Resep pakan cendet dari Shama Club Singapore

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kalau sebelumnya Om Kicau pernah berbagi resep pakan cendet dari Beijing Bird Society / BBS (silakan cek di sini), kali ini ada resep serupa tetapi dari Shama Club Singapore. Resep pakan cendet dari Shama Club Singapore ini diyakini mampu meningkatkan stamina, sekaligus membantu menguatkan mental, burung cendet kesayangan Anda. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Pakan tambahan untuk menambah stamina dan mental cendet
Pakan tambahan untuk menambah stamina dan mental cendet

Cendet merupakan burung predator yang sangat aktif. Di alam liar, cendet mencari mangsa berupa hewan-hewan kecil seperti tikus, katak, kadal, juga burung jenis lainnya untuk mendukung aktivitas hariannya.

Ketika cendet dalam perawatan manusia, alias dipelihara di dalam sangkar, kita sering mengabaikan makanan alami tersebut, karena pakan yang diberikan umumnya voer sebagai pakan utama, serta beberapa jenis pakan tambahan / extra fooding (EF) seperti jangkrik, ulat, dan kroto.

Tentu saja hal ini tidak menjadi masalah besar. Sebab, bukankah hampir semua burung kicauan yang dipelihara juga tak perlu diberi pakan yang sama persis seperti di alam liar. Bukankah murai batu, kacer, cendet, maupun burung-burung predator lainnya juga bisa juara, meski pakannya tidak sama persis di alam liar?

Kalau ada yang menganggap cendet mudah manja (miyik), atau berubah galak, hanya karena tidak diberi makanan seperti di alam liar, tentu mereka kurang memahami fisiologis tubuh unggas, termasuk burung seperti cendet.

Sifat miyik jelas tidak berkaitan dengan jenis pakan, melainkan lebih dipengaruhi faktor lain seperti kedekatannya dengan pemilik / perawat, suasana kandang kurang nyaman, kekurangan protein, dan sebagainya. Sebab, seperti dijelaskan di atas, banyak cendet jawara yang hanya diberi pakan voer dan EF seperti jangkrik, ulat, dan kroto.

Untuk mengatasi kekurangan protein, juga beberapa jenis vitamin dan mineral, kita bisa membuat pakan tambahan seperti yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Pakan yang resepnya bersumber dari Shama Club Singapore ini dapat membantu menambah stamina dan meningkatkan mental cendet.

Bahan baku pakan tambahan untuk cendet

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Daging sapi segar yang telah dipotong kecil-kecil.
  • 1 butir tablet vitamin B-kompleks yang telah ditumbuk hingga menjadi serbuk.
  • 1 butir kapsul minyak ikan kod (cod liver oil). Alternatifnya adalah minyak gandum (wheat germ oil).
  • Pakan khusus burung lolohan yang mengandung antibiotik dan enzim pencernaan, misal Kaytee Handfeeding, atau merek lain.
Bahan-bahan yang digunakan
Bahan-bahan pembuatan pakan tambahan untuk cendet.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Proses pembuatan

  • Campurkan semua bahan dalam satu wadah, kemudian diaduk hingga merata.
  • Pakan tambahan bisa langsung diberikan kepada cendet kesayangan Anda.
  • Berikan pakan ini dengan frekuebsu 3-4 kali seminggu. Berikan secukupnya pada pagi dan sore hari.
  • Untuk mencegah basi, pakan sebaiknya disimpan dalam lemari pendingin sebelum digunakan.
pakan tambahan untuk cendet
Semua bahan dicampur dan diaduk hingga merata

Sumber artikel dan gambar: Shama Club Singapore

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.