Enam jenis alap-alap dengan suara unik untuk masteran

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Selama ini alap-alap atau falcon dirawat bukan sebagai burung peliharaan yang disimpan dalam sangkar, namun sebagai burung partner yang bisa dilatih untuk menemani pemiliknya. Di mancanegara, falcon sering dimanfaatkan untuk berburu hewan seperti kelinci atau rubah. Adapun di Indonesia lebih sering dipelihara untuk dilatih berbagai atraksi terbang. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung alap-alap atau falcon
Burung alap-alap atau falcon punya suara unik untuk masteran.

Selain penampilannya yang gagah, beberapa jenis falcon atau alap-alap ternyata mempunyai suara yang mirip suara burung masteran pada umumnya.

Alap-alap yang dalam literatur asing disebut falcon atau kestrel merupakan jenis burung pemangsa dari keluarga Falconidae. Spesies ini tentu berbeda dari jenis burung elang pada umumnya.

Alap-alap memiliki sayap lebih kecil dengan ujung sayap runcing, paruh lebih pendek dan melengkung. Sayapnya yang pendek di bagian ujung yang meruncing itulah yang membuat gaya terbang alap-alap lebih cepat dan akrobatis.

Burung alap-alap memiliki pandangan mata yang 2,6 kali lebih tajam daripada penglihatan manusia. Tidak heran jika alap-alap mampu melihat seekor tikus bersembunyi di sela-sela rumputan pada saat terbang.

Karena itu, alap-alap banyak dimanfaatkan untuk membantu petani dalam membasmi hama tikus di sawah. Tetapi burung ini juga kerap disalahkan jika ada hewan peliharaan yang hilang, terutama anak ayam.

Berikut ini enam jenis burung alap-alap dengan suara unik untuk masteran. Kita mulai dari alap-alap macan.

1. Alap-alap macan

Alap-alap macan atau Oriental hobby
Alap-alap macan atau oriental hobby

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Alap-alap macan atau oriental hobby (Falco severus) mempunyai panjang tubuh 25 cm; relatif kecil untuk burung falcon. Tubuhnya berwarna merah karat dan hitam, dengan bentuk sayap yang panjang dan lancip di bagian ujung. Kepala dan tubuh bagian atas berwarna abu-abu gelap danbercorak kebiruan. Adapun tubuh bagian bawah cokelat berangan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Spesies burung ini banyak ditemukan di hutan dataran rendah di beberapa daerah di Indonesia, antara lain di Pulau Sematera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Spesies ini juga ditemukan di Kepulauan Solomon. Mangsa utamanya adalah serangga, tikus, anak ayam, dan burung-burung kecil.

Suara alap-alap macan mirip suara kicauan burung tengkek udang atau cekakak. Suara yang sama juga ditemukan pada burung alap-alap sapi.

Lihat jenis burung alap-alap lainnya:

Alap-alap walet | Alap-alap kawahAmerican kestrel | Barred forest falconOrange-breasted falcon

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.