Tips perawatan murai air agar rajin bunyi dan josss untuk masteran

Penampilannya yang kurang menarik membuat burung murai air tak begitu popular di kalangan kicaumania. Meski demikian, jika dirawat dengan baik, murai air dapat menjadi burung yang rajin bunyi, dengan suara semburan yang tajam dan khas, serta cocok dijadikan burung master bagi murai batu, kacer, dan burung kicauan lainnya.

Tips perawatan murai air agar lebih rajin bunyi untuk masteran
Tips perawatan murai air agar lebih rajin bunyi untuk masteran

Burung murai air / long-tailed sibia (Heterophasia picaoides) memiliki suara kicauan yang tajam dan rapat. Burung ini memiliki nama lokal di sejumlah daerah, antara lain murai air mancur, murai besi, murai kopi, serta murai cai. Di Malaysia disebut burung rimba ekor panjang atau burung sibia ekor panjang.

Secara fisik, burung murai air mudah dikenali dari warna tubuhnya yang dominan abu-abu, dengan bulu ekor yang panjang. Identifikasi lengkap mengenai burung murai air pernah ditulis Om Kicau di sini.

Berikut ini video murai air yang sudah gacor, yang pernah diunggah Om Mugi di youtube:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ada lagi video murai air koleksi Om Eko Ariyanto. Video ini sengaja ditampilkan untuk melihat sosoknya dari jarak lebih dekat:

Nah, kalau yang ini audio kicauan burung murai air yang sudah gacor, berdurasi panjang (6 menit) dan dapat dimanfaatkan sebagai audio masteran untuk burung murai batu, kacer, dan jenis burung kicauan lainnya.

Video dan audio burung murai air bisa diunduh di sini

Untuk mendapatkan burung murai air yang rajin berbunyi, tentu ada beberapa perlakuan khusus. Berikut ini tips perawatan murai air agar rajin bunyi dan josss untuk masteran.

  • Murai air adalah burung pemakan serangga. Karena itulah, dalam perawatan hariannya, berikan extra fooding (EF) / pakan tambahan seperti kroto segar yang bersih dan tidak berbau. Pakan ini diberikan rutin setiap hari, terutama pada pagi hari, untuk memancing murai air agar rajin berbunyi.
  • EF lain yang patut diberikan adalah jangkrik, karena juga bisa merangsang murai air lebih rajin berbunyi. Porsi jangkrik 4 ekor pada pagi dan sore hari.
  • Murai air di alam liar gemar mandi. Karena itu, untuk merangsang agar rajin berbunyi, usahakan burung bisa mandi 2-3 kali sehari.
  • Penjemuran jangan dilakukan terlalu lama, sebab murai air sangat rentan stres jika terpapar panas matahari dalam waktu cukup lama. Durasi penjemuran idealnya 45 – 60 menit, yang bisa dilakukan pada pagi hari atau sore hari, atau setelah burung dimandikan.

Itulah beberapa tips khusus agar burung murai air lebih rajin bunyi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai masteran bagi burung kesayangan Anda.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.