Perawatan ayam poland, si gondrong yang unik

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sebagaimana burung kicauan dan non-kicauan yang terdiri atas beragam jenis dan warna, ayam pun memiliki jenis-jenis yang unik dan berbeda. Kalau sebelumnya kita mengenal beberapa jenis ayam unik seperti onagadori, serama, pegar, dan ayam hitam cemani, kali ini kita akan berkenalan dengan jenis ayam yang cukup unik dan nyentrik, yaitu ayam poland / polish chicken. Ia kerap dijuluki sebagai ayam gondrong, karena bulu-bulu di atas kepalanya sangat lebat. Lihat juga bagaimana perawatan ayam poland.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Ayam poland dengan bentuk jambulnya yang unik dan nyentrik
Ayam poland memiliki bentuk jambul yang unik dan nyentrik

Di beberapa negara, ayam poland sering disebut dengan nama padua chicken atau polish Chicken. Meski ada embel-embel Polish atau Polandia, ayam ini bukan dikembangbiakkan di negara tersebut.

Banyak yang berspekulasi mengenai asalmula ayam poland. Ada yang mengatakan berasal dari  kawasan timur Eropa, terutama Russia, dan ada juga yang menganggap ayam tertua dari jenis ini berasal dari Belanda.

Satu-satunya referensi paling tua yang ditemukan hanya berupa patung ayam berjambul di Vatikan, dan penggalian arkelogi Romawi di selatan Inggris menemukan tulang tengkorak unggas yang mirip tengkorak ayam unik ini.

Apa yang menjadikan unggas ini unik adalah bulu-bulunya yang rapi seperti disisir, juga jambul di kepalanya yang unik dan bisa dikembangkan dengan beragam bentuk. Di beberapa negara, unggas berbulu lembut ini dipelihara sebagai ayam kontes / ayam hias.

Bentuk jambulnya memang nyentrik. Ada yang berbulu panjang mirip rambut anak-anak metal, ada juga yang jambul keriting bahkan kribo. Saking uniknya, banyak selebritis yang disamakan dengan ayam ini karena memiliki gaya rambut yang mirip.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ayam dan selebritis
Gaya rambut para seleb yang dikait-kaitkan dengan ayam poland.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Sebagai ayam hias, ayam poland jarang dimanfaatkan sebagai ayam pedaging, meski sebenarnya cukup produktif. Sayangnya, ayam poland kurang pandai merawat anaknya. Banyak kasus di mana anakan dibunuh induknya. Oleh sebab itu, para peternak mengantisipasinya dengan menggunakan mesin penetas (inkubator).

Perawatan ayam poland

Merawat ayam poland memang membutuhkan ketekunan, terutama dalam menjaga kebersihan kandang dan selalu memenuhi kebutuhan pakannya. Yang perlu diperhatikan adalah jangan mencampurkannya dengan ayam jenis lain yang tidak memiliki jambul. Selain itu, jangan biarkan ayam ini berkeliaraan di luar kandang, agar jambulnya tetap kering dan bersih.

Macam-macam bentuk jambul yang unik ayam poland
Aneka bentuk jambul yang unik pada ayam poland

Jika ingin memberikan tempat pakan dan minumnya, pastikan agar jambul ayam tidak mengenainya. Sebab, selain bisa membuat kotor, kotoran yang menempel pada bulu-bulu jambulnya bisa mengundang bakteri, jamur, maupun seperti kutu dan tungau.

Kalau kutu dan tungau menyelinap pada jambulnya, dikhawatirkan akan merambat hingga ke lubang telinga, lubang hidung, bahkan mata ayam. Selain itu, debu / kotoran yang menempal pada jambul juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya pada mata. Jadi, kalau ingin memeliharanya, Anda harus rajin mengecek kebersihan jambulnya.

Itulah beberapa hal mengenai perawatan ayam poland, si ayam gondrong yang unik dan nyentrik.

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.