Rumah Burung Betawi: Toko kenari yang didesain seperti minimarket

Memasuki Rumah Burung Betawi (RBB) milik Om Saiful terasa berbeda dari birdshop-birdshop lainnya. Begitu membuka pintu galeri, pengunjung langsung merasakan udara sejuk di dalamnya. Ya, suasananya seperti memasuki minimarket, he.. he.. he..

Rumah Burung Betawi, Gunung Putri Bogor
Om Saiful di galeri Rumah Burung Betawi, kawasan Gunung Putri Bogor.

RBB memang didesain dengan konsep sebagaimana layaknya minimarket. Ingin mencari kenari yorkshire (YS) keluaran RBB? Mampir saja ke galerinya di Gunung Putri Bogor, yang baru diresmikan dua bulan lalu. Lokasinya di kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.

Kandang-kandang berisi aneka jenis kenari, khususnya YS dan turunannya, nampak tertata rapi memenuhi ruangan yang bersih dan nyaman, serta didesain artistik penuh warna-warni.

Kursi-kursi berederet di tengah, sementara sisi kiri dan kanan berisi kandang-kandang kenari yang mudah dipantau para pengunjung.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kenari yang ada di galeri RBB umumnya postur gede. Sebab sasaran pembelinya tak lain kalangan pemain lomba dan breeder / peternak, baik pemula maupun yang sudah mapan.

Rumah Burung Betawi - Salah satu induk jantan YS
Salah satu induk jantan kenari YS.

Jenis kenari besar ini sangat bervariasi, mulai dari F1, F2, F3, hingga YS. Tersedia pula jenis AF biasa dan AFS. Mau YS impor juga ada. “Ringnya antara lain FOI, DKB, JFKK, dan NB. Saat ini RBB memang hanya menyediakan kenari besar,” kata Om Saiful yang Jakarta itu.

Om Saiful sengaja mendesain toko kenarinya dengan konsep yang jauh berbeda dari toko burung pada umumnya. Suasananya dijamin membuat nyaman para pengunjung, sehingga bisa lebih  berlama-lama memantau kenari yang diinginkannya.

Ide membangun toko kenari yang didesain seperti minimarket ini berawal dari hobinya di burung kicauan, khususnya kenari. Dia juga mencermati, dalam 10 tahun terakhir, harga kenari YS relatif stabil.

Hal inilah yang membuatnya kepincut untuk menyediakan beragam YS impor. Bekerjasama dengan importir, RBB tidak pernah kehabisan stok kenari gede. Tetapi tokonya harus didesain berbeda dari yang sudah ada, dan mampu membuat para pengunjung betah.

Rumah Burung Betawi - Kenari YS betina
RBB juga menyediakan induk betina kenari YS.

Meski baru diresmikan dua bulan lalu, jejaring yang dibuatnya sejak lama membuat RBB sudah memiliki sejumlah pelanggan. Mereka bukan hanya berasal dari wilayah Jabodetabek saja. Beberapa pelanggan berasal dari luar kota, bahkan banyak yang dari luar Jawa.

“RBB juga siap menerima permintaan dari luar Jabodetabek, termasuk luar Jawa. Para pemain lomba maupun peternak kenari bisa datang kemari, atau kontak kami jika tidak berdomisili di Jabodetabek,” jelas Om Saiful.

Berapa harga kenari di RBB? Tentu sangat beragam, tergantung jenisnya. Untuk kenari AF, harga dibanderol mulai dari Rp 750.000 hingga Rp 1,5 juta per ekor. Kenari F1 sekitar Rp 1,8 juta hingga Rp 2,5 juta. Adapun YS impor sekitar Rp 5 juta sampai Rp 8 juta.

Rumah Burung Betawi - Kandang ternak khusus YS lokal
Kandang khusus kenari YS lokal.

Khusus kenari lomba, harganya lumayan tinggi. Yang termurah Rp 9 juta, ada juga kenari siap lomba seharga Rp 15 juta, bahkan lebih dari itu.

Para peternak kenari pun bisa mendapatkan materi indukan di sini, baik induk jantan, induk betina, maupun pasangan kenari siap produksi. RBB juga menyediakan beragam aksesoris burung seperti kandang, juga aneka pakan dan vitamin burung lainnya.

Rumah Burung Betawi - Induk jantan YS sedang diistirahatkan
Induk jantan YS sedang diistirahatkan.

Penasaran? Mampir yuk ke Rumah Burung Betawi di Gunung Putri Bogor. (d’one)

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.