Paguyuban Kenari Pati (PKP): Dari perawatan, breeding, hingga mencetak kenari berkualitas

Paguyuban Kenari Pati (PKP) boleh dibilang bukan komunitas kenari biasa. Paguyuban yang mempunyai 25 anggota tetao ini kerap mengadakan kopi darat (kopdar), membahas perawatan kenari lomba, ternak / breeding kenari, hingga mencetak kenari berkualitas dengan klasifikasi kenari postur, kenari lomba / suara, dan kenari hibrida / mule.

Komunitas ini resmi berdiri pada akhir tahun 2013. Awalnya sejumlah kenarimania di wilayah Kabupaten Pati kerap nongkrong bareng, terutama sharing perawatan kenari lomba. Kenarimania yang terlibat saat itu antara lain Mas Java, Om Fadiwa, Om Boy (Mul) Canary, Om Tyok Kabe, dan Fian Mindut.

Mereka kemudian mematangkan ide pembentukan perkumpulan penggemar kenari di wilayah Pati, dan akhirnya sepakat mendirikan Paguyuban Kenari Pati (PKP). “Saat ini PKP memiliki 25 anggota tetap yang dilengkapi nomor register PKP. Sekretariat berlokasi di Kota Pati,” kata Humas PKP, Om Win Uplik.

Kopi darat KPK
Kopi darat (kopdar) KPK rutin digelar dua bulan sekali.

Setiap dua bulan sekali, mereka mengadakan rapat anggota yang sering disebut kopdar. Suasana kopdar dibikin serileks mungkin, meski topik yang dibahas cukup berat, terutama bagaimana mencetak kenari berkualitas. Materi lain yang kerap dibahas adalah teknis dan perawatan kenari lomba.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selain kopdar dwibulanan, PKP juga rutin mengadakan latihan bersama seminggu sekali. Tujuannya agar setiap anggota bisa menguji hasil perawatan kenarinya, bukan sekadar berdiskusi saja. Mereka juga aktif menghadiri even-even lomba, terutama di wilayah Eks Karesidenan Pati.

Kalau mengikuti lomba, biasanya PKP turun dengan kekuatan penuh. Sebagian membawa gaco-gaco terbaiknya, dan sebagian lagi menjadi suporter setia.

Duta PKP
Duta PKP saat mengikuti kontes Papburi Rembang.

Beberapa gaco terbaik PKP saat ini antara lain Wisanggeni, Basudewo, Tombo Ati, Tengkleng, Kuprit, Clorot, dan Popeye. Kenari Wisanggeni baru saja mencetak double winner dalam Latber Spesial KMS di Jakenan, Pati, Minggu (21/6).

PKP borong dua gelar juara 1 di kelas kenari
PKP meraih dua gelar juara 1 dalam Latber Spesial KMS di Jakenan, Pati, Minggu (21/6).

Sebagian kenari jawara tersebut bahkan sudah memiliki anakan yang juga punya prospek cerah, misalnya Tengkleng Jr, Sliro , Ondo Rante, dan Soponyono.

Gaco-gaco PKP ini kerap meraih prestasi dalam beberapa even, antara lain di Papburi Rembang, Latpres Perkasa Blora, Doplang Blora, ORI Kudus, KMS Jakenan, dan lain-lain.

Duta PKP
PKP saat mengikuti Latpres Dewa BC Rembang.

Adapun untuk breeding, PKP selalu mengedepankan aspek kualitas, kejujuran (termasuk prestasi kenari-kenari hasil breeding), dan rutin melakukan kunjungan ke kandang ternak milik para anggotanya.

Hal ini sangat ampuh dalam membangun rasa kebersamaan dan kekompakan, sekaligus sesuai dengan semboyan PKP yaitu “Berkembang Bersama, Maju Bersama”.

Pasukan PKP
Pasukan PKP saat berpartisipasi dalam Latpres ORI di Kudus.

Ke depan, PKP berharap mampu memotivasi lebih banyak lagi kenarimania di Kabupaten Pati agar mau mengembangkan dunia hobi kenari, baik dalam konteks perawatan burung lomba maupun breeding kenari berkualitas.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.