Krokot, tanaman liar yang makin dicari kenarimania

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Bagi sebagian orang, krokot mungkin dianggap sebagai tanaman biasa. Tanaman ini bisa tumbuh di mana saja, malah sering dianggap sebagai gulma bagi tanaman lainnya. Tapi bagi kalangan kenarimania, tanaman krokot kini justru makin dicari untuk dijadikan pakan tambahan bagi burung piaraannya. Daun krokot diyakini dapat membuat suara kicauan burung kenari lebih jernih, bahkan bisa menambah panjang durasi suaranya.

Daun krokot yang banyak digunakan kenari mania
Daun krokot diyakini bisa membuat jernih dan panjang suara kenari.

Krokot termasuk jenis tanaman liar yang bisa tumbuh di berbagai tempat dan habitat. Tumbuhan ini terdiri dari 40-100 spesies yang ditemukan di daerah tropis. Salah satu jenis krokot yang paling dikenal adalah Portulaca oleracea.

Di Indonesia, jenis krokot itu memiliki banyak nama alias, tergantung dari daerah masing-masing. Penduduk Sunda dan Sumatera menyebutnya tanaman gelang, atau gelang biasa. Adapun penduduk di Ternate menamakannya jalu-jalu tiki.

Tanaman ini sejak dulu sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat bagi manusia, dan bisa menjaga kebugaran kita. Cara penyajiannya bervariasi, seperti direbus dalam air sampai mendidih dan diminum airnya, dijadikan sayuran / lalapan, bahkan ada juga yang dicampur dengan salad.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Daun krokot
Daun krokot dicampur dengan salad | Foto: Wikipedia

Krokot merupakan tanaman terna semak yang memiliki batang beruas dan berwarna merah kecokelatan. Daunnya bersifat tunggal, berwarna hijau, berbentuk bulat telur.

Ujung dan pangkal daunnya tumpul, sedangkan bagian tepi daun rata dan berdaging, dengan panjang sekitar 1-3 cm dan lebar 1-2 cm. Bunganya bersifat majemuk dan terletak pada ujung cabang.

Tanaman krokot memiliki kelopak bunga yang bewarna hijau, bertajuk, dan bersayap. Mahkota bunga berbentuk jantung, dan memiliki 3-5 kepala putik bewarna putih dan kuning. Buahnya berbentuk kotak, berrwarna hijau, dan memiliki biji yang banyak. Bijinya bulat, kecil, mengkilap, dan berwarna hitam.

Tanaman krokot memiliki akar tunggang, sehingga bisa diperbanyak melalui stek batang atau bisa juga melalui biji. Perawatannya relatif mudah, cukup disiram air secara rutin untuk menjaga kelembaban tanah dan berikan pupuk organik agar tanaman menjadi subur.

Tanaman krokot dalam pot
Tanaman krokot dalam pot: Mudah sekali perawatannya | Foto: Wikipedia

Kini makin dicari para kenarimania

Belakangan ini, tanaman krokot juga makin dicari kalangan kenarimania. Banyak di antara mereka yang meyakini bahwa kenari yang rutin mengkonsumsi tanaman ini akan memiliki suara lebih jernih, dengan durasi kicauan lebih panjang. Alhasil, banyak kicaumania di beberapa daerah yang berburu daun mujarab tersebut.

Daun krokot kaya akan Omega-3. Selain itu, dalam 100 gram daun krokot segar terkandung sedikitnya 225-300 mg asam linolenat. Secangkir daun krokot yang sudah direbus mengandung 90 mg kalsium, 560 mg kalium, 2000 IU vitamin A, berbagai jenis asam amino yang baik untuk kesehatan, serta aneka jenis mineral.

Para penggemar kenari memberikan daun krokot kepada kenarinya melalui beberapa cara. Antara lain dengan cara membersihkan daun dan batangnya, lantas menggantungnya pada sela-sela jeruji sangkar.

Ada juga yang mengolahnya terlebih dulu menjadi tepung krokot. Caranya, daun krokot dikeringkan di bawah terik matahari sampai benar-benar kering, kemudian menggilingnya dengan blender.

Tetapi sejauh ini hasilnya cukup bervariasi. Ada kenarimania yang mengaku sukses dengan terapi daun krokot. Ada juga kenarimania yang mengaku belum ada perubahan nyata pada performa suara burungnya, kendati sudah diberi daun krokot.

Tanaman krokot
Tanaman krokot atau tanaman gelang / gelang biasa / jalu-jalu tiki | Foto: Wikipedia

Bagaimanapun, pemberian daun krokot tetap harus dibarengi dengan perawatan rutin lainnya, terutama pemberian extra fooding (EF) seperti telur puyuh rebus, buah, sayuran hijau, dan biji-bijian berkualitas. Perawatan lain seperti mandi dan penjemuran juga harus dilakukan secara rutin.

Jadi, pemberian daun krokot jangan sampai melupakan aspek perawatan lainnya. Selain itu, agar hasilnya bisa lebih maksimal, jangan lupakan pula aneka vitamin yang sangat diperlukan bagi burung kicauan. Pemberian multivitamin seperti BirdVit, misalnya, sangat bagus untuk menjaga kondisi burung kenari Anda, sekaligus membantunya rajin bunyi.

Baca juga : Manfaat daun mengkudu untuk burung dan unggas lainnya

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.