Breeding kenari: Video pemasangan ring Vianno BF

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Nama Om Agus Delta mungkin belum terlalu banyak dikenal orang. Lelaki bernama lengkap Agus Purwanto ini awalnya menceburkan diri dalam berbagai lomba di lingkungan Papburi Klaten, baik di Gergunung, PPK-1 Parikesit, hingga Caponiery Suara Alam.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Om Agus Delta
Om Agus Delta (tengah) bersama Om Gianto (kiri) dan Om Gianti.

Dia kemudian menggunakan nama Agus Delta, untuk mengabadikan gaco pertamanya yang bernama kenari Delta. Setelah sering moncer dalam berbagai even di lingkungan Papburi, Om Agus mulai pede untuk mengikuti berbagai lomba burung berkicau model konvensional yang setiap kelasnya bisa berisi 60 gantangan, tanpa babak penyisihan seperti di Papburi.

Ternyata di ajang konvensional pun jagoannya mau moncer. Awalnya dia moncer bersama kenari Strada, yaitu dalam even akbar Valentine Day Jogja, 15 Februari lalu. Bisa dibilang, ini pengalaman pertama bagi Om Agus.

“Saat itu saya bergabung dengan Naga Hitam BC. Bahkan kenar i Strada tidak menggunakan nama saya, melainkan Vianno Affan yang merupakan nama anak saya,” jelas Om Agus Delta.

Tak ada yang mengunggulkan kenari Strada waktu itu. Selain nama pemiliknya tidak begitu dikenal (kecuali pemain yang biasa tampil di Papburi Klaten), nama kenari Strada juga masih asing.

Namun fakta berbicara lain. Ketika burung beraksi, para juri pun tidak bisa memungkiri hati nuraninya. Terkenal nggak terkenal, kenari Strada tampil paling menonjol, sehingga meraih juara 1 Kelas Bintang Cupido B.

Selanjutnya Strada mabung. Tetapi Om Agus sudah punya pelapisnya, yaitu kenari yorkshire (YS) lokal yang diberinya nama King Arthur.

Semula kenari King Arthur dirawat sendiri di rumahnya, Jalan Kaliurang Km 12 Jogja. Namun hanya enam bulan, setelah itu dipindahkan ke kakak-beradik Gianti dan Gianto di Kebonalas, Manisrenggo, Klaten.

Sejak itulah, duet Gianti-Gianto dipercaya mengurus burung-burung milik Agus. “Strada dan King Arthur sekarang ditangani Gianti dan Gianto. Hanya kenari Delta yang masih saya rawat di Jogja,” imbuh Om Agus.

( lihat juga Video dan perawatan kenari King Arthur )

Tidak hanya itu, Om Agus Delta juga mempercayakan breeding kenarinya kepada kakak-adik tersebut di Manisrenggo. Anakan kenari hasil penangkaran ini diberi ring Vianno.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

breeding kenari
Om Gianti di ruang breeding kenari.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Untuk menambah wawasan bagi peternak pemula, maupun calon peternak kenari, berikut ini sekilas video tentang cara pemasangan ring pada anakan kenari umur 4 hari yang dilakukan oleh Om Gianto, dilanjutkan dengan Om Gianti ketika menunjukkan ruang breeding yang sederhana. (Waca)

Download videonya di sini.

Ring Vianno
Ring Vianno
Pemasangan ring anakan kenari
Pemasangan ring dilakukan saat anakan kenari berumur 4 hari.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.