Bintang, murai bandel milik Om Sabtiar yang rajin berprestasi

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Banyak sekali murai batu koleksi kicaumania Jambi yang moncer dalam berbagai even di Pulau Sumatera. Salah satunya adalah murai batu Bintang milik Om Sabtiar (AXL) dari Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Bintang boleh disebut murai bandel, tapi rajin berprestasi.

Special Ceria Jambi
Suasana Special Ceria di Lapangan Kadaci, Selincah, Kota Jambi, Minggu (29/3).

Dalam even Special Ceria di Lapangan Kadaci, Payo Selincah, Kota Jambi, Minggu (29/3) lalu, murai batu Bintang sukses menjuarai Kelas Bintang yang berisi 50 gantangan.

Pekan sebelumnya, dalam Gebyar Liga Jambi Seri III (22/3) di Lapangan Effentta, gaco andalan Om Sabtiar ini juga tampil sebagai juara 1 di Kelas Umum. Bintang juga tidak tertandingi tatkala berlaga dalam even akbar Road to BnR Award di Koya Jambi, 8 Maret lalu, dengan meraih juara 1 Kelas Tumo.

Bintang layak disebut murai bandel, karena untuk bisa berlaga di Kota Jambi, Om Sabtiar harus melakukan perjalanan darat sekitar 4 jam dari Sarolangun.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Om Sabtiar
Om Sabtiar diapit Om Aping (kiri) dan Om Akia.

Kicaumania yang baru saja terpilih menjadi Ketua Ronggolawe Sarolangun ini memang dikenal aktif mengikuti even lomba, atau bahkan sekadar latberan. Ya, semua ini dilakukannya lantaran hobi, sekaligus ingin menjalin silaturahmi dengan sobat kicaumania dari berbagai kalangan.

Selain mengandalkan murai batu Bintang, Om Sabtiar juga punya sejumlah gaco jawara seperti kacer Wak Kluhu, kenari Petir, lovebird Venus, dan sebagainya. Semua ini menjadi amunusinya setiap kali turun ke lapangan, tentu sepanjang burung dalam kondisi prima.

“Murai batu Bintang sudah memberi saya puluhan gelar juara. Dalam kondisi fit, burung ngedur sejak awal digantang hingga akhir penilaian. Isiannya antara lain cililin, tengkek, lovebird, kapas tembak, pancawarna, burung gereja tarung, hingga suara jangkrik,” kata Om Sabtiar.

Murai batu Bintang
Murai batu Bintang gaco andalan Om Sabtiar.

Di antara isian-isian tersebut, yang paling istimewa tentu saja tembakan cililinnya. Tembakan ini kerap menggentarkan lawan-lawannya. Sebab kalau sudah mengeluarkan tembakan cililin, murai batu Bintang akan terlihat sangat fighter.

Tahun lalu, dalam kondisi mulai nyisip sayap pun, Bintang tetap mampu menjuarai lomba skala cukup besar di Kota Jambi.

Perawatan murai batu Bintang

AXL Sabtiar dan MB Bintang
Om Sabtiar (kiri) bersama Amat Belido dan murai batu Bintang.

Om Sabtiar menjelaskan, perawatan murai batu Bintang tidak jauh berbeda dari burung murai lainnya. Setiap pagi, kerodong dibuka, dan burung dianginkan sebentar. Setelah itu mandi, lantas dijemur sekitar dua jam (pukul 08.00 – 10.00).

Usai dijemur, Bintang diberi kroto secukupnya. “Kroto saya berikan setiap hari. Adapun jangkrik saya berikan setiap pagi, siang, dan sore hari, masing-masing lima ekor,” kata Om Sabtiar.

Meski kroto diberikan setiap hari, pakan utama MB Bintang tetap voer. Tapi Bintang lebih suka kalau voernya ditumbuk halus.

Jika mau lomba, sebelum berangkat ke lapangan diberi 10 ekor jangkrik dan kroto secukupnya.

Kalau mau lomba, burung dianginkan dulu di rumah sekitar pukul 07.00, sambil sarapan 10 ekor jangkrik dan kroto secukupnya. Setelah itu mandi dan dijemur secukupnya (10 menit).

“Setelah dijemur dianginkan sebentar, kira-kira 10 menit), kemudian dikerodong dan dibawa ke lapangan,” jelas Om Sabtiar.

AXL Sabtiar
Om Sabtiar ketika memantau aksi MB Bintang dari kejauhan.

Menjelang sesi murai batu dimulai, wadah pakan dicabut agar burung bisa konsentrasi bertarung. Begitu digantang, Bintang pun langsung fight menghadapi lawan-lawannya. (Kelana Lana)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. Saudara saya baru saja mendapatkan produk omkicau dari jember, TBB dan BIRDFIT,harganya per item 75rbu, expired: 2juni 2018,produk omkicau apa sudah tertulis masa expirednya?

Komentar ditutup.