Sikatan tanah-jampea, burung endemik Sulawesi Selatan yang bersuara merdu dan penuh variasi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Dari sekian banyak jenis burung sikatan, nama sikatan tanah-jampea mungkin baru Anda. Maklum saja, spesies ini sebelumnya merupakan salah satu subspesies / ras dari burung sikatan bakau (Cyornis rufigastra). Namun kini dipisah menjadi spesies tersendiri, dengan nama sikatan tanah-jampea / tanah-jampea blue flycatcher (Cyornis djampeanus). Dalam buku Daftar Burung Indonesia Volume 2, nama burung ini belum tercantum.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung sikatan tanahjampea endemik Pulau Tanah Jampea, Sulawesi Selatan
Burung sikatan tanahjampea endemik Pulau Tanah Jampea, Sulawesi Selatan.

Spesies burung yang termasuk keluarga Muscicapidae ini memiliki wilayah persebaran sangat terbatas, dan tercatat sebagai burung endemik di Pulau Tanah Jampea, Sulawesi Selatan. Habitatnya di hutan-hutan bakau sepanjang pesisir, peralihan mangrove dengan hutan dan belukar, hutan-hutan pantai, dan hutan-hutan rawa air asin.

Panjang tubuh burung sikatan tanah-jampea sekitar 14 – 15 cm. Pada burung jantan, tubuh bagian atas berwarna biru tua, alis biru pucat, dan dagu gelap. Tubuh bagian bawah berwarna merah-karat jingga. Tenggorokan putih, kontras dengan dagu dan muka bagian bawah yang kehitaman.

Penampilan fisik burung betina sebenarnya mirip dengan burung jantan, hanya saja di bagian tenggorokannya tidak ditemukan warna putih yang kontras.

Sebelumnya dianggap sebagai sub-spesies sikatan bakau
Burung sikatan tanah-jampea sebelumnya dianggap salah satu subspesies sikatan bakau.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Sebagaimana burung sikatan bakau, sikatan tanah-jampea akan berburu di dekat tanah. Mereka makan berbagai jenis serangga seperti lalat, lebah, rayap, semut, dan belalang.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pada musim kawin (Maret – Agustus), burung jantan akan berkicau sangat ramai untuk menarik perhatian burung betina. Saat itulah mereka akan memiliki sifat teritorial dan akan menyerang jantan lain yang dianggap saingannya.

Sarang umumnya dibangun tidak jauh (sekitar 2 meter) dari permukaan tanah. Sarang yang berbentuk cawan terbuka ini hanya dibangun oleh burung betina saja. Jumlah telur sekitar 3-5 butir yang juga hanya dierami burung betina saja.

Suara kicauan burung sikatan tanah-jampea

Suara kicauan burung sikatan tanah-jampea cukup merdu dan penuh variasi. Hal ini memang menjadi ciri khas dari sebagian besar jenis burung sikatan alias flycatcher.

Berikut ini tiga variasi suara kicauannya yang bisa dimanfaatkan untuk memancing bunyi maupun sebagai masteran untuk jenis burung sikatan lainnya:

  • Suara kicauan sikatan tanahjampea variasi 1
  • Suara kicauan sikatan tanahjampea variasi 2
  • Suara kicauan sikatan tanahjampea variasi 3

Unduh audionya di sini

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

Komentar ditutup.