Tips mencegah dan mengatasi kegemukan pada kacer, sebelum jadi malas bunyi dan mbagong

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sudah bukan rahasia lagi kalau kacer yang telah menyelesaikan masa mabungnya rentan mengalami kegemukan. Jika kegemukan, burung bukan hanya menjadi jarang bunyi, tetapi juga malas beraktivitas sehingga membuatnya mudah terserang penyakit. Selain itu, burung kemungkinan besar bakal mbagong. Berikut ini tips mencegah dan mengatasi kegemukan pada kacer, sebelum jagoan Anda menjadi malas bunyi dan mbagong.

Kacer gemuk
Kacer yang kegemukan akan malas beraktivitas, malas berkicau, dan rentan mbagong

Yang perlu diperhatikan saat kacer sedang mabung adalah menjaga keseimbangan nutrisinya. Jika selama mabung hanya diberi voer tanpa memperhatikan pakan tambahan, maka kacer mudah mengalami kegemukan setelah masa mabungnya rampung.

Karena itulah, sangat dianjurkan untuk memberi pakan tambahan / extra fooding (EF) yang cukup (jangan terlalu berlebihan), ditunjang pemberian vitamin khusus untuk burung yang sedang mabung seperti BirdMolt-Pre dan BirdMolt-Post.

Jika sebelum, selama, dan sesudah mabung burung kacer mendapat perawatan rutin, maka burung akan mencapai kondisi puncak atau top form sekitar satu bulan setelah masa mabungnya selesai. Kalau sudah berada dalam kondisi top form, kacer akan memiliki penampilan paling maksimal saat dilombakan.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Tetapi kalau selama mabung tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, maka burung mudah mengalami kegemukan. Burung pun beraktivitas, termasuk malas bunyi dan mbangong, tidak banyak bergerak, dan mudah terserang penyakit.

Beberapa tips berikut ini diharapkan bisa membantu mengatasi kacer yang kegemukan sebelum kondisinya menjadi lebih parah.

1. Melatih kacer dalam sangkar lebih besar

Melatih kacer agar lebih banyak bergerak tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kandang umbaran. Anda juga bisa menggunakan sangkar lain yang berukuran lebih besar daripada sangkar hariannya.  Misalnya saja sangkar murai batu yang lebih luas.

Tempatkan satu tenggeran saja pada posisi cukup tinggi. Tempat pakan dan minum diletakkan di dasar sangkarnya. Dengan begitu, kacer menjadi banyak bergerak dan menggunakan otot sayapnya untuk melompat naik dan turun tangkringan. Lakukan hal ini sampai tubuh kacer terlihat lebih singset dengan kedua sayap mengepit rapat.

2. Menambah durasi mandi dan jemur

Kalau selama ini kacer hanya mandi satu kali sehari, atau beberapa hari sekali, maka saat mengalami kegemukan bisa ditambah menjadi tiga kali sehari, diselingi mandi malam 1-2 kali dalam seminggu.

Durasi penjemuran juga perlu ditambah. Saat dijemur, kacer sebaiknya masih menggunakan sangkar yang lebih luas atau bisa juga kandang umbaran, agar lebih banyak mengeluarkan energi.

3. Mengurangi jatah voer, berikan suplemen khusus

Jatah voer yang biasa diberikan kepada kacer juga perlu dikurangi. Untuk hasil yang lebih efektif, sebaiknya voer tidak diberikan saat burung sedang atau setelah dimandikan. Berikan 1-2 sendok makan voer saat burung sedang dijemur. Sebab saat penjemuran, kacer cenderung lebih banyak minum daripada makan.

Selama itu pula, kacer tetap diberikan EF berupa serangga / jangkrik dengan porsi seperlunya. Untuk mendukung dan mempercepat pemulihan kondisinya, burung yang kegemukan sebaiknya diberi suplemen khusus seperti BirdSlim. Suplemen ini berfungsi memecah dan melarutkan lemak yang ada di dalam tubuhnya.

4. Melatih makan buah dan sayuran

Meski kacer termasuk burung pemakan serangga, dia bisa dilatih mengkonsumsi buah dan sayuran. Namun harus diperhatikan juga jenis buah yang diberikan. Sebab ada beberapa buah yang berpotensi menambah bobot badannya.

Buah yang dianjurkan antara lain pepaya. Adapun sayuran bisa berupa mentimum, brokoli, kacang panjang, labu sia, atau bengkuang. Cara pemberiannya, saturan dipotong kecil-kecil. Bisa juga diparut, lalu hasil parutan dicampurkan ke dalam voer.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.