Perling ungu, burung metal dari kawasan timur Indonesia

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Apa yang Anda fikirkan saat mendengar kata metallica? Tentu saja sebuah grup musik cadas yang terkenal dengan aliran metalnya. Di sini kita tidak akan membicarakan band metal dengan vokalis James Hetfield itu, tetapi burung berkicau yang bernama metallic starling (Aplonis metallica) yang berasal dari kawasan timur Indonesia. Dalam buku “Daftar Burung Indonesia No 2”, burung ini dikenal dengan nama perling ungu.

Burung perling ungu hanya bisa ditemukan di kawasan timur Indonesia dan Australia, terutama di Kepulauan Sula, Maluku, dan Nusa Tenggara. Panjang tubuhnya sekitar 23 – 25 cm, dengan warna bulu hitam, hijau, dan lembayung ungu yang mengkilap/metalik.

Sebagaimana jenis perling lainnya, burung perling ungu memiliki mata berwarna merah menyala. Burung muda mempunyai tubuh bagian bawah berwarna putih, dengan coretan cokelat atau hitam.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Habitat utamanya adalah tepian hutan, lahan pertanian, lahan perkebunan, dan mangrove. Di Seram, spesies ini bisa ditemukan pada daerah berketinggian 300 meter dari permukaan laut (dpl). Di Pulau Buru biasanya dijumpai pada daerah ketinggian 700 meter dpl, sementara di Halmahera banyak ditemukan di kaki perbukitan berketinggian 250 meter dpl.

Perling ungu yang masih muda ditandai dengan tubuh bagian bawah berwarna putih bercoret kehitaman
Perling ungu muda: Tubuh bagian bawah putih bercoret kehitaman | foto: ibc.lynxeds.com

Seperti halnya perling kumbang yang cukup popular sebagai burung peliharaan, burung perling ungu juga termasuk dalam keluarga Sturnidae. Penampilannya cukup gagah dengan bentuk paruh kuat, tajam, lurus, dan punya tungkai kaki (shank) yang panjang. Pakannya terdiri atas buah-buahan, serangga, dan invertebrata.

Suara kicauannya tidak bisa diragukan lagi. Perling ungu memiliki kemampuan berkicau yang tidak kalah bagusnya dari perling kumbang maupun jenis perling lainnya yang banyak dipelihara kicaumania Indonesia. Burung ini kerap berceloteh dengan suara kicauan yang cukup lantang, dan sering meniru suara dari berbagai jenis burung kicauan lainnya.

Burung perling ungu terdiri atas 5 ras / subspesies, yaitu:

  1. Aplonis metallica purpureiceps: Tersebar di Kepulauan Admiralty (sebelah baratlaut Kepulauan Bismarck).
  2. Aplonis metallica nitida: Tersebar di Kepulauan Bismarck (kecuali wilayah baratlaut) dan Kepulauan Solomon.
  3. Aplonis metallica metallica: Tersebar di  Maluku (termasuk Kepulayan Sula), Papua, Kepulauan Aru, dan wilayah timurlaut Australia (Queensland timur laut). Burung-burung dari Australia sering migrasi ke Papua dan pulau-pulau di sekitarnya.
  4. Aplonis metallica inornata: Tersebar di Pulau Numfor, Biak, dan wilayah utara Teluk Cendrawasih (baratlaut Papua).
  5. Aplonis metallica circumscripta: Tersebar di wilayah timur Sunda Kecil / Nusa Tenggara.

Perling ungu termasuk burung yang mudah dijumpai dan hidup bergerombol hingga mencapai ratusan ekor. Mereka terlihat sering makan buah bersama koloninya, atau bergabung bersama burung lain seperti walik, perling maluku, dan perling mata kuning pada pohon-pohon yang sedang berbuah, serta mencari serangga musiman seperti ulat atau rayap.

Pakan utamanya adalah buah-buahan dan serangga
Pakan utamanya buah-buahan dan serangga

Pada musim berbiak, mereka akan bersarang bersama kelompoknya. Dalam satu musim berbiak bisa ditemukan 4 – 200 sarang yang tergantung di pohon-pohon cukup tinggi. Sarangnya berbentuk seperti mangkuk, dengan pintu masuk di samping. Sarang dibangun dari ranting, daun pinus, dan kulit kayu yang diletakkan sekitar 10 – 30 meter dari permukaan tanah.

Berdasarkan catatan IUCN atau International Union for Conservation of Nature, burung berwarna metalik ini berada dalam status Risiko Rendah (Least Concern/LC) karena persebarannya di alam liar masih terbilang cukup baik.

Meski demikian, bukan berarti kita bebas menangkapinya loh, karena hal itu justru dapat meningkatkan statusnya menjadi lebih buruk.

  • Suara kicauan burung perling ungu
  • Suara panggilan burung perling ungu

Download audionya di sini

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.