Membuat aneka olahan pakan bijian untuk burung kicauan Anda

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Pakan biji seperti milet, canary seed, dan kuaci (biji bunga matahari) sangat umum diberikan pada burung kicauan dari jenis kenari, finch, dan paruh bengkok. Biasanya pakan bijian diberikan dengan cara dituangkan ke dalam cepuk pakannya. Namun Anda juga bisa membuat aneka olahan pakan bijian, terutama dengan tujuan agar sangkar menjadi lebih ramai dan bervariasi.

Membuat aneka macam bentuk olahan pakan biji-bijian untuk burung
Membuat aneka olahan pakan bijian untuk burung kicauan.

Sebelumnya Om Kicau pernah menulis panduan mengenai pembuatan pakan camilan untuk burung pemakan biji-bijian. Kali ini kita akan membuat beberapa pakan olahan dari biji-bijian yang biasa diberikan kepada kenari, finch, burung paruh bengkok, dan burung pemakan bijian lainnya.

Proses pembuatannya relatif mudah, karena hanya menempelkan pakan bijian pada benda / objek yang diinginkan. Ada dua kreasi yang cukup popular di sini, yaitu menempelkan bijian dengan bantuan gelatin, serta memanfaatkan selai kacang.

Membuat olahan pakan bijian dengan gelatin

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Gelatin adalah zat kimia padat yang bening, tak memiliki warna dan rasa, berasal dari berbagai produk sampingan hewan. Gelatin secara luas digunakan sebagai salah satu bahan baku untuk permen lunak, jeli, dan es krim.

Karena sifatnya kenyal, maka gelatin bisa dimanfaatkan untuk menempelkan dan membentuk pakan bijian sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Coba lihat dulu gambar berikut ini:

Membuat olahan pakan biji-bijian menggunakan gelatin
Membuat olahan pakan biji-bijian menggunakan gelatin.

Berikut ini cara membuat olahan pakan bijian dengan bantuan gelatin:

  1. Campurkan 4 sendok makan gelatin dengan 1 mangkuk air. Porsi ini bisa berubah sesuai dengan ukuran dari bentuk yang Anda inginkan.
  2. Gelatin dimasak hingga larut dalam air. Setelah itu, masukkan pakan bijian ke dalamnya, aduk hingga merata.
  3. Siapkan loyang untuk mencetak kue / cetakan kue dengan bentuk yang diinginkan.
  4. Tuangkan pakan bijian yang sudah bercampur dengan larutan gelatin ke dalam cetakannya, lalu tunggu hingga cetakan terbentuk dan mengering.
  5. Angkat pakan bijian yang sudah tercetak, lalu ikat menggunakan tali dan gantung di dalam sangkar.

Dengan cara seperti itu, Anda bisa membuat berbagai bentuk cetakan pakan bijian seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Aneka macam bentuk olahan pakan biji-bijian untuk burung peliharaan
Aneka bentuk olahan pakan bijian untuk burung peliharaan

Membuat olahan pakan bijian menggunakan selai kacang.

Selai kacang yang manis dan lengket juga bisa digunakan untuk menempelkan pakan bijian pada benda atau objek yang diinginkan. Objek yang dimaksud misalnya ranting kayu yang telah dibersihkan. Coba lihat gambar berikut ini:

ranting selai kacang
Ranting atau tenggeran diolesi selai kacang dan pakan bijian.

Oleskan selai kacang ke seluruh bagian ranting, kemudian taburkan pakan bijian di atasnya. Dalam sekejap, bijian akan menempel dan membuat penampilan ranting menjadi lebih berwarna-warni.

Masukkan ranting yang sudah ditempel pakan bijian ini ke dalam sangkar. Manisnya selai kacang bisa menambah citarasa pakan bijian yang dikonsumsi burung peliharaan Anda.

Kalau gambar di bawah ini merupakan contoh olahan pakan bijian menggunakan selai kacang, yang ditempel pada bekas gulungan tisu.

Gulungan tisu yang dijadikan tempat menempelkan pakan biji-bijian denga nselai kacang
Gulungan tisu pun bisa dijadikan tempat menempel pakan bijian dan selai kacang.

Silakan berkreasi dengan bentuk-bentuk lainnya, agar burung memiliki nafsu makan yang bagus sepanjang hari. Ini bisa diterapkan pada burung piaraan dalam sangkar maupun burung dalam kandang penangkaran.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.