Tips perawatan dan video murai batu Caping Gunung

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Para penggemar murai batu di Blok Tengah, khususnya DIY, tentunya masih ingat murai batu Caping Gunung. Ya, murai ini dulu sering menjuarai berbagai lomba burung berkicau, mulai dari even lokal, regional, hingga nasional. Lama menghilang, Caping Gunung tiba-tiba muncul dalam TKKM Road to Valentine di Jogja, Minggu (1/2) lalu, dan sukses meraih juara 1 dan 2.

Caping Gunung merupakan murai batu hasil breeding Om Yudi GK yang mukim di Gunungkidul, DIY. Om Yudi tidak hanya menangkar murai batu, tetapi juga aneka burung berkicau lainnya seperti jalak dan cucakrawa. Namun, belakangan ini dia lebih fokus ke murai batu.

Murai batu Caping Gunung
Murai batu Caping Gunung sedang beraksi.

Banyak anakan murai hasil breeding Om Yudi yang setelah dewasa berprestasi di lapangan, termasuk Caping Gunung. Pada kaki burung ini masih tersemat ring Yudi KG.

Dari tangan dia, Caping Gunung lantas diboyong Cak Bachri, rekannya di Handayani BC Gunungkidul. Setelah di tangan Cak Bachri, nama Caping Gunung makin kesohor. Penampilannya terus meningkat, baik di kelas umum / bebas maupun di kelas khusus ring.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Belakangan, nama Caping Gunung cukup lama tak terdengar lagi. Rupanya karena siklus mabungnya terbilang lama. Saat baru pulih mabung itulah, Om Bashori dan Om Supri dari Klaten mengendusnya.

Kru murai batu Caping Gunung
Om Supri (kiri) saat mengawal Caping Gunung di TKKM Road to Valentine (1/2). 

Mereka kemudian sepakat memantau Caping Gunung di sebuah arena latber, beberapa waktu lalu. “Saat itu Caping Gunung sudah mau tampil dan meraih juara. Kami akhirnya deal dan burung secara resmi dalam rawatan saya,” jelas Om Supri saat disambangi Om Kicau di rumahnya, kawasan Pedan, Klaten.

Di tangan keduanya, Caping Gunung tampil untuk pertama kalinya di even TKKM Road to Valentine, Minggu (1/2). Penampilannya langsung membuat sejumlah murai mania berdecak kagum.

Bahkan Cak Bachri yang ikut melihat penampilan eks gaconya pun kaget. “Gila, Caping Gunung justru lebih ngedan daripada saat saya pegang. Ini penampilan terbaiknya sepanjang yang saya tahu,” tutur Cak Bachri di sela-sela lomba.

Murai batu Caping Gunung
Om Supri sedang memberikan kroto kepada MB Caping Gunung.

Saat Om Kicau berkicau ke rumahnya, Om Supri mencoba memancing Caping Gunung dengan murai batu lainnya, serta digoda sedemikian rupa agar mau bunyi. Sang jawara ternyata mau bereaksi juga, sehingga Om Kicau langsung merekamnya dalam video.

Dalam video terlihat Caping Gunung mulai beraksi. Makin lama dipancing, akhirnya keluar juga lagu-lagu kecil dan tembakan kristalnya.

Silakan simak video berikut ini. Namun, tentu saja, burung tidak sengotot dan sebaik ketika tampil di lapangan di mana jumlah musuh yang mengelilinginya jauh lebih banyak dan sebagian besar juga tak kalah ciamik. (Waca)

Download Video

Perawatan MB Caping Gunung (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.