknya Sinchan makin mantap. Rencananya mau ditampilkan lagi dalam even Valentine Day Jogja (15/2), Fairplay Cup di Solo (1/3), dan In Memorial Jendral Besar Soeharto di Jogja (8/3),” kata Putra Baron.

Kelas Favorit dimenangi kenari Bandit milik Yahya SF dari Klaten, diikuti Pedas Manis milik Om Likin Solusindo dan Sinchan.

Di kelas kenari kecil, Pancawarna milik Rising Star (Klaten) nyaris meraih double winner. Burung ini menjuarai Kelas Kenari Kecil Sejati. Juara 2 dan 3 masing-masing ditempati Aryani milik Brian (Klaten) dan Jamper Merah milik Raja Dewa Dewi, juga dari Klaten.

Kenari Batosai milik Mbah Topang-Topang (Green Team) kali ini berada di urutan kelima. Tetapi burung hasil ternakan Mbah Topang-Topang (kode ring 069 Papburi Klaten) ini tampil menawan saat turun di Kelas Kenari Kecil Favorit, dan sukses menjadi juara 1. Pancawarna di posisi kedua.

Batosasi dan Pancawarna sama-sama sedang bersinar di kelas kenari kecil. Ketika berlaga dalam Latpres PPK-1 Parikesit, 25 Januari lalu, Batosasi dan Pancawarna juga berbagi gelar juara 1.

Murai batu Berliant sukses menjuarai Kelas Sejati. Gaco milik Siswanto BG ini memaksa Kiamat milik Andy Janu SF Klaten dan Kayla kepunyaan H Sigit WMP Klaten berada di posisi kedua dan ketiga.

Murai batu Berliant
Murai batu Berliant

Kelas Favorit dimenangi murai batu Black Jack milik Indra Double Breeders dari Handayani BC Gunungkidul. Murai batu Kiamat lagi-lagi harus puas di urutan kedua.

Siswanto BG dan murai batu Berliant
Siswanto BG moncer bersama MB Berliant.

Kendati belum menjadi yang terbaik, koleksi dua gelar juara 2 membuktikan kestabilan prestasi murai batu Kiamat. “Kiamat pernah nyeri dalam even di Wonogiri beberapa waktu lalu,” tutur Om Andy Janu.

Andy Janu dan murai batu Kiamat
Andy Janu: Murai batu Kiamat dua kali juara 2.

Om Indra Batak (Squad Jogja) menurunkan lovebird Alexa Jr dan sukses menjuarai Kelas Favorit. Lovebird Baru Klinting tidak terkalahkan di Kelas Lovebird A, dan tampil sebagai juara 1. Burung besutan Andy (Weru) ini juga tampil apik di Kelas Favorit, meski berada di posisi keempat.

Bintang lapangan dalam Latpres PKM Klaten kali ini adalah kacer Sketsa. Jagoan milik Om Daris dari Cawas, Klaten, ini menjadi satu-satunya peserta yang meraih double winner.

Daris dan kenari Naga Sakti
Om Daris tak hanya sukses di kenari dan murai, tapi juga kacer.

Melihat prestasi kacer Sketsa, Om Daris tak ragu-ragu untuk menurunkannya dalam even akbar Valentine Day di Jogja, 15 Februari 2015. Bahkan dia juga berencana menurunkannya di Fairplay Cup Solo (1/3), In Memorial Jendral Besar Soeharto di Jogja (8/3), dan Arema Cup IV di Malang, 22 Maret 2015. (Waca)

Hasil Latpres PKM Klaten (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.