Tips Om Aad Ciganjur menangani murai batu saat mabung

Murai batu Raja Cobra merupakan salah satu amunisi hebat milik Om Aad dari Bintang Ciganjur Team. Dalam beberapa bulan terakhir, burung ini selalu moncer di Jabodetabek. Namun untuk tiga bulan ke depan, Om Aad harus mengistirahatkan jagoannya lantaran memasuki masa mabung. Berikut ini tips Om Aad dalam menangani murai batu saat mabung.

Seperti diketahui, masa mabung seekor murai batu diawali dengan rontoknya beberapa helai bulu sayap hingga belasan bulu. Saat itulah Om Aad segera mengkondisikan burung agar bisa menjalani proses pergantian bulu secara tuntas.

Menangani murai batu mabung
Bulu sayap murai batu Raja Cobra mulai ambrol.

“Murai harus dikerodong full, agar bisa beristirahat secara total. Saat mabung, murai juga tidak perlu mandi dan jemur,” jelas Om Aad.

Selama jatuh bulu, kebutuhan pakan voer diberikan secara penuh / total. Sesekali diberi 3 ekor jangkrik pagi dan sore, namun kroto absen.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selama beristirahat, dengan dikerodong penuh, burung disimpan dalam sebuah ruangan ditemani  beberapa burung masterannya seperti burung-madu, serindit, lovebird, ciblek gunung, burung pelatuk, dan lain-lain.

Penempatan burung-burung master ini tidak sekaligus, tetapi bergantian, agar murai batu bisa menangkap suara isian burung master tersebut secara jelas.

Pergantian burung master yang mendampingi Raja Cobra dilakukan seminggu sekali. Jika minggu pertama ditempel burung-madu, serindit, dan lovebird, maka minggu berikutnya diganti dengan ciblek, pelatuk, dan seterusnya. Hal ini dilakukan sampai bulu-bulu barunya tumbuh sempurna.

Pemasteran ulang murai batu mabung
Istirahat total sambil ditempel beberapa burung master.

Sebelumnya, ketika mulai dorong ekor, murai batu bisa dimandikan meski hanya 3 hari sekali. Tetapi sejak awal mabung hingga kondisi ambrol, burung jangan dimandikan.

Kalau proses dorong ekor rampung, seluruh bulunya sudah tumbuh sempurna, rapi, serta mengkilap, burung jangan dulu dibawa ke lapangan, meski hanya sekadar latberan. Lebih baik menunggu satu bulan, sehingga burung bisa mencapai puncak penampilannya.

“Ya, memang mesti bersabar. Jangan terburu-buru. Tunggu sampai bulunya tua, baru bisa dibawa ke lapangan,” kata Om Aad.

Om Aad Ciganjur
Om Aad Ciganjur merawat murai Raja Cobra yang sedang mabung

Sejak awal tahun ini, murai batu Raja Cobra sukses menjuarai berbagai even, antara lain Kapolres Depok Cup (11/1), Milenium Cup (18/1), Anniversary Inyok BC Depok (25/1), dan Duta KM Cup III (1/2). Beberapa hari menjelang mabung, Raja Cobra meraih juara 2 di Lapangan Arcici, Jakarta Pusat, 8 Februari lalu. (d’one)

Murai batu Raja Cobra
Raja Cobra saat menjuarai kelas utama Millenium Cup (18/1).

Perawatan harian MB Raja Cobra bisa dicek di sini

Tips lain terkait murai batu mabung:

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. Om mau minta solusi
    Mb saya ga tumbuh bulu dada paha serta leher y
    Udah saya beri bmt pre dan birdfresh
    Gmn cara y agar bsa tumbuh lagi
    Banyak cara udah dtmpuh
    Trmasuk kunyit dan daun sirih
    Oya om cara pemakaian birdfresh
    Baik y dgunakan dtengkuk atau di cmpur ef
    Trma kasih om

Komentar ditutup.