Perawatan harian dan lomba kacer Metalica milik Om Akia Jambi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kalau sebelumnya Om Kicau pernah menampilkan video kacer Metalica milik Om Akia Jambi, kali ini kita kupas perawatan sehari-hari. Seperti diketahui, perawatan kacer Metalica ditangani mekanik andalnya, Om Dedi Pasar.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Penampilan kacer Metalica sejak dua bulan di tangan Om Akia memang menawan. Hampir setiap kontes berhasil dimenanginya, bahkan pernah enam kali beruntun mencetak double winner, terhitung sejak 10 Juni 2015.

Kacer Metalica
Penampilan kacer Metalica di lapangan selalu menawan.

Kabar terbaru, Om Akia Jambi kembali menurunkan kacer Metalica dalam even Minal Aidin wal-Faidzin yang digelar di Lapangan Kadaci (Cuci Mobil Citra Utama), depan SPBU Payo Selincah, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi, Minggu (26/7) kemarin. Hasilnya, kacer Metalica sukses menjuarai Kelas Ceria.

Melihat prestasinya yang stabil selama ini, Om Akia berencana menurunkannya dalam even akbar Royal Cup 2015 di Lapangan Banteng Jakarta, 2 Agustus mendatang.

Selain Metalica, beberapa gaco andalannya di kelas murai batu juga bakal dibawa ke Jakarta. Tetapi Om Akia masih akan melihat dulu jagoan yang paling siap: bisa Happy Birthday (HBD), Asoka, maupun Ucil.

“Soal kalah dan menang itu hal biasa dalam lomba. Yang penting ikut berpartisipasi, bisa ketemu teman-teman kicaumania dari berbagai daerah, sekaligus menambah jam terbang khususnya untuk Metalica,” ujar Om Akia.

Om Akia Jambi
Om Akia (tengah) siap menurunkan Metalica dalam even Royal Cup di Jakarta, Minggu (2/8).

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Banyak kacermania di Jambi yang memprediksi kalau Metalica berpeluang moncer di Royal Cup nanti. Ini terlihat dari berbagai aksinya selama berlomba di Jambi.

Metalica memiliki gaya ngentrok yang mempesona, serta sering teler seperti anis merah, dengan kepala bergerak dinamis ke kiri dan kanan. Tubuhnya terkadang tegak, terkadang ndoyong  ke depan, dengan ekor yang dimekarkan ke bawah.

Bahkan seperti diceritakan Om Dedi Pasar, “Setiap didekati juri, Metatalica malah makin menjadi-jadi. Ia  akan memamerkan ocehannya yang antara lain terdiri atas tembakan burung cililin, lovebird, dan cucak jenggot, yang disuarakannya berulang-ulang”.

Perawatan harian kacer Metalica

Om Akia memuji ketelatenan Om Dedi Pasar dalam merawat dan mengorbitkan kacer Metalica sehingga selalu menjuarai even dalam dua bulan terakhir ini.

Om Dedi Pasar
Om Dedi Pasar (kanan) bersama Om Thole.

Berikut ini tips perawatan harian kacer Metalica yang selama ini diterapkan Om Dedi Pasar.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Setiap pagi, sekitar pukul 08.00, kerodong dibuka. Burung dikeluarkan di teras untuk dianginkan sebentar.
  • Setelah itu, Metalica mandi sepuasnya dalam bak / karamba.
  • Usai mandi langsung dijemur secukupnya, sampai burung terlihat melompat ke jeruji sangkar.
  • Habis jemur dianginkan kembali sekitar 1 jam, setelah itu dikerodong.
  • Siang hari, saat istirahat, Metalica ditempel burung-burung masterannya seperti cililin, lovebird, cucak jenggot, dan lain-lain.
  • Sore hari, kerodong dibuka dan burung dianginkan sejenak.
  • Setelah itu, Metalica kembali mandi dan dijemur.
  • Menjelang petang, burung dikerodong full hingga esok hari, sambil dilakukan pemasteran lagi.
  • Pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa kroto dan jangkrik, yang diberikan setiap pagi dan sore hari.
  • Kroto diberikan secukupnya, saat burung mandi dalam bak / karamba. Adapun porsi jangkrik 3 ekor pada pagi hari dan 3 ekor lagi pada sore hari.

Perawatan kacer Metalica jelang lomba

Perawatan kacer Metalica
Om Dedi Pasar sedang memberi kroto segar kepada kacer Metalica.
  • Perawatan jelang lomba dilakukan pada H-1 atau Sabtu. Pagi hari, sekitar pukul 08.00, burung dianginkan sebentar, kemudian dimandikan dan dijemur seperti perawatan harian.
  • Yang membedakan adalah porsi jangkriknya, di mana pagi hari 5 ekor dan sore hari juga 5 ekor. Kroto tetap diberikan secukupnya.
  • Pada hari lomba (Minggu) diberikan full kroto, 5 ekor jangkrik, ditambah 2 ekor ulat hongkong.
kacer Metalica
Perawatan kacer Metalica relatif simpel.

Dengan perawatan yang relatif simpel seperti ini, kacer Metalica terus memberikan trofi, piagam, serta hadiah uang kepada majikannya. (Kelana Lana)

Bagi yang belum sempat nonton penampilan kacer Metalica di lapangan, berikut ini tayangan videonya:

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.