Biji gandum untuk dongkrak stamina dan mengatasi burung kurus

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung-burung seperti kenari, parkit, dan lovebird termasuk granivora, alias burung pemakan biji-bijian. Di pasaran banyak beredar pakan bijian, baik bermerek maupun tanpa merek. Pakan bijian yang popular di Indonesia misalnya canary seed dan milet. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Biji gandum dan beragam manfaatnya untuk burung peliharaan
Biji gandum sangat bermanfaat untuk burung peliharaan

Sebenarnya masih banyak bijian yang bisa diberikan kepada burung-burung granivora, misalnya biji gandum yang diyakini bisa mendongkrak stamina dan mengatasi burung kurus. Sayangnya, belum banyak kicaumania di Indonesia yang memanfaatkan biji gandung sebagai pakan burung-burung piaraannya.

Biji gandum dikenal juga sebagai tanaman serealia, masih satu suku dengan padi-padian. Kedua bahan pakan itu pun memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda, berbatang kecil dengan daun memanjang. Kelebihan biji gandum antara lain memiliki kandungan serat yang tinggi, serta aneka vitamin esensial yang sangat diperlukan tubuh burung.

Pada burung pemakan bijian, biji gandum bisa saja dijadikan pakan tambahan atau pakan alternatif. Hal ini berguna untuk mengatasi berbagai kekurangan nutrisi tertentu pada pakan bijian utamanya.

Pemberian biji gandum makin dianjurkan, jika burung piaraan Anda sering terlihat malas-malasan. Berikut ini aneka manfaat pemberian biji gandum untuk burung piaraan Anda di rumah:

  • Membantu mengatasi burung yang tubuhnya kurus, baik akibat kekurangan gizi atau organ pencernaan tidak bekerja maksimal.
  • Mampu mmberikan tambahan gizi dan nutrisi yang diperlukan.
  • Mengatasi berbagai masalah yang terkait dengan organ pencernaan burung.
  • Membantu produktivitas burung indukan dalam penangkaran / kandang ternak.
  • Membantu perkembangan anakan burung.
  • Membantu mendongkrak stamina burung peliharaan.

Melihat manfaatnya yang cukup banyak tersebut, biji gandum seharusnya selalu tersedia setiap hari. Penggemar burung di beberapa negara pun kerap menjadikan biji gandum sebagai pakan utama bagi burung-burung pemakan bijian.  Biji gandum juga bisa dijadikan salah satu bahan dalam pembuatan pakan racikan, termasuk eggfood.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Biji gandum sangat berguna untuk burung pemakan bijian seperti kenari, finch, parkit, lovebird, dan beberapa jenis burung paruh bengkok lainnya. Pakan ini bisa diberikan secara langsung dengan cara dicampurkan bersama pakan bijian yang lainnya, atau dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender.

Biji gandum yang sudah dicampurkan bersama pakan biji-bijian lainnya
Biji gandum yang sudah dicampurkan bersama pakan biji-bijian lainnya

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Selain itu, Anda juga bisa memberikannya dengan metode lain. Misalnya dengan cara menyemai biji gandum untuk dijadikan rumput gandum yang merupakan pakan favorit bagi burung pemakan biji-bijian.

Cara ini juga sering dilakukan para kicaumania di mancanegara. Untuk mengetahui cara membuat rumput gandum, silakan buka lagi tulisan dalam tautan di bawah ini:

Rumput gandum pakan bergizi untuk burung peliharaan

Agar mendapatkan hasil yang lebih efektif, pemberian pakan tersebut bisa ditambahi dengan BirdVit agar burung tetap sehat dan terjaga kondisinya.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.