Mencetak kenari standar kualitas lomba: Download pula audio masternya!

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Anakan burung kenari yang setiap hari mendengarkan suara kicauan asli induknya, dan sama sekali tidak pernah mendengar suara burung lainnya, niscaya akan menjadi kenari standar. Namun hasilnya tidak selalu sama antara kenari yang satu dan kenari lainnya, terutama kualitas lagu, cengkok, nafas / cara pengambilan nafas, mental dalam bertempur, dan sebagainya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Untuk mencetak kenari standar kualitas lomba diperlukan berbagai upaya, dan perlu dimulai sejak anakan kenari masih diloloh induknya. Kalau tidak memungkinkan, usahakan agar umurnya tidak lebih dari 1 bulan.

Berikut ini beberapa tahapan yang mesti dilalui untuk mencetak kenari standar berkualitas lomba, berdasarkan pengalaman Om Ridho Renan KM, disertai beberapa data tambahan atau pendukung lainnya dari Om Kicau.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

1. Pemasteran sejak dini

Pemasteran kenari standar idealnya dilakukan sejak dini, yaitu ketika anakan masih diloloh induknya. Hal ini bisa dilakukan penangkar/ breeder sehingga kelak dapat menjual kenari yang sudah jadi, atau minimal setengah jadi.

anakan kenari
Melatih karakter lagu kenari bisa dimulai sejak masih diloloh induknya.

Bagi kenarimania yang bukan breeder, tentu saja Anda harus membeli kenari jantan yang umurnya belum mencapai 1 bulan. Kalau bisa mendapatkan yang lebih muda lagi, tentu hasilnya lebih baik. Yang penting anakan kenari sudah bisa makan sendiri, meski belum ngeriwik sama sekali.

Lebih dianjurkan pula untuk membeli anakan kenari di tempat penangkaran yang kualitasnya teruji, apalagi kalau peternak rajin melakukan recording atau pencatatan mengenai silsilah kedua induknya. Sebab pewarisan gen juga sangat menentukan kualitas anakan-anakannya.

2. Jangan langsung dimaster dengan suara kenari

Pertanyaannya, kalau anakan sudah mau dimaster, maka master apakah yang akan digunakan untuk anakan kenari tersebut? Memang, sebagian kicaumania memaster anakan kenarinya dengan suara kenari standar yang gacor, baik dalam bentuk burung asli maupun audio mp3.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Namun, untuk mendapatkan kenari standar kualitas lomba, sebaiknya pemasteran dilakukan secara bertahap, dan jangan langsung dimulai dari suara kenari standar. Lebih dianjurkan jika menggunakan suara burung pleci. Burung pleci diusahakan harus sudah ngalas ngerol dengan variasi lagu yang bagus. Silakan cari audionya di Halaman Suara Burung Pleci.

Latihan awal ini dimaksudkan untuk membentuk cengkok / irama lagu, juga panjang-pendek lagu yang dibawakan, serta membantu melatih anakan kenari dalam pengambilan nafas saat membawakan lagunya.

Jangan khawatir kalau suara pleci akan merusak keasliannya sebagai kenari standar. Sebab nantinya, dalam tahap berikutnya, kita akan mengglenderkannya dengan suara kenari standar.

Berikutnya

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.