Dua tahun berkiprah, kini Luwes BC tak hanya berjaya di lovebird

Ketika masyarakat Indonesia merayakan Hari Kartini, setiap tanggal 21 April, para personel Luwes BC pun merayakan hari jadi komunitasnya pada tanggal yang sama. Ya, Luwes BC resmi berkiprah dalam lomba burung berkicau pada hari Minggu, 21 April 2013, dalam kontes Papburi Klaten yang digelar di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Klaten.

“Itulah kali pertama kami mengibarkan bendera Luwes BC, bahkan mengenakan seragam untuk kali pertama di depan publik. Akhirnya, kita sepakati 21 April 2013 merupakan hari kelahiran Luwes BC,” ujar Ketua Luwes BC, Om Benny Luwes, dalam percakapannya dengan Om Kicau.

Minggu, 19 April lalu, atau dua tahun kemudian, sejumlah personel Luwes BC kembali ikut berkiprah dalam even Papburi-KLI Klaten di tempat yang sama, Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Klaten. Jadi, keikutsertaan kali ini sekaligus sebagai perayaan ulang tahun kedua Luwes BC.

Personel Luwes BC
Personel Luwes BC foto bareng H Sigit WMP dalam kontes Papburi-KLI Klaten, Minggu (19/4).

Saat awal berkiprah, sebagian personel Luwes BC relatif masih lugu. Tetapi ada juga beberapa jagoan yang langsung nyantol di papan atas, misalnya Kungfu Panda milik Om Londo Sastro.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Seiring dengan perjalanan waktu, Luwes BC makin disegani dan diperhitungkan dalam berbagai even terutama di Blok Tengah. Bahkan sejumlah even organizer (EO), khususnya di area Solo Raya, sangat berharap bisa didukung Luwes BC. Maklum, sekali datang, Luwes BC bisa memesan 30 lembar tiket, hampir semuanya di kelas lovebird.

Om Londo Sastro dan Om Benny
Om Benny Luwes (kanan) dan Om Londo Sastro.

Dulu, Luwes BC memang identik dengan lovebird. Sebab hampir semua personelnya adalah pelomba dan penangkar lovebird trah juara. Belakangan, komunitas ini moncer pula pada kelas non-lovebird, mulai dari kenari, cucak hijau, murai batu, anis merah, hingga cendet.

Eko LMS dan lovebird Rose
Om Eko LMS bersama lovebird Rose usai menjuarai Piala Raja 2014.

Om Eko LMS, misalnya, merupakan breeder dan pengorbit kenari jawara. Meski demikian, dia juga tetap mengelola breeding lovebirdnya. Gaco andalannya, lovebird Rose, sukses menjuarai Piala Raja 2014 di Candi Prambanan.

Om Nanang Kris juga memiliki sejumlah lovebird hebat, seperti DJ Mustika dan DJ Khrisna. Tetapi dia juga memiliki sejumlah jagoan di kelas murai batu, cucak hijau, dan anis merah.

Om Nanang Kris (Luwes BC)
Om Nanang Kris punya gaco lovebird, murai, anis merah, dan cucak hijau.

Bahkan Om Rudy NRS, yang bergabung belakangan, lebih sering menurunkan gaco-gaconya di kelas kenari, cucak hijau, dan cendet. Sudah banyak trofi dan piagam kemenangan yang dikoleksinya bersama Luwes BC.

Om Rudy NRS dan kenari Venus
Om Rudy NRS bersama kenari Venus.

Namun julukan sebagai spesialis lovebird memang tidak keliru. Banyak jagoan dari “dapur” Luwes BC yang tersebar di berbagai daerah dan menjadi jawara. Di Solo Raya, sejumlah gaco Luwes BC merajai berbagai ajang lomba, mulai dari latpres, even reguler lokal, hingga even akbar.

Sebagian gaco tersebut merupakan anakan lovebird yang dihasilkan para breeder anggota Luwes BC. Sebagian lagi hasil memantau di lapangan, kemudian diorbitkan di lapangan atau disiapkan sebagai indukan.

Luwes BC
Luwes BC menyabet dua gelar juara 1 dalam even akbar Valentine Day di Jogja (15/2).

Meski baru dua tahun berkiprah, Luwes BC sudah banyak memberi arti dalam setiap even. Pasalnya, para personelnya tak melulu memburu gelar juara. Mereka hanya ingin berkiprah secara wajar, apa adanya.

“Lomba itu bisa menang dan bisa juga kalah. Sepanjang berjalan fairplay dan tanpa merugikan pihak lain, kita akan mengakui keunggulan lawan, saling menghormati, dan yang terpenting dapat menjaga tali silaturahmi,” tandas Om Benny Luwes. (Waca)

Selamat ultah, Luwes BC.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. Om saya baru dapat lovebird umur kira2 2-3bulan ngekek antara 7-10detik. Apa panjang ngekeknya masih bisa di tingkatkan..? Apa umbaran bagi lovebird muda itu wajib..?

    • Sudah cukup panjang, Om, tinggal ditempel lovebird ngekek panjang / audio LB ngekek panjang, untuk meningkatkan durasinya. Soal umbaran, selalu ada pro dan kontra, jadi bukan hal yang wajib.

Komentar ditutup.