Duta Soeharto dan Mr Yayang juara umum Satria Vaganza Purwokerto

Lomba burung berkicau Satria Vaganza di Monumen Pangsar Soedirman, Logawa, Purwokerto, Minggu (8/2), berlangsung meriah dan dihadiri sejumlah burung andal dari berbagai kota di Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Barat. Sebagian di antara mereka juga menjadi juara pertama, misalnya lovebird Opium, murai batu Tomato dan Konslet, kacer Marlin, serta cucak jenggot Ratu Jagat.

Lovebird Opium, jawara kelas bergengsi dalam even akbar Plaza Cup 3 di Semarang (18/1), kembali menunjukkan kestabilannya dalam menghadapi lawan-lawannya. Turun di Kelas Satria, kelas paling bergengsi, lovebird andalan Om Ferry Yong dari Kurnia BF Banjarnegara ini tampil sebagai juara pertama.

Om Ferry Yong
Om Ferry Yong (2 dari kanan) siap bawa Opium ke Valentine Day di Jogja, Minggu (15/2).

Begitu digantang, Opium yang memiliki durasi bunyi panjang, volume tembus, dan gaya tarung nagen pada satu pangkringan, langsung nembak super panjang. Enam juri dan dua korlap yang bertugas pun dengan seksama mengamati kinerjanya.

Tak hanya juri dan korlap yang dibuat geleng kepala. Para penonton yang melihatnya juga dibuat terpesona oleh aksi ciamik lovebird Opium. “Edan! Gantangan 40 ngekeknya panjang banget. Volumenya tembus dan rajin,” tutur salah seorang penonton.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Om Ferry Yong tentunya senang melihat gaconya kembali berprestasi. Hasil ini bisa menambah semangatnya untuk menurunkannya kembali dalam even akbar Valentine Day di Jogja, Minggu (15/2) mendatang.

“Selain Opium, saya juga akan membawa amunisi lovebird lainnya, mulai dari Dollar, Jibaku, Montana, Brownis, hingga Ratu. Doakan semoga semuanya bisa nampil,” kata Om Ferry.

Cucak jenggot Ratu Jagat
Cucak jenggot Ratu Jagat tak terkalahkan di dua kelas.

Kehadiran cucak jenggot Ratu Jagat milik Mr Yayang Pangkalanbun, Kalimantan Tengah, jelas menambah gengsi even Satria Vaganza. Inilah salah satu cucak jenggot terbaik nasional saat ini, yang sudah bertahun-tahun stabil di jalur juara, dan sebagian besar juara pertama.

Dalam even kali ini, Ratu Jagat memborong dua kelas yang dilombakan, yaitu Mega Bintang dan Bintang. Cucak jenggot Bulan milik Agus TJ (Terus Jaya Cilacap) juga tampil bagus, dan meraih dua kali 3. Juara 2 pada kedua kelas ini masing-masing diraih CJ Srikandi milik Bian / Agus dari Ajibarang Team dan Pagar Besi besutan Suhayat (Ciamis).

Mr Yayang tak hanya sukses di kelas cucak jenggot. Dia juga membawa kenari Raja Gedek yang sukses menjuarai Kelas Standar Umum Farm Ebod Jateng. Raja Gedek sebenarnya merupakan kenari standar kecil. Di kelas spesialisnya, Raja Gedek menjadi juara 3.

Hasil tiga kali juara 1 dan sekali juara 3 yang diraih Ratu Jagat dan Raja Gedek ini mengantarkan Mr Yayang tampil sebagai juara umum single fighter (SF).

Mr Yayang juara umum SF
Om Jikano, mewaliki Mr Yayang, menerima trofi juara umum SF.

Kacer Marlin milik Dr Firman Bumiayu yang sebelumnya nyeri di GBA Ceria 2 Banjarnegara (1/2), kembali tampil apik. Pada sesi pertama, Marlin harus mengakui keunggulan Jupiter milik Simon Lucky dari Gabel SF Tegal. Jupiter juara 1, sementara Marlin juara 2.

Namun begitu turun di sesi kedua, Marlin tampil lebih ngotot dan berhasil meraih juara pertama, diikuti Super Star milik David (Duta Soeharto Jogja) dan Jupiter di peringkat tiga.

Dr Firman Bumiayu dan kacer Marlin
Dr Firman Bumiayu: Kacer Marlin nyaris duble winner.

Simon Lucky tak hanya sukses di kelas kacer. Dalam even ini, dia juga menurunkan cucak hijau Matrix. Hasilnya, Matrix sukses meraih juara 1 dan 3.

Simon Lucky
Simon Lucky moncer di kelas kacer dan cucak hijau.

Murai batu Tomato milik H Suwadi Klaten sukses menjuarai Kelas Farm Ebod Jateng. Minggu lalu, Tomato juga menjuarai GBA Ceria 2 di Banjarnegara.

H Suwadi Klaten
H Suwadi Klaten (tengah) kembali sukses bersama MB Tomato.

AGG Papburi Klaten yang tergabung dalam Duta Soeharto Cup 2 menurunkan jagoannya, kenari Mr Napoleon. Kinerjanya ngedur, dengan durasi panjang, ditopang volume keras, membuat Mr Napoleon sulit dikalahkan lawan-lawannya. Dua kelas standar kecil pun dimenanginya.

AGG Papburi Klaten
AGG Papburi Klaten (baju hitam): Kenari Mr Napoleon nyeri di kelas standar kecil.

Duta Soeharto Cup 2 Jogja yang dipimpin Anank Ginting dan diperkuat sejumlah burung jawara mengumpulkan poin tertinggi dan dinobatkan sebagai juara umum BC.

“Kami tunggu kehadiran teman-teman dalam even akbar In Memorial Jendral Besar Soeharto Cup II di Universitas Mercu Buana, Jalan Raya Wates Jogja, 8 Maret mendatang,” kata Om Anank.

Duta Soeharto Cup
Duta Soeharto Cup juara umum BC.

Secara keseluruhan, even kemasan EO Internasional pimpinan Pur Bumen, bekerjasama dengan Kicau Satria Purwokerto, berlangsung lancar.

Pur Bumen, Arek, dan Sutar mewakili seluruh panitia mengucapkan terimakasih atas kehadiran kicaumania, dan mohon maaf kalau masih ada kekurangan selama pelaksanaan lomba. (Bimbim)

Pur Bumen dan Arek
Pur Bumen (kaos merah-hitam) dan Arek (kanan): Terimakasih atas dukungan sobat kicaumania.

Hasil Lomba Satria Vaganza (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.