Tips mengatasi bulu ekor murai batu yang tumbuh miring

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Selain suara kicauannya, ekor murai batu yang panjang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar burung kicauan di Indonesia. Meski demikian, tidak sedikit di antara mereka yang kewalahan dalam merawatnya, terutama saat burung dalam kondisi dorong ekor. Masalah yang sering terjadi adalah ekornya tumbuh tidak sempurna atau tumbuh miring / menyerong. Berikut ini tips mengatasi bulu ekor murai batu yang tumbuh miring.

Bulu ekor murai batu yang tumbuh miring
Bulu ekor murai batu yang tumbuh miring

Pada saat murai batu memasuki proses dorong ekor, maka perawatan yang tepat harus diterapkan agar burung memiliki bentuk ekor yang sempurna, kuat, sehat, dan berkilauan. Salah perawatan sedikit saja bisa mengganggu proses tersebut, yang berakibat ekor mudah rusak atau patah.  Untuk itu, silakan buka kembali cara merawat murai batu yang sedang dorong ekor berikut ini:

  1. Merawat murai batu saat dorong ekor
  2. Menangani bulu ekor yang tidak tumbuh

Banyak murai mania yang kecewa, karena bulu ekor jagoannya tumbuh miring setelah proses dorong ekor selesai. Selain tak nyaman dilihat, bulu ekor miring terkadang dicabuti sendiri oleh sang murai batu, sehingga pertumbuhan ekornya makin terganggu.

Biasanya, bentuk ekor yang miring disebabkan oleh posisi istirahat burung yang terlalu menempel jeruji sangkarnya. Karena itu, sebaiknya menggunakan tenggeran khusus, yaitu tenggeran berbentuk huruf T. Bisa juga diakali dengan memberi jarak antara tenggeran dan jeruji sangkar.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Penggantian tenggeran ini perlu dilakukan terutama ketika murai batu sering tidur dengan menempelkan tubuhnya pada jeruji sangkar.

Lalu bagaimana mengatasi bulu ekor murai jika terlanjur tumbuh miring? Cara paling sederhana tapi efektif adalah memandikan murai batu secara rutin.

Jika burung biasanya dimandikan 2 – 3 kali seminggu, maka dalam kasus ini murai batu perlu dimandikan rutin tiap hari, pagi dan sore. Selain itu, Anda juga bisa menyemprot halus bulu ekor yang tumbuh miring, untuk merangsang burung merapikan ekornya. Jika dilakukan secara rutin, maka ekornya akan kembali normal dan bisa tumbuh sempurna.

Untuk mendukung pertumbuhan bulu ekor yang kuat sehingga tidak mudah miring atau rusak, burung sebaiknya diberikan multimineral seperti BirdMineral. Berikan mineral ini secara rutin selama proses pertumbuhan ekornya sedang berlangsung.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.