Melangsingkan anis kembang agar cepat ngeplong dan gacor

Kegemukan (obesitas) bagi semua jenis burung kicauan tentu kurang baik. Selain bisa mengurangi penampilannya, burung pun cenderung kurang aktif, termasuk malas / jarang berkicau. Anis kembang merupakan salah satu burung kicauan yang rentan mengalami kegemukan, terutama jika masih bakalan. Berikut ini tips melangsingkan anis kembang agar cepat ngeplong dan gacor

Melangsingkan anis kembang agar cepat ngeplong dan gacor
Melangsingkan anis kembang agar cepat ngeplong dan gacor

Cara membuat singset anis kembang memang sedikit berbeda dari jenis burung kicauan lainnya. Pada jenis burung lainnya, kita bisa melakukannya dengan cara menerapkan diet dan pencemuran. Pada anis kembang, hal yang perlu dilakukan adalah rutin memberikan pakan dengan kadar protein tinggi.

Seperti diketahui, protein tinggi umumnya terdapat pada pakan tambahan / extra fooding (EF) seperti jangkrik, cacing tanah, kroto, maupun ulat hongkong.

Selain pakan tambahan, voer yang diberikan pun setidaknya harus mengandung Omega 3. Begitu pula dengan buah-buahannya. Pemberian buah yang ajeg (tidak gonta-ganti) setiap hari, terutama pisang, bisa membuat anis kembang rentan mengalami kegemukan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Untuk memudahkan Anda, berikut ini beberapa tips melangsingkan anis kembang agar cepat ngeplong dan gacor.

Berikan EF yang cukup setiap hari, terutama cacing tanah, jangkrik, ulat hongkong, dan kroto. Beberapa penggemar anis kembang cenderung memberikan jangkrik sebanyak 3 – 7 ekor pada pagi dan sore hari, tergantung kemampuan burung dalam mengkonsumsinya. Selain itu, kombinasikan juga dengan pakan lain seperti berikut ini:

  • Cacing tanah sebanyak 2 ekor diberikan pada pagi dan sore hari.
  • Kroto sebanyak 1 sendok teh diberikan setiap pagi, atau saat pengembunan.
  • Buah yang diberikan umumnya apel dan pepaya. Ini bisa diberikan rutin setiap hari atau beberapa hari sekali.

Pemberian mandi sebaiknya rutin dilakukan setiap pagi hari. Adapun mandi malam bisa diterapkan beberapa hari sekali.

Penjemuran dilakukan sejak pagi hari, yaitu saat pengembunan, dengan menggantung sangkarnya di area terbuka yang akan terkena cahaya matahari langsung ketika terbit. Penjemuran bisa dilakukan sampai pukul 08,00, atau selama 1 – 2 jam.

Pengembunan sebaiknya rutin dilakukan, untuk mempercepat anis kembang memiliki tubuh singset/langsing. Pada saat pengembunan, burung bisa diberi kroto dan cacing tanah.

Itulah beberapa tips membuat langsing burung anis kembang agar cepat ngeplong dan gacor. Dari perawatan di atas, intinya adalah bagaimana membuat burung menjadi birahi secara optimal.

Dengan begitu, anis kembang bisa menjadi cepat langsing, sehingga memberi pengaruh cukup besar terhadap suara kicauannya, yaitu cepat ngeplong dan gacor. Ketika dilombakan pun memiliki mental yang cukup bagus.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.