Download suara burung pleci ngalas

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Download suara burung pleci ngalas – Meski bertubuh mungil, suara kicauan khas burung pleci yang disebut suara ngalas mampu menarik perhatian para kicaumania. Kebetulan Indonesia menjadi salah satu habitat puluhan spesies pleci / burung kacamata. Beberapa di antaranya merupakan spesies pleci endemik, atau hanya bisa dijumpai di kawasan tertentu saja. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

download suara burung pleci

Untuk menambah kecintaan dan pengetahuan para plecimania, berikut ini beberapa spesies pleci endemik dan suara kicauannya yang bisa Anda dengarkan.

1. Download suara burung pleci (burung kacamata) arfak

Download suara burung pleci / kacamata arfak
Burung kacamata arfak

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Burung kacamata arfak atau capped white-eye (Zosterops fuscicapilla) hanya bisa ditemukan di kawasan Papua. Spesies ini berukuran 9,5 – 11 cm, dengan lingkaran mata yang tebal berwarna putih. Bagian dahi dan muka tampak kehitaman, sedangkan tubuh bagian bawah kuning tersapu zaitun.

Suara kicauannya cukup nyaring, dengan irama cepat. Lagu-lagunya cukup diminati parapleci mania.

Suara kicauan kacamata arfakDOWNLOAD

Lihat spesies pleci endemik lainnya:

2. Download suara burung pleci (burung kacamata) dahi-hitam

Download suara burung pleci / kacamata hitam
Burung kacamata dahi-hitam

Burung kacamata dahi-hitam / black-crowned white-eye (Zosterops atrifrons) mempunyai wilayah persebaran terbatas di wilayah utara dan selatan Sulawesi, Kepulauan Banggai, dan Kepulauan Sula.

Spesies ini sebelumnya dianggap sejenis dengan kacamata sangihe (Zosterops nehrkorni), kemudian dipisahkan jadi spesies tersendiri dan mempunyai empat subspesies / ras.

Sesuai dengan namanya, kacamata dahi-hitam mempunyai dahi berwarna hitam. Bagian perutnya abu-abu, dengan lingkaran mata berwarna putih. Khusus pleci dahi-hitam yang ditemukan di Kepulauan Sula (Zosterops atrifrons sulaensis), lingkaran matanya lebih tebal.

Suara kicauan atau ngalasnya terdengar lebih tajam, dan biasanya berkicau dengan lagu-lagu yang rapat dan diulang-ulang.

Suara kicauan kacamata dahi-hitam | DOWNLOAD

3. Download suara burung pleci (burung kacamata) enggano

Download suara burung pleci / kacamata enggano
Burung kacamata enggano

Kacamata enggano / enggano white-eye (Zosterops salvadorii) merupakan burung endemik di Pulau Enggano, yaitu kawasan lepas pantai Sumatera. Panjang tubuhnya sekitar 11 cm.

Tubuh bagian atas berwarna zaitun, dengan bagian dada kuning dan bagian sisinya abu-abu muda. Perut berwarna putih-krem. Sepintas mirip pleci buxtoni, dengan perbedaan hanya di bagian perut saja.

Suara kicauan kecamata engganoDOWNLOAD

4. Download suara burung pleci (burung kacamata) halmahera

Download suara burung pleci / kacamata halmahera
Burung kacamata halmahera

Kacamata halmahera / cream-throated white-eye (Zosterops atriceps) mempunyai panjang tubuh sekitar 12 cm. Kepalanya hitam kecokelatan, sedangkan tenggorokan dan perut putih.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Spesies ini mempunyai wilayah persebaran terbatas di Maluku Utara, dan terdiri atas tiga ras / subspesies, yaitu:

  1. Zosterops atriceps dehaani:Habitat di kawasan Morotai, wilayah utara Maluku, dengan ciri-ciri mahkota berwarna hitam.
  2. Zosterops atriceps fuscifrons: Habitat di Halmahera, dengan mahkota berwarna hijau-zaitun.
  3. Zosterops atriceps atriceps: Habitat di Bacan dan Obi, dengan mahkota berwarna zaitun-lembayung-merah tua.

Suara kicauannya cukup lantang, dengan lagu-lagu khas burung kacamata.

Suara kicauan kacamata halmahera | DOWNLOAD

5. Download suara burung pleci (burung kacamata) makassar

Download suara burung pleci / kacamata makassar
Burung kacamata makassar

Kacamata makassar / lemon-throated white-eye atau black-ringed white eye (Zosterops anomalus) mempunyai panjang tubuh sekitar 12 cm. Habitatnya hanya ada di Sulawesi Selatan.

Penampilanyan cukup berbeda dari sebagian besar jenis pleci lainnya. Sebab lingkaran matanya berwarna hitam, tenggorokan kuning, perut putih, serta penutup ekor bagian bawah berwarna putih.

Suara kicauannya juga agak berbeda dari pleci pada umumnya. Meski terdengar cukup kencang, namun suaranya cenderung monoton.

Suara kicauan kacamata makasar | DOWNLOAD

6. Download suara burung pleci (burung kacamata) wallacea

Download suara burung pleci / kacamata wallacea
Burung kacamata wallacea

Sebagaimana burung kacamata makasar, penampilan burung kacamata wallacea juga berbeda dari jenis pleci pada umumnya. Pleci wallacea / yellow-ringed white-eye (Zosterops wallacei) merupakan burung endemik di Nusa Tenggara Barat, yang meliputi Sumbawa, Komodo, Rinca, Flores, Besar, Lomblen, dan Sumba.

Panjang tubuhnya sekitar 11,5 cm, dengan bagian dahi, muka, dan tenggorokan berwarna kuning. Lingkaran mata juga kuning, sedangkan bagian perut putih.

Spesies ini cukup dikenal di kalangan plecimania karena suara kicauannya cukup lantang.

Suara kicauan kacamata wallacea | DOWNLOAD

Itulah beberapa spesies burung kacamata endemik di Indonesia. Masih ada beberapa spesies lainnya, dan sudah pernah ditulis Om Kicau dalam tautan di bawah ini:

[spoiler title= ]
Kata kunci untuk artikel ini:

  • auri, anakan, alas, agar cepat buka paruh, auriventer, alasan, asli, air, bali, bustomi, buxtoni, betina, birahi, biasa, pancingan, cewean, campuran, call, cing cuitan, cicicuit, cililin, cepat buka paruh, .com, cagor, ciblek,
  • durasi, dakun bali, dada kuning, dada putih, dabu, daput, di alam liar, emas, edan, edan, kepala emas, full isian, tembakan, free, gacor, gunung, buka paruh, gratis, garut, isian, ngeplong, hutan, hitam, hijau, di hutan, hp, kenari, kacer, lovebird,
  • banyak, isian, irian, istimewa, kolibri, juara, jantan, 1, jawa, internasional, lombok, lomba, ngerol panjang, nasional, kapur, kenarian, ketakutan, kayana, kombinasi, kicau, lokal, lasrol, lombok, liar, laut, lokal, lagi kontes, mp3, masteran, montanus,
  • mikat, malang, mata hitam, gratis, memanggil, monty, ngalas, ngriwik, ngecer, ngeplong, nembak,om kicau, obyokan, ombyokan, opior, ocehan, pikat, pemikat, papua, pikatan, perempuan, paling bagus, pacitan, palas, pemula, roll tembak, rasa kenari,
  • ribut, ropel, rol tembak, rombongan, raja, tembak, rempelan, stafaband, sulawesi, super, stafa, standar, sumbawa, sumatra, smartmastering, tembakan, teler, terbaru, terbaik, tarung, terapi air, pikatan, memancing, memikat, pancingan, jebak, versi,
  • variasi, video suara burung pleci, wiksar, wedok, wit wit, wapka, waptrick, wanita, ww., zipper, ziperan, zosterops, 2017, jawara, 3gp

[/spoiler]

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.