Eh, ternyata 20 Maret merupakan Hari Burung Gereja Sedunia

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Weleh.. weleh…, ternyata hari ini, Jumat tanggal 20 Maret 2015, merupakan Hari Burung Gereja Sedunia (World Sparrow Day). Ini merupakan perayaan tahunan yang kelima kalinya, dengan tujuan mengingatkan masyarakat agar menjaga populasi burung gereja di alam liar, termasuk di kawasan permukiman penduduk.

World Sparrow Day yang berlangsung pada tanggal 20 Maret setiap tahunnya
World Sparrow Day diperingati setiap tanggal 20 Maret.

Di sejumlah negara, populasi burung gereja terus mengalami penurunan cukup tajam setiap tahunnya. Hal ini antara lain disebabkan burung kehilangan habitatnya, penggunaan pestisida secara berlebihan, dimangsa binatang predator seperti kucing, dan polusi udara.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membantu menjaga kelestariannya itulah, maka setiap tanggal 20 Maret ditetapkan sebagai Hari Burung Gereja Sedunia.

World Sparrow Day pertama dicanangkan pada tanggal 20 Maret 2010 atas inisiatif Nature Forever Society dari India yang berkolaborasi dengan Eco-Sys Action Foundation dari Prancis, serta beberapa organisasi nasional dan internasional lainnya di seluruh dunia.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Poster World Sparrow Day
Poster World Sparrow Day

Bagi kicaumania di Indonesia, burung gereja termasuk salah satu burung masteran favorit. Sebagian besar burung lomba dimaster dengan suara burung gereja tarung.  Suara cerecetannya sangat rapat, terutama saat tarung atau kawin.

Burung dari keluarga Passeridae ini terdiri atas puluhan spesies yang tersebar di hampir seluruh dunia. Habitatnya sangat bervariasi, termasuk mendiami kolong atap rumah, atau lubang-lubang di bagian atas rumah kita. Ya, inilah salah satu spesies burung yang paling bisa beradaptasi dengan kehidupan manusia.

Di beberapa negara, populasi burung gereja memang terus mengalami penurunan. Di Inggris, populasinya menurun hingga 60% sejak dekade 1970-an. Bahkan di India, keberadaan burung gereja di perkotaan makin terancam sejak tahun 2005. Hal serupa juga dijumpai di beberapa negara.

Populasi burung gereja di beberapa negara yang terus mengalami penurunan
Populasi burung gereja di beberapa negara terus mengalami penurunan.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk menjaga kelangsungan hidup burung ini ini adalah menyediakan kotak sarang di luar ruangan, sehingga burung bisa mendapatkan tempat berkembang biak. Anda juga bisa memiliki penangkaran alami burung gereja pribadi.

Berikut ini artikel mengenai penangkaran dan perawatan burung gereja

Untuk audio dari beberapa spesies burung gereja, silakan klik salah satu tautan berikut ini:

Adapun perilaku burung gereja bisa dicek pada dua artikel di bawah ini:

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

  1. Turut prihatin atas penangkapan liar burung gereja yg makin marak…karena hanya dijadikan masteran burung lomba. Sdh saatnya suara cerecetan gereja tarung dicoret dr list penilaian.

Komentar ditutup.