Tips singkat mengatasi burung cendet yang galak banget

Selain miyik atau manja, masalah yang sering dialami para cendetmania adalah burungnya berubah menjadi galak, bahkan galak banget. Bisa dibayangkan, betapa menderitanya pemilik / perawat cendet ketika burung piaraannya terus mematuki tangannya saat mengganti pakan atau mengisi air minum. Untuk mengurangi penderitaan Anda, berikut ini tips singkat mengatasi burung cendet yang galak banget.

Tips mengatasi cendet yang super galak
Tips mengatasi burung cendet yang galak banget.

Umumnya, perilaku galak pada burung cendet disebabkan oleh kondisi over birahi. Selain itu, ada beberapa faktor pemicu lainnya, yaitu:

  • Birahi alami, atau burung memasuki masa breeding / musim kawinn.
  • Perawatan kurang maksimal, misalnya burung jarang dimandikan atau kurang dijemur.
  • Kekurangan nutrisi / gizi.
  • Karakter bawaan dari burung tersebut.

Jika perubahan perilaku cendet terjadi akibat over birahi, cara mengatasinya tentu saja harus dikondisikan terlebih dulu. Dengan begitu, perilaku galak secara berangsur-angsur akan pulih seiring dengan kondisi birahinya yang mulai normal. Untuk mengetahui cara mengkondisikan cendet yang over birahi, silakan buka lagi tulisan berikut ini:

Cendet over birahi: Perilaku, penyebab, dan solusinya

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tetapi apabila perilaku galak ini muncul akibat faktor lainnya, maka cara mengatasinya disesuaikan dengan sumber atau akar masalahnya.

Cendet galak akibat memasuki masa breeding

Di alam liar, burung cendet mempunyai ritme kehidupan yang disebut masa breeding atau musim kawin, musim berkembangbiak. Bahkan spesies maupun subspesies cendet di daerah tertentu sudah memiliki waktu tertentu yang relatif ajek untuk berkembangbiak, misalnya mulai Maret hingga Mei, dan seterusnya.

Dalam perawatan manusia, cendet tidak memiliki musim kawin seperti di alam liar, karena belum tentu mempunyai pasangan. Tetapi ketika burung sudah mencapai umur dewasa kelamin, atau matang secara seksual, tentu dia punya naluri / hasrat / insting untuk kawin dan berkembangbiak.

Pada cendet yang sudah mencapai umur dewasa kelamin, kondisi breeding biasanya akan terlihat dari bulu-bulunya yang lebih rapi daripada biasanya. Bulubulu ekor terlihat lebih rapat. Bahkan jika dilombakan, kondisi birahi cendet dalam kondisi optimal sehingga bisa tampil lebih maksiml daripada biasanya.

Tetapi karena terus-menerus tak ada pelampiasannya, burung  akhirnya berubah menjadi agresif dan galak. Untuk mengatasi hal tersebut, cendet perlu dikawinkan dengan lawan jenisnya. Syukur-syukur malah bisa ditangkarkan di rumah.

Jika memang tidak memungkinkan untuk mengawinkannya, maka harus dilakukan pengaturan ulang terhadap pola perawatan hariannya, terutama mengurangi pakan yang mengandung kadar protein tinggi.

Perawatan harian untuk cendet galak banget

Berikut ini beberapa cara mengatur ulang pola perawatan harian untuk mengatasi cendet yang galak banget:

1. Mengatur ulang pemberian EF

Seperti dijelaskan di atas, perlu dilakukan pengaturan ulang dalam pemberian extra fooding EF) agar burung cendet tidak makin bertambah galak. Jika selama ini porsi jangkrik sebanyak 10 ekor per hari (diberikan dua kali, pagi dan sore), maka jatahnya bisa dikurang hingga 50 – 70 %, atau sekitar 3 – 5 ekor jangkrik per hari.

Namun jika selama ini cendet hanya diberikan 2-3 ekor jangkrik setiap harinya, maka pengaturannya bisa dilakukan dengan menambah porsinya, misalnya menjadi 5 – 7 ekor / hari sampai kondisinya normal. Setelah cendet kembali normal, alias tidak galak lagi, perawatan bisa dikembalikan seperti semula.

2. Hindari penjemuran secara berlebihan

Cendet galak akibat over birahi juga bisa disebabkan penjemuran terlalu berlebihan. Untuk mengatasinya, tentu saja durasi penjemuran mesti dikurangi.

Idealnya, lama penjemuran maksimal 1,5 – 2 jam setiap hari, yang dimulai pada pukul 06:30 pagi hari atau setelah matahari terbit.

Alternatif lainnya adalah melakukan pengembunan. Keluarkan burung pada saat fajar, atau paling telat sebelum jam lima pagi, untuk diembunkan. Burung digantang pada lokasi di mana cendet bisa terpapar sinar matahari pagi ketika terbit.

3. Mandikan tiga kali sehari

Solusi lainnya untuk mengatasi cendet yang galak banget adalah memandikannya sesering mungkin, misalnya tiga kali setiap hari (pagi – siang – sore).

Mandi malam juga bisa menjadi alternatif untuk menurunkan perilaku galak pada cendet. Mandi malam dilakukan setelah pukul 19.30 hingga pukul 21.00.

Setelah dimandikan, burung segera dianginkan di tempat hangat (berlampu), kemudian sangkarnya ditutupi dengan kerodong. Biarkan bberistirahat sampai waktunya diembunkan lagi esok hari.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.