Suara kicauan burung-madu rimba

Burung-madu umumnya mudah dikenali dari bulu-bulunya yang berwarna mencolok. Namun burung-madu rimba yang banyak ditemukan di Sumatera dan Kalimantan ini memiliki warna yang tidak lazim, yaitu ungu dengan garis-garis kuning, dan sepintas mirip burung siri-siri. Bagi yang penasaran, berikut ini suara kicauan burung-madu rimba.

burung-madu rimba atau Purple-naped sunbird (Hypogramma hypogrammicum)
Burung-madu rimba / purple-naped sunbird (Hypogramma hypogrammicum)

Burung-madu terdiri atas beragam spesies / jenis, dan umumnya memiliki warna bulu yang eksotis. Karena itu pula, banyak jenis burung-madu yang sangat popular di kalangan kicaumania.

Namun karena semua spesies burung-madu termasuk satwa yang dilindungi di Indonesia (kicaumania sejati mesti taat hukum dong…), maka tidaklah etis kalau kita memelihara apalagi melombakannya.

Hal ini perlu menjadi perhatian, terutama bagi event organizer (EO) yang masih saja melombakan burung-madu. Banyaknya kicaumania yang memelihara burung-madu disebabkan antara lain karena EO memberi ruang kepada mereka untuk melombakannya. Lalu apa artinya mereka mengusung slogan selamatkan burung, lestarikan burung lokal Indonesia, dan berbagai slogan kosong lainnya?

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kalaupun ingin menjadikannya sebagai burung master, kita bisa menggunakan audio mp3. Om Kicau sudah sangat sering mengunggah suara kicauan berbagai jenis burung-madu, baik di Indonesia maupun di mancanegara termasuk burung-madu palestina.

Kali ini, Om Kicau kembali mengupas salah satu jenis burung-madu di Indonesia, yang dalam literatur perburungan internasional dikenal dengan nama purple-naped sunbird (Hypogramma hypogrammicum). Adapun para ahli burung di Indonesia menyebutnya burung-madu rimba, yang memiliki wilayah persebaran di Kalimantan dan Sumatera.

Burung-madu rimba berasal dari keluarga Nectariniidae, dan menjadi satu-satunya anggota genus Hypogramma. Spesies ini mempunyai ukuran tubuh relatif lebih besar daripada jenis-jenis burung-madu lainnya. Panjang tubuh sekitar 15 cm.

Penampilannya pun tidak seperti jenis burung-madu lainnya, yang rata-rata memiliki bulu berwarna gelap, cerah, dan mengkilap. Tubuh bagian bawah hingga tenggorokan bergaris-garis kuning yang agak menonjol. Adapun tubuh bagian atas sampai penutup sayapnya berwarna ungu metalik. Paruhnya pendek dan berwarna kehitaman.

Penampilan burung betina mirip dengan burung jantan, hanya saja warna-warnanya tidak cerah dan cenderung kusam.

Penampilan burung-madu rimba jantan (kiri) dan burung-madu rimba betina
Penampilan burung-madu rimba jantan (kiri) dan betina

Spesies ini terdiri atas 5 ras / subspesies dengan wilayah persebaran global meliputi wilayah Tiongkok, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Indonesia (hanya di Kalimantan dan Sumatera. Berikut ini lima ras burung-madu rimba dan wilayah persebarannya:

  1. Hypogramma hypogrammicum lisettae: Ditemukan di wilayah selatan Tiongkok, serta wilayah utara Myanmar, Thailand, dan kawasan Indochina lainnya.
  2. Hypogramma hypogrammicum nuchale: Ditemukan di wilayah selatan Myanmar dan Thailand, serta Semenanjung Malaysia.
  3. Hypogramma hypogrammicum mariae: Ditemukan di wilayah selatan Indochina, termasuk kawasan timur Kamboja.
  4. Hypogramma hypogrammicum natunense: Ditemukan di Kepulauan Natuna Utara.
  5. Hypogramma hypogrammicum hypogrammicum: Ditemukan di Sumatera dan Kalimantan.

Di Sumatera, Kalimantan, dan Natuna, burung-madu rimba termasuk burung penetap yang umum ditemukan di hutan-hutan dataran rendah hingga ketinggian 1.000 meter dari permukaan laut (dpl). Burung ini menyukai pohon-pohon kecil, hutan-hutan tropis dan subtropis, hutan rawa, dan semak-semak belukar.

Sebagaimana jenis burung-madu pada umumnya, burung-madu rimba sering terlihat terbang dengan gaya hovering sambil menaikturunkan ekornya secara cepat. Pakan utamanya berupa nektar, buah-buahan, bijian, dan serangga kecil seperti laba-laba.

Burung madu rimba yang tersebar di Sumatra dan Kalimantan
Burung-madu rimba hanya bisa dijumpai di Sumatera dan Kalimantan

Meski pada umumnya spesies burung-madu mempunyai suara penuh cerecetan dan variasi isian yang menarik (baca: Suara cerecetan dahsyat burung madu untuk masteran), burung-madu rimba cenderung memiliki suara yang monoton tapi cukup kencang dilantunkan.

Bagaimana suara kicauan burung-madu rimba ini, silakan simak dua audio berikut :

  • Suara kicauan burung-madu rimba versi 1
  • Suara kicauan burung-madu rimba versi 2

Download audionya di sini

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.