Tips Om Benny LWS memoles lovebird umur 3 bulan agar fight di lapangan

Om Benny LWS bukan hanya dikenal sebagai pemain lovebird. Ketua Luwes BC ini juga sukses dalam breeding lovebird dengan mengibarkan bendera LWS Bird Farm (BF) Solo, sekaligus piawai memoles lovebird muda (umur 3 – 3,5 bulan) agar fight di lapangan.

Selama ini ada dua pendapat mengenai kapan waktu yang tepat untuk menurunkan anakan lovebird di lapangan. Pendapat pertama, sebaiknya lovebird baru dilombakan jika sudah berumur minimal 6,5 bulan. Hal ini antara lain diamini Om Anto 999, pemain senior yang juga pemilik Ananta BF Sragen.

( lihat juga Umur ideal untuk melombakan lovebird )

Pendapat kedua, lovebird umur 3 bulan atau 3,5 bulan sudah bisa diturunkan dalam lomba, terlebih kalau sebelumnya sudah diberi perawatan dan pelatihan khusus sehingga bisa fight di lapangan. Hal ini sudah diterapkan Om Benny LWS dan beberapa personel Luwes BC.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Beberapa pemain juga menuai sukses dalam kontes besar bersama lovebird mudanya. Misalnya Om Dwi Wahyudi, pemilik breeding lovebird DT Bird Farm (Griya Taman Asri Blok D 301 Sleman), tatkala mengantar lovebird Kirana yang baru berumur 6 bulan meraih juara 2 di Piala Raja 2013.

( lihat juga Lovebird Kirana, cicit Golden Boy yang fenomenal )

Kita tidak bisa menyimpulkan pendapat mana yang lebih benar, sebab pendapat pertama dan kedua sama-sama disertai contoh nyata.

Om Benny LWS juga telah membuktikan beberapa lovebird hasil polesannya yang baru berumur 3 bulan atau 3,5 bulan sudah mampu berprestasi di lapangan, baik yang masih di tangannya maupun sudah dibeli koleganya.

Benny Luwes
Om Benny LWS piawai memoles lovebird muda.

Saat ini, Om Benny juga sedang mengorbitkan Denox Jr , Zaskia Jr , dan Ino Jr yang masih berumur 3 bulan. Yang paling fenomenal adalah lovebird Naomi (Luwes Jr nomor 030) yang menetas tanggal 13 Maret 2015, yang kini diboyong Om Ervan dari Mekar Jaya SF.

Dalam Latpres P4B2 Spesial di Bojonegoro, 10 Juni 2015, atau ketika umurnya belum genap 3 bulan, lovebird Naomi meraih juara 1 dan 2. Minggu (21/6) lalu, di tempat yang sama, Naomi kembali juara pertama dan juara 4.

Lovebird Naomi
Lovebird Naomi nyaris nyeri ketika umurnya hampir 3 bulan.

Meski sudah di tangannya, Om Ervan tak segan-segan berkonsultasi dengan Om Benny LWS tentang cara merawat maupun setting lomba untuk lovebird Naomi.

“Awalnya saya ragu membawa Naomi ke lapangan, karena umurnya masih sangat belia. Om Benny lalu menyarankan saya untuk mengenalkan Naomi terhadap suasana lomba, sekaligus untuk melihat sejauhmana mental figther yang dimiliki lovebird muda ini. Tak disangka, Naomi malah meraih juara pertama dan kedua,” kata Om Ervan.

Om Ervan dan lovebird Naomi
Om Ervan bersama lovebird Naomi.

Menurut Om Benny, tidak ada salahnya mencoba anakan lovebird yang telah berumur 3 bulan. Yang  penting, burung bisa diperkenalkan sejak dini terhadap suasana lapangan, sehingga dapat mengetes mentalnya.

“Sebab suasana di lapangan dan di rumah itu sangat berbeda. Hal ini sekaligus untuk mempercepat lovebird muda beradaptasi terhadap lingkungan atau suasana lomba. Ibaratnya, lovebird muda perlu ditraining dulu dalam even-even sekelas latber. Kalau mau bunyi saja itu sudah bagus. Syukur-syukur bisa juara,” kata Om Benny.

Piagam LB Naomi
Piagam kemenangan LB Naomi.

Apabila performanya dari latber ke latber stabil, atau malah meningkat, lovevird bisa dibawa ke even yang levelnya lebih tinggi, seperti latpres, lomba lokal, dan seterusnya.

Dari arena latihan ini akan terlihat, apakah lovebird muda memiliki sifat figther dan tidak. Jika punya semangat berlomba, dia akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya sesuai dengan umurnya.

“Lovebird muda berbakat yang baru berumur tiga bulan biasanya memiliki durasi ngekek 10 sampai 15 detik. Kalau mentalnya bagus, tentu durasi itu bisa dipertahankannya di lapangan. Lovebird muda yang mentalnya bagus juga rajin bunyi,” jelas Om Benny.

Lovebird Naomi
Lovebird Naomi ketika masih berumur 2,5 bulan.

Apabila rajin bunyi dengan durasi ngekek 10-15 detik, tambah Om Benny, lovebird bisa memperoleh nominasi sehingga layak koncer. Nilainya lebih bagus daripada lawannya yang bunyi ngekek panjang, tetapi hanya bunyi sekali atau dua kali saja (kurang aktif bunyi).

Bagaimana cara Om Benny LWS memoles lovebird mudanya agar fight di lapangan? Klik saja tautan di bawah ini:

Tips memoles lovebird umur 3 bulan agar fight di lapangan

Om Benny / LWS Bird Farm

HP 0812 2630 4050 || Pin BB 54305513

Alamat: Jalan Brigjen Katamso No 70 Mojosongo, Surakarta

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.