Audio kicauan poksai hongkong untuk masteran dan pancingan

Poksai hongkong / black-throated laughingthrush (Garrulax chinensis) pernah menjadi salah satu burung kicauan yang legendaris di kalangan kicaumania Indonesia. Bahkan bertahun-tahun lamanya, burung impor dari China ini mendominasi pasar burung di sejumlah daerah. Selain mudah dirawat, poksai hongkong juga mudah dipancing agar rajin berbunyi. 

Audio kicauan poksai hongkong untuk masteran dan memancing bunyi
Audio kicauan poksai hongkong untuk masteran dan memancing bunyi

Sempat “menghilang” dari pasaran, terutama sejak munculnya wabah SARS (sindrom sistem pernafasan akut) di China pada tahun 2003, poksai hongkong kini mudah dijumpai lagi di sejumlah pasar burung di Indonesia, terutama di kota-kota besar.

Burung poksay
Koleksi poksai hongkong di Trisakti BF Jakarta.

Burung dari keluarga Leiothrichidae ini mempunyai performa suara dan gaya menari yang unik. Yang membedakan poksai hongkong dengan jenis / spesies poksai yang umum ditemukan di Indonesia adalah suaranya mengalun lebih merdu.

Poksai hongkong sejatinya kurang memiliki kemampuan mimikri atau meniru suara kicauan jenis burung lainnya. Meski demikian, lagu-lagu yang dimilikinya cukup bervariasi. Selain itu, kita bisa membuat alunan suaranya menjadi lebih bervariasi dengan melakukan pemasteran menggunakan suara burung sejenis.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Alternatif lain, Anda bisa memanfaatkan audio kicauan poksai hongkong untuk masteran maupun sebagai pancingan agar lebih rajin berkicau.

Raja Fauna - poksay muda
Poksai hongkong bakalan di Raja Fauna Jakarta.

Memelihara poksai hongkong memang tidak terlalu merepotkan. Burung ini relatif mampu bertahan dalam segala kondisi cuaca. Bahkan dalam perawatannya tidak terlalu memerlukan setingan EF agar rajin bunyi. Cukup dengan perawatan sederhana pun, poksai hongkong akan tetap berkicau.

Berikut ini beberapa audio kicauan burung poksai hongkong yang bisa digunakan untuk masteran agar lagu-lagunya lebih bervariasi, atau bisa juga sebagai pancingan agar burung makin rajin berbunyi.

  • Suara kicauan burung poksai hongkong variasi 1
  • Suara kicauan burung poksai hongkong variasi 2
  • Suara kicauan burung poksai hongkong variasi 3
  • Suara kicauan burung poksai hongkong variasi 4

Unduh semua audionya di sini

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.