Video dan perawatan kenari King Arthur: Gojlok fisik di umbaran, dikawinkan pada H-3

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Dua pekan beruntun, kenari King Arthur milik Om Agus Delta menjuarai even akbar. Kenari yang awalnya dibesarkan dari kontes kenari Papburi Klaten ini sukses menjuarai FairPlay Cup di Solo (1/3) dan Soeharto Cup II di Jogja (8/3). Apabila tidak ada aral melintang, King Arthur bakal ditampilkan lagi dalam Arema Cup V di Malang, Minggu (22/3) besok.

Kenari King Arthur
Kenari King Arthur, juara 1 Fairplay Cup Solo dan Soeharto Cup II Jogja.

King Arthur merupakan kenari yorkshire (YS) lokal yang diperoleh dari tempat Om Rudi / Leo di Kampung Kenari Jongke, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Di tempat ini pula, Om Rudy NRS (Luwes BC) memperoleh kenari Venus, yang kemudian moncer dalam berbagai even.

Semula kenari King Arthur dirawat sendiri di rumah Om Agus Delta, Jalan Kaliurang Km 12 Jogja. “Tapi di rumah saya hanya enam bulan saja. Bulunya nyulam terus, bunyi cit-cit pun tidak,” ujarnya.

Akhirnya, King Arthur dipindahkan ke tempat rekannya, kakak-beradik Gianti dan Gianto di Desa Kebonalas, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten. Aneh bin ajaib, hanya tiga hari dipegang Gianti, King Arthur sudah mulai bunyi.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Om Agus Delta
Om Agus Delta (tengah) bersama Om Gianto (kiri) dan Om Gianti.

King Arthur kemudian diturunkan dalam even Fairplay Cup di Solo, 1 Maret lalu. Pada Kelas  IKPBS, dia menduduki posisi kedua di bawah Janoko milik H Sigit WMP. Tetapi di sesi kedua, Kelas Balekambang, King Arthur nangkring di posisi pertama, unggul atas Raja Makan milik Gopilo dan Bumble Bee milik Noor RS (Luwes BC).

Sepekan kemudian, Om Agus kembali menurunkan King Arthur dalam even yang lebih besar, Soeharto Cup II di Jogja. Turun di kelas utama, Jendral Besar Soeharto yang pesertanya full (60) gantangan, King Arthur meraih juara 1.

Dari sinilah Om Agus makin pede dan berencana menurunkan kembali King Arthur di Arema Cup V Malang, Minggu (22/3) besok.

“Tentu bangga sekali kalau burung mau nampil dan juara di Malang. Soalnya, Malang lebih dulu dikenal sebagai kandang macan kelas kenari. Jadi kalau bisa menang di sana, tentu jadi semacam pengakuan kalau kenari orbitan Jogja atau Klaten layak diperhitungkan,” ujarnya.

TIAP HARI MASUK UMBARAN 5 METER

Salah satu resep Gianti dalam melakukan treatment kenari King Arthur adalah menggojlok fisiknya. Caranya, setiap hari burung dimasukkan ke kandang umbaran jumbo yang biasa dipakai burung-burung besar seperti murai batu dan cucak hijau, dengan panjang 5 meter.

Kenari King Arthur
Kenari King Arthur dalam kandang umbaran.

Burung disuruh terbang bolak-balik sampai tampak lelah. Setelah itu burung dibiarkan main-main sendiri dalam umbaran mulai pukul 07.00 – 09.00.

Kenari King Arthur
King Arthur dipaksa bolak-balik dari ujung kanan ke ujung kiri kandang umbaran.

Untuk pakan, Gianti meramu atau mencampur sendiri, atau bijian yang dibeli secara eceran dengan beberapa bijian dalam bentuk kemasan. Setelah itu dicampur niger seed dengan perbandingan 4:1.

Sayuran segar dan bebas residu pestisida diberikan kalau mau lomba saja. Selanjutnya, ada prosesi membuang birahi, dengan cara mengawinkan King Arthur dengan betinanya sekitar 3 hari sebelum lomba (H-3). Kalau lombanya hari Minggu, berarti dikawinkan hari Kamis.

Berikut ini video yang memperlihatkan bagaimana proses pengumbaran kenari King Arthur, dilanjutkan dengan mengawinkannya pada H-3.

Download videonya di sini.

Mulai Jumat, niger seed diberikan secara terpisah sebanyak 1 cepuk kecil plus 10 butir kroto. Setelah kawin, burung tidak lagi diumbar, tetapi mulai diistirahatkan dan disendirikan. Pagi hari setelah dirawat secukupnya, burung dianginkan, lalu dikerodong, dan dimasukkan ke tempat yang jauh dari burung lain.

Di lapangan, Minggu pagi, burung mandi semprot. Siapkan 20 butir kroto, dan buah pir yang diiris kecil-kecil. Anginkan sebentar sambil memberi kesempatan burung makan dan minum, setelah itu dikerodong sambil menunggu panggilan untuk menggantang.

Kenari King Arthur
Tiga hari sebelum lomba, King Arthur dikawinkan dengan pasangannya.

Hal lain yang mungkin berbeda sama sekali adalah pemberian daun mengkudu muda, paling tidak seminggu sekali. “Tujuannya untuk menghangatkan badan di musim hujan,” tambah Om Agus.

Tetapi dia sendiri tidak tahu persis apakah daun mengkudu juga memberi khasiat tertentu, sehingga kenari mau tampil maksimal, mengeluarkan lagu panjang-panjang, birahi pas, tidak ngelabrak jeruji, dan mengeluarkan cengkok yang merdu. Pasalnya, seluruh performa kenari King Arthur merupakan gabungan dari berbagai treatment seperti diumbar, dikawinkan, dan setelan pakan.

Silakan lihat aksi kenari King Arthur saat digantang di rumah:

Kalau mau download, klik saja ini.

Bagi yang ingin mengetahui lebih detil mengenai perawatan King Arthur atau kenari lainnya, silakan kontak Om Agus Delta (0856 5915 9126 / PIN BB323D4C8F).

Untuk informasi Kampung Kenari Jongke, bisa menghubungi Om Leo / Om Opang  di nomor 0822 2674 3457 / Pin BB 28F1A559. (Waca)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.