Kacer Reok nyaris hattrick di Kepahiang Cup III

Kacer Reok milik Om Dani Rose tampil gemilang dalam lomba burung berkicau Kepahiang Cup III di lapangan belakang Puncak Mall, KabupatenKepahiang, Provinsi Bengkulu, Minggu (17/5). Kacer Reok berhasil nyeri juara 1, bahkan nyaris hattrick dalam lomba yang digelar Bupati Kepahiang Dr Drs H Bando Amin C Kader MM itu.

Kepahiang Cup III - kelas kacer
Suasana kelas kacer dalam even Kepahiang Cup III, Minggu (17/5) | Foto: Harian Rakyat Bengkulu

Menurut Om Dani Rose, ini merupakan penampilan perdana kacer Reok setelah rampung mabung. “Reok mabung sejak Januari lalu,” ujarnya.

Even terakhir yang diikutinya sebelum mabung adalah Launching Stady Cup di Kota Jambi (11/1), dan meraih juara ketiga di Kelas Bintang. Setelah itu kacer Reok mabung dan baru selesai awal bulan ini. Dikondisikan sebentar, burung langsung diturunkan di Kepahiang Cup 3.

Kacer Reok
Kacer Reok juara 1, 1, dan 2.

Hebatnya, pada penampilan perdana pascamabung, Reok langsung menjuarai Kelas Buah Naga serta Kelas Sahabat Bando, serta juara 2 Kelas Sengon A.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selain memiliki postur tubuh proporsional, kata Om Dani Rose, kacer Reok memiliki ciri khusus, yaitu kualitas suaranya yang dahsyat, dengan tekanan dan tembakan burung cililin, rambatan, mantenan, “kolibri” ninja, jalak papua, cucak jenggot, kapas tembak. Suara kenariannya juga panjang pada akhir tonjolannya yang tajam-tajam.

“Sayapnya bergetar, tetapi tetap nagen sambil menatap setiap juri yang mendekatinya saat memberi penilaian,” jelas Om Dani Rose.

Saat kacer Reok mabung, Om Dani mencabut pakan voer dan diganti full kroto. Setelah tumbuh bulu jarum, pakan voer kembali diberikan. Porsi jangrik 3 ekor pagi hari dan 3 ekor sore hari.

Om Dani juga menggunakan kandang umbaran untuk Reok, tetapi hanya digunakan dua kali dalam seminggu, yaitu setiap hari Senin dan Rabu. Selebihnya, Reok disimpan dalam kandang hariannya.

( Lihat juga Perawatan kacer Reok )

Om Dani Rose
Om Dani Rose (kanan) bersama Om Genta Ronalta, rekan kicaumania asal Jambi.

Belakangan ini, Om Dani mulai kepincut jenis burung lainnya. Kini dia mengoleksi lovebird Inova yang cukup prospektif. Inova juga dibawanya ke Kepahiang Cup 3, dan meraih juara 2 Kelas Sengon A.

“Saat berlomba di Kepahiang, saya juga membawa kenari Raja Goyang kepunyaan Om Tole (mereka sama-sama anggota Jangkar SF). Raja Goyang juga berprestasi, juara ketiga di Kelas Sahabat Bando,” tambah Om Dani.

Penyedia burung prospek dan burung master

Selain aktif ke arena lomba, Om Dani Rose dikenal pula sebagai penyedia burung-burung prospek. Ia kerap hunting ke berbagai daerah untuk mencari burung-burung berkualitas. Burung master seperti cililin, tengkek buto, dan serindit pun belakangan banyak diminati.

Bahkan dia memiliki sejumlah rekan yang menjadi kiermaster di berbagai daerah, mulai dari Jambi, Lampung, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Solo, hingga Bali.

“Salah satu hal yang menyenangkan dalam menekuni hobi dunia burung kicauan adalah mempunyai banyak teman di berbagai daerah. Kalau hunting burung prospek pun sering bersama kawan-kawan. Lebih ramai, ada kebersamaan, dan terus menjalin silaturahmi,” kata Om Dani.

Om Dani Rose
Om Dani Rose juga penyedia aneka burung prosek.

Jika ingin berkomunikasi dengan Om Dani Rose, baik mengenai perawatan burung kicauan maupun soal burung-burung prospek orbitannya, kontak saja beliau di nomor HP 0812 7330 233/ PIN BB 543409dd. (Kelana Lana)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.