Mendongkrak birahi burung jantan dengan boneka burung betina –lihat videonya!

Kunci utama burung kicauan agar mau rajin berkicau adalah mendongkrak birahi agar mencapai kondisi optimal. Biasanya para kicaumania melakukan setelan pakan tambahan / extra fooding (EF) agar birahi gacoannya optimal, tidak berlebihan (over birahi) maupun kurang birahi.

Burung-burung dalam penangkaran pun lebih gampang berjodoh, lantas kawin, dan bertelur, jika kondisi birahinya optimal. Peternak biasanya merangsang birahi pasangan induk dengan memberikan jangkrik sepuasnya (bagi burung pemakan serangga), atau telur puyuh rebus (kenari dan finch).

Cara-cara mendongkrak birahi burung seperti di atas sudah sering dijelaskan Om Kicau dalam artikel-artikel terdahulu. Nah, ternyata ada satu cara unik yang dapat diterapkan untuk meningkatkan birahi burung, yaitu menggunakan boneka burung dari lawan jenisnya.

Dalam artikel ini, Om Kicau menyertakan videonya, di mana burung pin-tailed whydah jantan sedang dipacu birahinya dengan menempatkan dua boneka dari burung sejenis di kandang yang sama. Yang satu boneka betina, dan satunya lagi boneka jantan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

pin-tailed whydah
Pasangan pin-tailed whydah (tengah): Burung jantan (kiri) dan betina mudah dibedakan.

Dalam video terlihat, pin-tailed whydah jantan terus merayu boneka betina, melalui siulannya. Tidak lama kemudian, dia melakukan hovering sebagaimana burung branjangan. Burung finch yang satu ini memang memiliki ritual hovering sebelum mengawini betinanya.

Pin-tailed whydah
Pin-tailed whydah jantan merayu boneka betina.

Ternyata si jantan benar-benar mengawini boneka betina. Apa artinya? Burung menjalankan insting reproduksinya, karena memang tidak memiliki akal sebagaimana manusia. Habis mengawini boneka betina, si jantan kembali merayu.

Sebelum melakukan perkawinan untuk kali kedua, dia mendekati boneka jantan, seperti ingin memastikan bahwa “pesaingnya” itu tak akan mengganggu.

Pin-tailed whydah
Pin-tailed whydah melakukan hovering sebelum mengawini boneka betina.

Mengingat pin-tailed whydah merupakan burung finch, dan di alam liar juga hidup berkoloni, naluri agresifnya dalam menjaga wilayah kekuasaannya tak segarang burung-burung teritori seperti murai batu, hwamei, kacer, cendet, dan ciblek.

Tak lama mendekati boneka jantan, dan merasa aman, pin-tailed whydah kemudian mendekati lagi boneka betina. Sama seperti sebelumnya, dia melakukan hovering dulu, kemudian menindih tubuh boneka betina dari belakang, seperti melakukan kopulasi.

Pin-tailed whydah
Pin-tailed whydah jantan mengawini boneka betina.

Cara mengawini boneka ini sama persis seperti si jantan mengawini burung betina di alam liar, seperti gambar di bawah ini:

cara menangkar pintail whydah
Burung jantan pin-tailed whydah mengawini betinanya.

Daripada penasaran, lihat yuk videonya:

Bisa dicoba pada jenis burung lainnya

Dari eksperimen ini, sebenarnya kita dapat menerapkannya untuk mendongkrak birahi jenis burung lainnya, mulai dari kenari, murai batu, cucak hijau, kacer, dan sebagainya. Cara ini bisa menghemat biaya pembelian burung yang asli.

Persoalannya adalah tidak mudah mendapatkan boneka burung. Tapi jika sudah ketemu perajin yang jago membuat boneka burung, ini akan menjadi eksperimen menyenangkan dalam merangsang birahi burung agar rajin berkicau.

Hal ini bisa diterapkan pada burung kicauan di rumah agar rajin bunyi dan menghibur majikan serta keluarganya. Bisa juga diterapkan pada burung lomba beberapa hari hingga menjelang lomba (mirip ngecas).

Pada burung-burung yang diternak / ditangkar, boneka yang digunakan bisa jantan maupun betina, terutama untuk mempercepat proses penjodohan sehingga mau segera kawin, tanpa dihantui kekhawatiran burung bakal berkelahi.

Dalam banyak kasus, kegagalan perkawinan (meski sudah berjodoh) sering disebabkan betina ogah-ogahan. Nah, hal ini bisa disiasati dengan menempatkan boneka jantan di dalam kandangnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.