Video dan perawatan lovebird Kusumo: Ngekeknya tembus 3 menit!

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Perawatan lovebird Kusumo

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Setiap pagi, sekitar pukul 05.30, Om Sigit sudah mengeluarkan Kusumo untuk diembunkan. Saat matahari mulai nongol, burung dimandikan dengan cara disemprot lembut, tidak perlu sampai basah.

Selanjutnya, burung digantang di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Setelah bulu kering, Kusumo dijemur dengan cara ditaruh di bawah, di atas konblok jalan, tidak digantung.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
Om Sigit WMP dan lovebird Kusumo
Om Sigit WMP menggoda lovebird Kusumo.

Sebelumnya, cepuk yang cukup besar dan sudah diisi air dimasukkan, untuk mandi “slulup”. Kusumo terbiasa mandi sendiri di “bak” seukuran cepuk.

Tapi kalau sampai sekitar 30 menit belum mau nyebur ke air, ya tidak perlu dipaksa , tidak perlu disemprot. Cepuk diambil lagi.

Burung kemudian dimasukkan, disimpan di tempat teduh seharian, tanpa perlu dikerodong. Om Sigit hanya mengerodong Kusumo saat malam, tergantung jam berapa sampai rumah.

“Kadang saya sampai rumah jam sembilan, bahkan duabelas malam. Ya saat itulah burung langsung saya kerodong,” jelasnya.

Begitulah tradisi perawatan harian sampai hendak dibawa ke lomba. Asupan pakan hanya berupa milet putih dan jagung muda setiap hari.

Kalau mau lomba, sampai di lapangan dijemur sebentar saja. Kalau burung terlihat kenceng atau birahi ketinggian, disemprot tapi jangan sampai terlalu basah.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Setelah bulu agak kering, kemudian dijemur sebentar. Jangan habis disemprot langsung dijemur, tapi biarkan beberapa saat dulu. Setelah dijemur sesaat, Kusumo dianginkan lagi. Apabil kondisi bulu sudah agak kering, lalu dikerodong.

Selesai lomba, burung kembali disemprot sedikit, jemur sebentar, terus dianginkan. Apabila jadwal sesi berikutnya dekat, tidak perlu dikerodong, tapi harus dijaga supaya tidak sering-sering ngekek.

“Begitu mau ngekek, biasanya ya saya ganggu. Sebab Kusumo memang terlalu gacor atau rajin. Kalau sedang istirahat di pedok pun, maunya ngekek terus,” tandas Om Sigit.

Bagi pembaca yang ingin ngobrol lebih intens dengan Om Sigit terkait perawatan lovebird dan sekitarnya, silakan invite Pin BB 52A9DEB9. (Waca)

Download Video & Audio Kusumo | Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.