Kepompong, EF alternatif berprotein tinggi untuk burung kicauan

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Kepompong atau pupa adalah suatu proses metamorfosis larva menjadi serangga dewasa. Pada stadium ini, struktur tubuh larva akan lenyap, digantikan oleh struktur tubuh dewasa. Di beberapa daerah, kepompong dari jenis ulat banyak disukai sebagai makanan lezat. Selain itu, kepompong juga memiliki kandungan protein cukup tinggi. Karena itu, kepompong juga dapat dijadikan pakan tambahan (EF) alternatif berprotein tinggi untuk burung kicauan.

Kepompong ulat sutera yang tinggi protein
Kepompong ulat sutera memiliki kandungan protein tinggi.

Pada umumnya, beberapa jenis kepompong yang berasal dari ulat memiliki kandungan gizi cukup tinggi. Kandungan protein yang terdapat dalam kepompong bahkan lebih tinggi daripada jangkrik, ikan, daging sapi, maupun tanaman kacang-kacangan.

Kepompong juga memiliki kandungan asam amino esensial, antara lain lisin, isoleusin, leusin, valin, metionin, dan threonin. Adapun kandungan mineralnya terdiri atas natrium, kalium, kalsium, dan fosfat. Bahkan kepompong juga memiliki beberapa kandungan vitamin, antara lain vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, dan asam folat.

Pemberian kepompong sebagai pakan burung kicauan sebenarnya sudah lama dilakukan oleh sejumlah kicaumania di negeri jiran seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand. Seperti halnya laba-laba, di sana kepompong pun banyak dijual di pasar burung.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Mengingat tingginya kandungan protein pada kepompong, para kicaumania di mancanegara rutin memberikannya setiap hari sebagai extra fooding (EF) bagi burung piaraannnay. Hasilnya memang bisa langsung terlihat: burung menjadi lebih aktif, rajin berbunyi, mentalnya meningkat, dan mudah jinak.

Ada beberapa jenis kepompong yang sangat umum diberikan sebagai pakan burung. Namun yang banyak digunakanadalah kepompong ulat sutera dan kepompong ulat jati. Dua jenis kepompong ini cukup popular sebagai makanan atau camilan lezat di beberapa daerah. Kalau untuk manusia saja aman, tentu aman pula untuk burung.

Cara memberikan kepompong kepada burung

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.