Masih ada stok 20 ekor trotolan MB di Mulyono BF Depok

Pamor murai batu terus meroket, baik di kawasan Jabodetabek maupun wilayah lainnya. Dampaknya, permintaan trotolan murai batu pun terus meningkat. Hal ini juga dirasakan Om Mul, pemilik Mulyono BF Depok. Permintaan trotolan nyaris tanpa henti, sehingga membuat stok anakan saat ini tersisa 20 ekor.

Untuk memenuhi permintaan konsumen, khususnya para pelanggan, Om Mul sejak awal sudah menyiapkan strategi membuka kemitraan dengan beberapa peternak murai batu binaannya.

“Apabila stok anakan murai batu di kandang saya menipis, namun permintaan mengalir terus, saya tinggal kontak peternak-peternak binaan,” ujar Om Mul.

breeding murai batu Mulyono BF
Sebelum dipasarkan, Om Mul menyeleksi trotolan murai batu.

Stok 20 ekor trotolan murai batu yang ada di kandangnya pun sebagian berasal dari para peternak binaan. Padahal di rumahnya ada 14 kandang indukan yang semuanya produksi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tetapi tingginya permintaan pasar membuatnya harus memperluas jaringan dengan para peternak binaannya, yang semuanya berada di sekitar Depok juga.

Para peternak binaan ini menggunakan materi indukan yang berasal dari Mulyono BF juga. Sebelum dipasrahkan kepada mereka, Om Mul terlebih dulu menyeleksi calon indukan, sehingga kualitas hasil breeding para peternak binaan relatif sama dengannya.

“Sebagian induk jantan merupakan burung-burung eks juara, sebagian lagi berasal dari keturunan para juara yang lama eksis di arena lomba,” tambah Om Mul.

Mulyono BF - Stok trotolan murai batu
Stok trotolan murai batu tinggal 20 ekor.

Nah, hasil breeding murai batu yang dikelola para peternak binaan ini kemudian dikumpulkan di kediamannya untuk dipasarkan melalui jaringannya yang meliputi Jawa, Kalimantan, dan Sumatera.

Terbukti sudah banyak murai batu hasil ternaknya, maupun hasil ternak binaannya, yang moncer di tangan para pelanggan. Tak hanya di Jabodetabek, tetapi juga di Pekalongan, Tegal, Subang, hingga Sumatera dan Kalimantan.

Mulyono BF - anakan murai siap dipasarkan
Trotolan murai batu siap dipasarkan.

Seperti pernah diulas Om Kicau, kandang penangkaran murai batu Mulyono BF terbilang sederhana. Separo dinding terbuat dari batako, separo lagi cukup tripleks. Setiap petak kandang berukuran 1,5 m x 1 m, dengan tinggi 2 meter. Bagian depan ditutup kawat halus, dan masih dilapisi lagi dengan kain spanduk sebagai penutupnya.

( lihat juga Desain kandang dan teknik breeding murai batu Mulyono BF )

Harga anakan murai batu umur  1 bulan lebih, atau sudah makan sendiri, bervariasi mulai dari Rp 3,5 juta hingga Rp 5 juta per ekor, tergantung kualitas anakan itu sendiri.

Selain trotolan, Om Mul juga menyediakan murai batu muda hutan dan murai batu siap lomba. Karwna itu, pelanggannya cukup beragam, mulai dari pemain lomba, penggemar rumahan, hingga peternak pemula.

“Para peternak pemula umumnya menyukai pasangan induk yang saya jamin sudah jodoh dan siap berproduksi,” jelasnya.

Saat ini Om Mul sedang menyiapkan seekor murai jawara bernama Dasamuka, dengan  kode ring 271. Gaco baru andalannya ini siap diluncurkannya ke lomba-lomba besar. (d’one)

breeding murai batu Mulyono BF
Om Mul juga sediakan murai batu siap lomba dan siap ternak.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. Misi om saya mau tanyak
    Saya punya cucak ijo yg dulu sering juara
    Tp kenapa sekarang ijo saya klo ketemu lawan cuma bersuara tipis
    Trs akhir akhir ini setiap malem sering batuk batuk

    Makasih om kicau atas jawaban nya

Komentar ditutup.