Perawatan New Revo, cucak hijau jawara dari Pemalang

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Padatnya jadwal lomba menjadi alasan utama bagi para ijomania untuk memiliki burung dengan kualitas mumpuni dan stamina prima. Dua hal inilah yang menjadi faktor penentu agar burung cucak hijau dapat eksis terus di papan atas. Inilah yang diterapkan Om Wahono Dongkal dalam merawat cucak hijau New Revo agar stabil prestasinya.

H Sukron dan cucak hijau New Revo
H Sukron (2 dari kiri) makin disegani berkat prestasi cucak hijau New Revo.

Di Pemalang ada dua cucak hijau jawara yang memiliki nama Revo. Pertama, cucak hijau Revo milik Ir A Afron. Kedua, cucak hijau New Revo koleksi H Sukron. Kedua gaco ini sama-sama berada dalam rawatan Om Wahono Dongkal. Bahkan Om Wahono pula yang berperan besar dalam hunting kedua jawara itu.

Ya, Om Wahono Dongkal memang mahir memilih cucak hijau prospek, kemudian memolesnya menjadi jawara yang disegani. Kini, cucak hijau Revo dan New Revo sering moncer dalam lomba lokal, regional, maupun nasional.

Revo moncer terlebih dulu. Even prestisius yang pernah dimenanginya adalah Anniversary Owen Cup di  Lapangan Banteng Jakarta (23 Maret 2014). Selain meraih juara, Om Alfron juga mendapatkan doorprize sepeda motor.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kini cucak hijau Revo tinggal kenangan, namun prestasinya dilanjutkan oleh New Revo milik Om Sukron. Sama seperti Revo, cucak hijau New Revo sehari-hari juga dirawat Om Wahono. Setiap berlomba selalu menempati peringkat atas, baik dalam even lokal maupun nasional.

Melalui aksi cemerlang New Revo, nama Om Sukron makin disegani ijomania lainnya. “Alhamdulillah, baik Revo maupun New Revo sama-sama bisa diandalkan. Keduanya memiliki kualitas di atas rata-rata, dan stamina prima. Meski dilombakan terus-menerus, New Revo tetap membawa hasil memuaskan,” tutur Om Wahono, didampingi Om Alex Chepot.

H Sukron Moga
H Sukron (tengah) bersama Om Wahono (kiri) dan Om Alex.

Even nasional yang pernah dijuarainya antara Plaza Cup 3 di Semarang, 18 Januari lalu, dengan meraih juara 1, juara 2, dan juara 5. New Revo juga pernah mencetak hattrick dalam even Gebyar Tahun Baru di Purwokerto (4/1).

Beberapa even juga pernah menjadi saksi kedigdayaan cucak hijau New Revo, dengan mencetak double winner di KPK 10 Bird Community Kawunganten (28/12/2014), Jumat Ceria Bakorwil Purwokerto (9/4), dan Valentine Cup yang digelar Puma BC Pemalang, 19 Februari lalu.

“New Revo tak hanya tampil pada hari Minggu saja, namun juga hari-hari lainnya. Burung ini juga bukan hanya turun di even besar saja, tetapi even-even lokal pun tetap dikutinya. Jadwal lomba burung saat ini memang padat,” kata Om Wahono.

Karena itulah, agar tetap eksis di jalur juara, cucak hijau harus memiliki kualitas mumpuni serta stamina yang prima. Materi lagu New Revo terbilang komplet, neroll-nembak, lagunya tajam-tajam, hingga gaya ngentrok njambul pada satu titik. Inilah yang membuatnya selalu meraih prestasi maksimal.

Prestasi cucak hijau New Revo (Desember 2014 –Februari 2015)

NAMA EVENTANGGALJUARA
Comal Fiesta, Pemalang14 Des 20141,3,3
Bupati Cup Purbalingga21 Des 20141,2,8
KPK 10 BC Kawunganten28 Des 20141,1,5
Puma BC Pemalang1 Jan 20151
Gebyar Tahun Baru 2015 Purwokerto4 Jan 20151,1,1
Jumat Ceria Bakorwil Purwokerto9 Jan 20151,1
Plaza Cup 3 Semarang18 Jan 20151,2,5
Bupati Cup Pemalang25 Jan 20155,5
Valentine Cup Puma BC Pemalang19 Feb 20151,1,3
Rabu Kliwon Dongkal, Pemalang25 Feb 20152,2
Om Wahono dan cucak hijau New Revo
Om Wahono Dongkal bersama cucak hijau New Revo.

Ulat hongkong untuk jaga kondisi tubuh

Nah, bagaimana kiat Om Wahono Dongkal dalam menjaga kondisi tubuh cucak hijau agar stamina selalu prima, kuat main 2-4 kelas, dengan prestasi yang selalu stabil?

Berikut ini tips perawatan cucak hijau yang diterapkan Om Wahono, baik kepada Revo pada masa lalu maupun New Revo pada masa sekarang:

  • Pagi hari, mulai pukul 06.00, burung dikeluarkan dari rumah, untuk diangin-anginkan.
  • Sekitar pukul 08.00, burung dimandikan, kemudian dijemur sampai pukul 11.30.
  • Saat dijemur, cucak hijau diberi 3 ekor jangkrik 3. Kalau sudah habis, berikan lagi 2 ekor jangkrik.
  • Selesai dijemur, burung diangin-anginkan sambil diberi 5 ekor ulat hongkong.
  • Jika ulat hongkong habis, barulah diberikan pisang dan air minum.
  • Kalau cuaca dingin, atau sering turun hujan, porsi ulat hongkong perlu ditambah. Ini untuk menjaga agar kondisi tubuhnya tetap fit. Sebab kalau kondisi tubuh fit, kinerja burung pasti juga bagus.

Itulah rahasia perawatan cucak hijau jawara ala Om Wahono. Jika tidak ada aral-melintang, cucak hijau New Revo siap diturunkan dalam even Danlanud Cup Purbalingga (8/3), Special Minggu Pon Logawa di Purwokerto (15/3), dan Sabtu Special GBA Banjarnegara, 21 Maret mendatang. (Bimbim)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.