Bowo BF Citeureup: Tambah kandang baru, bina 8 peternak murai batu

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Penangkaran murai batu Bowo Bird Farm (BF) milik Om Saidi di Citeureup Bogor kini berkembang pesat. Jumlah induk dan kandang pun bertambah. Tak terasa, setelah setahun lebih membudidayakan murai batu, sudah ada 74 petak kandang. Bukan hanya itu, Bowo BF juga sukses membina delapan peternak murai batu.

Sebelumnya, lelaki asal Pati ini juga sukses menangkar cucakrawa. Saat ini ada 54 petak kandang cucakrawa, yang lokadinya terpisah dari penangkaran murai batu.

Dibantu lima kru alias awak kandang, Bowo BF menjadi salah satu breeder besar burung cucakrawa dan murai batu. Apalagi semua pasangan induk dalam kondisi produktif.

Breeding murai batu Bowo BF
Om Saidi (3 dari kanan) bersama istri dan awak kandang Bowo BF.

Ilmu harus dibagi. Begitu juga rezeki. Tak mau serakah dengan hasil kesuksesannya, Om Saidi melebarkan sayapnya dengan membangun kemitraan bersama warga sekitar. “Saat ini ada delapan peternak binaan di sekitar sini. Saya menyuplai semua induk murai batu kepada mereka,” ungkapnya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Jika awalnya harus mendatangkan materi induk dari penangkar lain, kini Bowo BF sudah mampu menghasilkan induk sendiri, terutama induk betina. Calon induk diseleksi secara ketat, termasuk umurnya yang harus mencapai 1 tahun.

Dengan cara seperti inilah, jumlah indukan terus bertambah, dibarengi dengan pembuatan kandang baru. Dalam kurun waktu setahun, sudah ada 400 anakan yang diproduksi Bowo BF. Produk- produknya tersebar ke berbagai kota.

Kandang murai batu di atas dak

Breeding murai batu Bowo BF
Membangun kandang baru di atas dak rumah.

Karena lahan di rumahnya relatif terbatas, Om Saidi membangun kandang-kandang baru di atas dak rumahnya. Kandang dibuatnya permanen dan kokoh, dengan dinding-dinding batako tanpa diplester.

Setiap petak kandang berukuran panjang 2,5 meter, lebar 90 cm, dan tinggi 3 meter. Agar suasana di dalamnya tak terlalu panas, lantai kandang menggunakan tanah berlapis pasir, dilengkapi dengan pepohonan sebagai penyejuk dan bak mandi.

Breeding murai batu Bowo BF
Lantai tanah, bak mandi, dan pepohonan untuk meredam panas.

Semua kandang tertutup rapat, kecuali bagian atas yang sebagian terbuka (berlapis kawat strimin) untuk sirkulasi udara.

Kotak sarang berbentuk boks, terbuat dari triplek, yang ditempatkan di pojok bagian atas kandang. Saluran air yang menghubungkan ke bak mandi ditempatkan di atas lantai. Air ini akan mengalir secara rutin agar bak mandi selalu terjaga kebersihannya.

Breeding murai batu Bowo BF
Boks sarang ditempatkan di pojok dinding atas.

Jika induk jantan atau induk betina mabung, Om Saidi memindahkannya ke kandang lain yang terpisah dari kandang induk produktif.  “Apabila kondisi sudah normal, maka murai akan kita dijodohkan kembali dengan pasangannya,” jelasnya.

Materi induk jantan dan induk betina diseleksi berdasarkan postur tubuh (besar) dan ekor panjang. Maklum, sebagian besar induk yang digunakan adalah murai batu medan.

“Dengan seleksi ketat, hampir semua anakan yang dihasilkan memiliki kualitas fisik dan mental seperti induknya. Sudah banyak murai hasil ternakan kami yang moncer di tangan pemain lain,” lanjut Om Saidi.

Piyik murai batu dipanen setelah berumur lebih dari 7 hari, dipindah ke boks khusus yang dilengkapi lampu penghangat.  Pada umur 2 minggu, anakan dipasangi ring, dengan kode Bowo BF dan Saidi Wong Pati.

Breeding murai batu Bowo BF
Umur 2 minggu, anakan murai dipasangi ring.

Setelah bisa makan sendiri, trotolan murai batu umur 1-2 bulan mulai dipasarkan. Harga trotolan dibanderol paling murah Rp 3,5 juta, tergantung materi induknya.

Selain menjual anakan murai, Bowo BF juga menyediakan pasangan induk siap ternak. Harga pasangan induk yang sudah berjodoh minimal Rp 10 juta / pasang. (d’one)

Breeding murai batu Bowo BF
Om Saidi sedang meloloh anakan murai batu.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.