Tips mengatasi bulu ekor murai batu yang tumbuh miring

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Selain suara kicauannya, ekor murai batu yang panjang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar burung kicauan di Indonesia. Meski demikian, tidak sedikit di antara mereka yang kewalahan dalam merawatnya, terutama saat burung dalam kondisi dorong ekor. Masalah yang sering terjadi adalah ekornya tumbuh tidak sempurna atau tumbuh miring / menyerong. Berikut ini tips mengatasi bulu ekor murai batu yang tumbuh miring.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Bulu ekor murai batu yang tumbuh miring
Bulu ekor murai batu yang tumbuh miring

Pada saat murai batu memasuki proses dorong ekor, maka perawatan yang tepat harus diterapkan agar burung memiliki bentuk ekor yang sempurna, kuat, sehat, dan berkilauan. Salah perawatan sedikit saja bisa mengganggu proses tersebut, yang berakibat ekor mudah rusak atau patah.  Untuk itu, silakan buka kembali cara merawat murai batu yang sedang dorong ekor berikut ini:

  1. Merawat murai batu saat dorong ekor
  2. Menangani bulu ekor yang tidak tumbuh

Banyak murai mania yang kecewa, karena bulu ekor jagoannya tumbuh miring setelah proses dorong ekor selesai. Selain tak nyaman dilihat, bulu ekor miring terkadang dicabuti sendiri oleh sang murai batu, sehingga pertumbuhan ekornya makin terganggu.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Biasanya, bentuk ekor yang miring disebabkan oleh posisi istirahat burung yang terlalu menempel jeruji sangkarnya. Karena itu, sebaiknya menggunakan tenggeran khusus, yaitu tenggeran berbentuk huruf T. Bisa juga diakali dengan memberi jarak antara tenggeran dan jeruji sangkar.

Penggantian tenggeran ini perlu dilakukan terutama ketika murai batu sering tidur dengan menempelkan tubuhnya pada jeruji sangkar.

Lalu bagaimana mengatasi bulu ekor murai jika terlanjur tumbuh miring? Cara paling sederhana tapi efektif adalah memandikan murai batu secara rutin.

Jika burung biasanya dimandikan 2 – 3 kali seminggu, maka dalam kasus ini murai batu perlu dimandikan rutin tiap hari, pagi dan sore. Selain itu, Anda juga bisa menyemprot halus bulu ekor yang tumbuh miring, untuk merangsang burung merapikan ekornya. Jika dilakukan secara rutin, maka ekornya akan kembali normal dan bisa tumbuh sempurna.

Untuk mendukung pertumbuhan bulu ekor yang kuat sehingga tidak mudah miring atau rusak, burung sebaiknya diberikan multimineral seperti BirdMineral. Berikan mineral ini secara rutin selama proses pertumbuhan ekornya sedang berlangsung.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.