Poksai kepala botak, burung endemik di wilayah utara Kalimantan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung poksai biasanya mudah dikenali dari penampilan dan bentuk bulu-bulunya yang cukup tebal. Tetapi poksai kepala botak / bare-headed laughingthrush (Garrulax calvus) agak berbeda dari jenis poksai lainnya. Ya, sesuai dengan namanya, bagian kepala pada burung ini terlihat botak, sehingga penampilannya unik. Spesies ini termasuk salah satu burung endemik di wilayah utara Kalimantan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Poksai kepala botak atau Bare-headed laughingthrush (Garrulax calvus)
Burung poksai kepala botak / bare-headed laughingthrush (Garrulax calvus)

Burung poksai kepala botak memiliki postur tubuh berukuran sedang, dengan panjang sekitar 25 – 27 cm. Tubuhnya dipenuhi bulu berwarna abu-abu kehitaman yang mengkilap. Bagian kepalanya yang botak berwarna kecokelatan hingga kekuningan, sedangkan kulit tenggorokannya putih kebiruan.

Tatkala Om Kicau membuka buku Daftar Burung Indonesia No 2 terbitan Indonesian Ornithologists’ Union (Bogor; 2007), ternyata tidak ada nama poksai kepala botak. Padahal Wikipedia menyebut burung ini merupakan spesies endemik di Kalimantan.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Om Kicau kemudian mencari berbagai referensi lainnya, termasuk dari situs iucnredlist.org. Dari situs inilah dapat diketahui, bahwa poksai kepala botak memang tidak dijumpai di wilayah Indonesia. Habitatnya memang berada di Kalimantan, tetapi di sebelah utara yang termasuk dalam wilayah Brunei Darussalam dan Malaysia (antara lain di Serawak).

Poksai kepala botak merupakan burung penetap. Mereka mendiami dataran tinggi dan pegunungan di Kalimantan bagian utara, mulai dari Gunung Kinabalu sampai ke selatan hingga Usun Apau, Gunung Dulit, dan Gunung Mulu, terutama pada ketinggian 1.000 – 2.000 meter dari permukaan laut.

Di alam liar, burung ini sering terlihat bersama koloninya dalam kelompok kecil, dan sering terlihat mencari pakan dengan mengais batu dan dedaunan di lantai hutan. Pakan utamanya serangga, terutama laba-laba, dan terkadang mengkonsumi buah dan biji-bijian.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Hampir semua jenis burung poksai memiliki suara kicauan cukup kencang dan berisik. Begitu pula burung poksai kepala botak. Suaranya mirip suara kicauan poksai jambul. Beberapa lagunya terdengar “hupup” sebagaimana yang sering dikicaukan burung hud-hud atau hoopoe.

  • Suara kicauan poksai kepala botak – variasi 1
  • Suara kicauan poksai kepala botak – variasi 2

Unduh audionya di sini

Untuk menambah pengetahuan Anda tentang jenis burung poksai dan bagaimana suaranya, silakan buka lagi tulisan sebelumnya dalam tautan di bawah ini:

Mengenal 11 jenis burung poksai bersuara keras dan merdu

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.