Mencetak kenari standar kualitas lomba: Download pula audio masternya!

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

5. Pemantauan anakan kenari umur 4 bulan

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Biasanya, ketika berumur 4 bulan, anakan kenari sudah mulai ngeriwik. Nah, silakan dengarkan lagu-lagunya. Apabila mampu mengulang-ulang ritmenya, berarti kenari dapat disiapkan sebagai burung prospek lomba.

Saat itu pula, coba dekatkan dengan kenari betina dalam kandang terpisah. Pilihlah kenari yang rajin mengeluarkan suara panggilan khas kenari betina. Ciri ini biasanya dijumpai pada kenari betina yang sudah siap kawin.

Kenari-kenari siap lomba
Kenari umur 4 bulan sudah mulai ngeriwik, dan bisa dipancing dengan kenari betina lenjeh.

Tetapi tujuan kita bukan untuk mengawinkannya, melainkan untuk memancing birahi anakan kenari sehingga kadar testosteronnya meningkat. Dengan ditempel kenari betina lenjeh setiap hari, anakan kenari akan terpancing untuk mengeluarkan lagunya dengan ritme berulang-ulang.

Jika repot mencari kenari betina, Anda juga bisa memberikan stimulan TestoBird Booster (TBB) pada anakan kenari umur 4 bulan. Cara pemakaiannya, kenari diberi TBB selama 3 hari berturut-turut, lalu diulang lagi minggu-minggu berikutnya, dengan frekuensi pemakaian 1 x seminggu.

Pada umur 5-6 bulan, kenari jenis AF atau lokal super mulai ngeriwik kasar. Pada beberapa jenis lain, seperti F1 atau F2, ngeriwik kasar biasanya terjadi pada umur 8-9 bulan.

6. Mengglenderkan dengan kenari standar

Jika sudah memiliki lagu yang bagus, maka saatnya untuk mengglenderkannya dengan suara kenari standar. Jangan dulu memikirkan panjang dan pendeknya lagu, karena kenari muda akan menyusun sendiri lagu-lagunya,dengan bermodalkan suara burung master yang pernah didengarnya.

Kenari diglender kicauan standar
Jika sudah ngeriwik kasar, kenari diglenderkan dengan kicauan kenari standar.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Dalam hal ini, kita bisa menggunakan burung kenari standar, boleh juga menggunakan audio kicauan kenari standar. Apabila menggunakan burung asli, maka jangan sampai terlihat langsung oleh kenari muda yang sedang dimaster. Hal ini untuk menjaga stabilitas mental kenari muda yang mudah down.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Audio kenari standar bisa diunduh di sini

Setelah beberapa waktu terus mendengar suara kenari standar, maka suara kenari muda akan pecah dengan lagu yang sama sekali baru. Artinya, jika awalnya kita memasternya dengan suara pleci yang ngerol, maka suara isian itu akan hilang dan berganti menjadi suara kenari standar.

Cengkok dan cara membawakan lagunya tak akan sama persis dengan kenari standar yang dijadikan master, maupun audio kicauan kenari standar. Sebab kenari muda yang dimaster mampu menyusun sendiri lagu-lagunya, dengan cengkok bagus, dan berdurasi panjang.

Jika suara kenari muda sudah pecah, biasanya diikuti dengan peningkatan birahi. Hal bisa dideteksi dari perilakunya yang sering menabrak jeruji, menggetarkan kedua sayapnya, sambil mengeluarkan suara “cik.. cik..”.

Kalau sudah begitu, Anda bisa menempelkannya kembali dengan kenari betina yang lenjeh dan rajin memanggil-manggil, seperti penjelasan sebelumnya. Bisa juga diganti dengan terapi TBB. Kenari pun akan terdengar rajin berkicau dengan lagu-lagu standarnya, dan cengkok mewah.

Sebelumnya | Berikutnya

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.