Tangkringan khusus bikin lovebird Yuki stabil di jalur juara

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Lovebird Yuki milik Om Kunik dari RBC Curug (Depok) saat ini menjadi buah bibir di kawasan Jabodetabek. Pasalnya lovebird Yuki mengikuti lomba dalam tiga hari berturut-turut dan meraih sembilan kali juara 1.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Lovebird Yuki
Lovebird Yuki terus menuai prestasi.

Padahal perawatan lovebird Yuki sangat sederhana, bahkan tanpa menggunakan pakan tambahan (EF) sayuran. Pakannya pun menggunakan produk yang dijual bebas di pasaran.

Yang berbeda adalah model dan posisi tenggeran / tangkringan. Ya, Yuki memang menggunakan tangkringan khusus, untuk menyesuaikan dengan kebiasaannya selama ini.

Kalau narik dan ngekek panjang, Yuki lebih sering memilih posisi di bagian pinggir tangkringan sambil menggigit jeruji. “Posisi kaki tetap menginjak tangkringan. Hanya paruhnya yang nempel pada jeruji,” kata Om Kunik.

Jika diberi tangkringan biasa, burung berpotensi ngeruji sehingga jelas mengurangi penilaiannya di arena lomba. Karena itu, Om Kunik memberi dua tangkringan khusus di samping tangkringan utamanya.

Panjang setiap tangkringan khusus hanya 10 cm. Bagian pangkalnya agak melebar, tetapi bagian ujungnya menyatu dengan tangkringan utama, sehingga membentuk segitiga. Coba perhatikan gambar di bawah ini:

tangkringan khusus lovebird Yuki
Dua tangkringan pendek dan satu tangkringan utama membentuk segitiga.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Dengan cara begitu, lovebird merasa lebih nyaman saat menginjakkan kakinya, baik di tenggeran utama maupun tenggeran khusus, terutama ketika sedang bunyi. Yuki akan narik panjang sambil menempelkan paruhnya di antara jeruji-jeruji di dekatnya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Penjemuran pun hanya sebentar, tidak lebih dari 15 menit. Selanjutnya mandi dengan disemprot hingga basah kuyub, lalu dianginkan. Habis itu diistirahatkan dan dikerodong.

Lovebird Yuki baru 1,5 bulan di tangan Om Kunik. Sebelumnya, burung ini milik Om Nur Jaksa (VMC). Om Kunik meminangnya saat Yuki meraih hattrick dalam even Happy Sunday Fiesta – PBI DKI di Jakarta Selatan (29/3).

Sejak itu, Yuki terus berprestasi. Setelah meraih double winner di Matoa Enterprise, Jumat (1/5), Yuki juga nyeri juara 1 dalam Latpres 201 Ronggolawi di Cibubur, Sabtu (2/5) siang. Sore hari di hari yang sama, Yuki meraih juara 1di U2 Enteprise.

Selanjutnya, Yuki mengikuti even Ramayana Ronggolawe di Bogor, Minggu (3/5), dan berhasil menjuarai empat kelas alias meraih kemenangan quatrick. “Sejak Jumat hingga Minggu berturut-turut juara pertama sebanyak sembilan kali,” jelas Om Kunik.

Om Kunik
Om Kunik, pemilik lovebird Yuki.

Yang terbaru, Yuki meraih juara 1 dan 2 dalam gelaran Independen Enterprise di Lapangan KIR Cipedak, Jakarta Selatan, Kamis (7/5).

Selama 1,5 bulan di tangan Om Kunik, lovebird Yuki sudah meraih 25 gelar juara 1. Sehari-hari burung ini ditangani dua mekaniknya, yaitu Om Komeng dan Om Buluk, dan selalu ditampilkan sejak Jumat hingga Minggu. (d’one)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.