Video & perawatan lovebird Dora: Tonjolan suara cililinnya panjang dan kasar

Sudah satu tahun lamanya lovebird Dora berada di tangan Om JJJ, dan acapkali mengarumkan nama Lamasia BC Samarinda dalam berbagai lomba burung berkicau di Kalimantan Timur. Saat berlomba, Dora selalu mengeluarkan tonjolan suara cililin yang panjang dan kasar. Durasi sekitar 60-75 detik dalam sekali tarikan nafas, serta gacor (rajin bunyi).

Om JJJ dan lovebird Dora
Om JJJ bersama lovebird Dora.

Dulu, lovebird Dora selalu menggunakan nama pemilik JNJ-XB. Namun sejak mengikuti lomba burung berkicau Samarinda Pos, 1 Maret 2015, nama pemiliknya triple J alias JJJ. Apalah Dora telah berganti majikan?

Ternyata tidak! Om JJJ ya sama saja dengan JNJ-XB. “Sekadar ganti inisial nama pemilik saja. Klubnya juga sama, Lamasia BC,” kata Om JJJ.

Lovebird Dora dikenal sebagai salah satu jawara di Kalimantan Timur. Penampilannya relatif stabil di setiap even yang diikutinya. Berikut ini beberapa prestasinya dalam enam bulan terakhir:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

EVENTEMPATTANGGALJUARA
POLDER AIR HITAMSAMARINDA24-10-20141
DENZIPUR CUPBALIKPAPAN21-12-20141, 9
DISPORA BERKICAUTANGGERANG11-01-20153
SAMBUTAN CUP 1SAMARINDA16-01-20153
POLDER CERIASAMARINDA23-01-20151, 1, 1, 2
DENZIPUR-7 Y/DBALIKPAPAN26-01-20152, 4
WALIKOTACUP2SAMARINDA01-02-20151, 3, 7
PRIMA 212 CUP 2BONTANG08-02-20151
SAMARINDA POSSAMARINDA01-03-201510
GRAND TAMAN SARI CUP IVSAMARINDA15-03-20157
Piagam lovebird Dora
Piagam kemenangan Dora di Prima 212 Cup.

Pemilik / perawat wajib memahami karakter lovebird

Apa rahasianya sehingga lovebird Dora bisa tampil stabil dan prima setiap berlomba? Kunci pertama, menurut Om JJJ, adalah pemilik harus memahami dulu karakter burung. Setelah itu, wajb melakukan perawatan secara rutin dan konsisten, dengan mengikuti apa yang dikehendaki burung. Jadi, bukan burung yang mengikuti kehendak pemiliknya.

“Ketika lovebird merasa kecapekan di lapangan, ya stop saja, jangan diikutkan dalam sesi berikutnya. Sebab jika dipaksakan, burung bakal rusak dan bisa berakibat fatal,” jelasnya.

Namun apabila burung dalam kondisi prima, ya sah-sah saja ditampilkan dalam beberapa sesi, sesuai dengan kemampuan burung. Dalam even Polder Ceria di Samarinda, 23 Januari 2015, lovebird Dora dalam kondisi enjoy dan prima, sehingga bisa nampil dalam empat kelas, bahkan mencetak hattrick plus sekali juara 2.

Namun, dalam beberapa even, pernah juga lovebird Dora hanya mau nampil satu kali saja, sehingga tidak dipaksakan mengikuti seri berikutnya meski sudah mengantungi tiket.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam memahami karakter seekor lovebird. Misalnya, jika di rumah, burung maunya disandingkan dengan burung sejenis dalam satu ruangan. Namun ada juga lovebird yang tak mau bertemu dengan burung sejenis dalam ruangan yang sama.

“Dalam kasus Dora, burung ini lebih suka apabila dalam ruangan ada temannya. Hal ini membuatnya merasa lebih nyaman dan lebih baik. Makanya, saya ikuti saja kemauannya,” kata Om JJJ.

Berikut ini video penampilan sekilas lovebird Dora:

Download video dan audionya di sini

Perawatan harian lovebird Dora

Lovebird Dora
Lovebird Dora milik Om JJJ – Lamasia BC
  • Untuk penjemuran di lakukan setiap pagi hari mulai pukul 7 hingga 9 pagi
  • Pakan yang di berikan hanya milet putih saja setiap harinya, tanpa sayur sama sekali.
  • Untuk mandi menggunakan hand sprayer yang diembunkan setiap sore hari pukul 15.00, kemudian dianginkan sampai bulu kering.
  • Untuk hariannya tanpa di krodong sama sekali, jadi ketika mau turun di lapangan saja pengerodongannya.

Menurut Om JJJ, setiap individu lovebird memiliki karakter yang berbeda-beda. Buktinya, perawatan lovebird Dora ini berbeda dari lovebird-lovebird lain miliknya.

Ya, Om JJJ memang punya sejumlah lovebird jawara. Selain Dora, dia memiliki gaco andalan lainnya seperti Densus, Kera Putih, dan sebagainya. “Dari sinilah saya belajar satu persatu karakter lovebird, saya coba fahami  apa yang dikehendaki burung,” jelasnya.

Om JJJ dan rekan-rekan setimnya siap mengibarkan bendera Lamasia BC dalam berbagai even lomba berikutnya. Sebab di sinilah dia menemukan rasa kebersamaan dan kekeluargaan dari para personel tim. (v1rgoboy)

Lamasia BC Samarinda
Om JJJ (jongkok, paling kanan) bersama personel Lamasia BC Samarinda.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.