Kenari Nagasari menjadi guru vokal di JrC BF: Tonton juga videonya!

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Selain piawai mengorbitkan kenari jawara, Om Eka Juhrian juga menekuni breeding kenari dengan mengibarkan bendera JrC Bird Fam (BF). Produknya laris-manis dan selalu ditunggu para pelanggannya. Bahkan sebagian besar pemain papan atas di Blok Barat kerap mampir ke farmnya.

Apa sih rahasianya sehingga produk kenari keluaran JrC Bird Farm sangat diminati pembeli dan pelanggannya? Banyak faktor yang mempengaruhinya, antara lain karena materi indukan yang berkualitas, dan sebagian besar merupakan kenari-kenari yang pernah menjuarai lomba.

breeding kenari JrC Bird Farm
Om Eka Juhrian sedang menyeleksi anakan kenari unggulan.

Proses pemasteran menggunakan kenari-kenari jawara juga turut menentukan kualitas anakan kenari produksi JrC BF. Selama ini, Om Eka memaster anakan-anakan kenari sejak dini, dan menggunakan kenari Nagasari sebagai guru vokal di JrC BF.

Asal tahu saja, kenari Nagasari merupakan juara umum dalam Liga BnR Jabodetabek 2013 – 2014. Ini merupakan serial lomba burung berkicau, di mana poin dihitung sejak seri pertama hingga seri kelima atau seri terakhir.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Nagasari mengumpulkan poin terbanyak sehingga meraih gelar juara umum kelas kenari atau bisa dikatakan sebagai kenari terbaik dalam perhelatan akbar tersebut.

Begitu seri terakhir rampung (11 Mei 2014), kenari Nagasari langsung pensiun dari lapangan, untuk dijadikan materi indukan pilihan di kandang JrC BF. Sudah lima tahun kenari jenis F2 ini aktif dilombakan, dan sudah banyak prestasi yang diraihnya.

Menurut pengakuan Om Eka Juhrian, salah satu kunci keberhasilan kenari Nagasari selama 5 tahun berlomba adalah penggunaan produk Om Kicau, terutama BirdFood dan BirdVit. Tak hanya Nagasari, sebagian besar gaconya juga rutin menggunakan produk Om Kicau.

( lihat juga Berkat BirdFood, kenari Nagasari Om Eka moncer di lomba BnR )

JrC Bird Farm - kenari Nagasari
Kenari Nagasari, pejantan unggul sekaligus guru vokal bagi anakan kenari di JrC BF Halim.

Selain menjadi guru vokal bagi anakan kenari di kandang JrC BF, kenari Nagasari sampai kini tetap menjalankan tugas-tugas reproduksinya, yaitu mengawini betina untuk menghasilkan anakan-anakan trah juara. Itu sebabnya, produk kenari di kandang ternak Om Eka Juhrian selalu laris-manis.

Tapi Om Eka tak mau berpuas diri. Secara bertahap, dia menambah materi indukan, terutama dengan memasukkan indukan baru yang lebih berkualitas.

“JrC sedang menata materi indukan baru. Sekarang saya juga menggunakan indukan jantan yorkshire (YS) yang pernah menjuarai lomba,” kata Om Eka.

Salah satu kenari YS yang digunakan sebagai indukan adalah Perompak. Hebatnya, burung ini juga masih aktif dilombakan. Bahkan kenari Perompak baru saja menjuarai even Road to Fatimah Cup di Bogor, 10 Mei 2015.

Breeding kenari JrC Bird Farm - Kenari Perompak
Perompak: Kenari YS yang masih aktif berlomba, sekaligus materi induk jantan di JrC BF.

Masih ada lagi beberapa YS jawara yang masih aktif di lapangan tapi juga digunakan sebagai pejantan tangguh di kandang JrC BF, misalnya Gambate, Napoleon, Megatron, dan lain-lain.

Kenari-kenari inilah yang kerap mengharumkan nama Owen SF sehingga menjadi langganan juara umum single fighter. Dalam even Pangkolinlamil Cup 2 di Jakarta, Minggu (17/5), Owen SF juga menjadi juara umum.

Dengan materi sejumlah YS jawara, JrC BF kini mampu menghasilkan anakan kenari jenis F1YS, F2YS, F3YS, serta YS lokal. Belakangan ini, sejak kenari TC1 milik Om Eka dan Om Andy Owen mendominasi kejuaraan di Blok Barat, JrC BF justru memperbanyak anakan kenari kecil jenis AF.

Boleh jadi, JrC Bird Farm ingin mencetak “duplikat-duplikat” TC1 yang juga termasuk kenari kecil jenis AF. Burung ini merupakan hasil persilangan antara kenari lokal dan scoth fancy, namun bukan merupakan hasil breeding JrC.

“Sekarang saya memang lebih sering mencetak kenari jenis AF, karena permintaan mengalir deras. Selain itu, supaya pembeli punya banyak pilihan, ada AF, ada F1, F2, F3, YS lokal, dan lain-lain,” tambah Om Eka.

Semua produk kenari JrC sudah menjalani proses pemasteran dua tahap. Pertama, pemasteran ketika anakan masih diasuh induknya. Saat itu piyik-piyik sudah diperdengarkan suara kenari Nagasari.

JrC Bird Farm
Sejak masih di sarang induknya, anakan kenari sudah menjalani proses pemasteran.

“Lagu dan irama kenari standar yang dibawakan Nagasari mempunyai cengkok mewah serta panjang-panjang. Makanya Nagasari sengaja dijadikan burung master untuk semua anakan kenari produk JrC,” jelas Om Eka lagi.

( Video dan audio kenari Nagasari bisa dilihat dan diunduh di sini )

Kedua, pemasteran dilakukan ketika anakan sudah bisa makan sendiri dan ditempatkan dalam ruangan khusus pemasteran. Di ruangan ini pun, mereka tetap dimaster dengan menggunakan suara kenari Nagasari.

Breeding kenari JrC BF - Pemasteran anakan kenari
Jika sudah bisa makan sendiri, anakan kenari dipisahkan di ruang khusus untuk dimaster.

Hasilnya, kenari produk JrC yang sudah memiliki materi lagu Nagasari sangat diminati para kenarimania, khususnya kalangan pemain lomba. (d’one)

Om Eka Juhrian
Om Eka bersama sejumlah induk kenari YS jantan .

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.