Halal Bihalal BBC Cirebon: MB Panca berjaya, kacer Gledeg dan kenari Batosay nyeri

Melalui perawatan konsisten, murai batu Panca orbitan Mr Suwanda berjaya di kelas utama Lebaran dalam even Latber Exclusive Halal Bihalal Bursa Burung Cirebon (BBC) di Blok Kemadu Kulon, Desa Kepuh, Kecamatan Palimanan, Cirebon, Minggu (26/7).

Halal Bihalal BBC - Kelas murai batu
Suasana kelas murai batu dalam Halal Bihalal BBC di Cirebon, Minggu (26/7).

Latber berjalan meriah, sukses, dan lancar, serta diikuti sejumlah kicaumania dari berbagai daerah di kawasan timur pantura Jawa Barat. Apalagi ini momentum spesial, sebagai ajang halal bihalal rekan-rekan kicaumania yang selama ini kerap meramaikan gelaran BBC, termasuk BBC II (Banawasa) dan BBC III (Morokejo).

Lima kelas lovebird, seperti biasanya, dipenuhi peserta. Begitu juga murai batu yang dibuka tiga sesi. Kelas utama Lebaran juga melombakan kedua jenis burung tersebut.

Di kelas bergengsi itu, murai batu Panca tampil menawan dan meraih juara pertama. Gaco andalan Om Suwanda dari Plumbon (Cirebon) ini mengungguli beberapa lawan beratnya, terutama Kacung Cilix milik Om Jalu dan Warok koleksi Asep Farm Lover’s (Pastel Cirebon).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Halal Bihalal BBC - Mr Suwanda dkk juara murai Lebaran
Mr Suwanda dkk puas atas kemenangan MB Panca di kelas utama.

“Alhamdulillah, dengan rawatan konsisten selama ini, Panca bisa bikin bangga majikannya. Semoga  Panca selalu tampil  stabil  dalam  even-even berikutnya, baik di Cirebon maupun luar Cirebon,” kata Om Suwanda.

Kacung Cilix juga tampil stabil dan selalu memikat. Selain juara 2 di kelas utama, burung andalan Om Jalu ini sukses menjuarai Kelas New Cakra. Juara 2 dan 3 masing-masing diraih Samson milik Om Jaja (Morokejo) dan Ballack kepunyaan Om Arief ADR (Palimanan). MB Panca berada di urutan kelima.

MB Ballack pun kebagian gelar juara pertama, yaitu di Kelas BBC. Burung ini mengungguli Cepot milik H Rian (Bayem Team) dan Samson.

Halal Bihalal BBC - Kelas kacer
Suasana Halal Bihalal BBC Cirebon di kelas kacer.

Dua kelas kacer dijuarai Gledeg. Gaco anyar orbitan Mr Agung PMC (Cirebon) ini tampil mempesona, dan tak tertandingi lawan-lawannya. Di Kelas New Cakra, kacer Gledeg mengungguli dua lawan yang tangguh, yaitu Sangkuriang milik Om Biho (New RBC Rajagaluh) dan DJ milik Mr Baud (Warulawung).

Halal Bihalal BBC - Mr Agung PMC double winner di kelas kacer
Mr Agung PMC memborong dua gelar juara 1 di kelas kacer.

Kedua kacer ini terus memberi perlawanan terhadap Gledeg. Namun Gledeg tetap tak terkalahkan. DJ berada di posisi kedua, Sangkuriang di urutan keempat. Adapun juara 3 diraih kacer 4.13.5 koleksi Rajawali (Rajagaluh Kidul).

Kelas kenari dibuka tiga sesi, dua di antaranya dimenangi kenari Batosay milik Om Giri dari Variant BC. Batosay terbaik di Kelas New Cakra dan BBC. Kelas Banawasa dijuarai kenari Jhon Marley milik Om Deni (Fact Cirebon).

Halal Bihalal BBC - Kelas kenari
Kelas kenari didominasi Batosay milik Om Giri (Variant BC).
Om Deni, pemilik kenari John Marley
Om Deni: Kenari John Marley terbaik di Kelas Banawasa.

Yang ditunggu-ditunggu para peserta dan penonton di Gantangan BBC tentu saja kelas lovebird. Ya, sebagaimana di daerah lain, lovebird menjadi kelas paling favorit di BBC. Bahkan dalam Halal Bihalal kali ini, panitia membuka lima kelas (biasanya hanya empat kelas). Hebatnya lagi, semua kelas selalu dipenuhi peserta.

Kelas Lebaran dimenangi lovebird Mutiara Hati. Gaco andalan Mr Aripin, seorang guru di Cirebon, ini mengungguli Lorenzo kepunyaan Om Yudi (Batik Lia Trusmi) dan Brenden milik Om Eka (Kemang BC).

Lovebird Arimbi moncer di Kelas New Cakra. Burung orbitan Om Herman / Ahmad DBF (Egas BF) ini tampil sebagai juara pertama, diikuti Neiska milik Om Heri Boomer (Dinamit Team) dan Lorena milik Om Heri Sebastian (Exex Family Rajagaluh).

Halal Bihalal BBC - Kelas lovebird
Kemeriahan lomba di kelas lovebird.

Kalau juara di kelas utama mendapat bonus tebok lovebird, maka juara pertama kelas ini mendapat bonus anakan lovebird dari New Cakra BC.

Kelas BBC dijuarai lovebird Dewix, burung kesayangan Mr Dede Us / Adi Iwik (Kyo SF). Dewix unggul atas Wulan milik Om Andi (Cangkoak) dan Kunti kepunyaan Om Tarsilan dari Tanjung Sari Sumedang.

Penampilan lovebird Wulan makin mengkilap di Kelas Morokejo. Gelar juara pertama pun diraihnya, setelah mengungguli lovebird Dewi Meroke milik Om Ayep (Bobos) dan Ceriwis andalan Om Deden Setiawan ST dari GBC Team.

Prestasi Wulan yang meraih juara 1 dan 2 membuat salah seorang kicaumania kepincut. Usai lomba, dia langsung mendekati Om Andi Cangkoak, dan terjadilah deal. Saat itu juga, Wulan langsung ganti majikan.

Kelas Banawasa dimenangi lovebird Nadien kepunyaan Om Yudi (GBC Team). Atas kemenangannya ini, Om Yudi GBC mendapat bonus anakan lovebird prospek dari ring AR. Juara 2 dan 3 diraih Surti milik Mr Dede Us / Ady Pria dan Liontin milik Bombay (Getasan).

Halal Bihalal BBC - Yudi GBC juara lovebird Banawasa
Om Yudi GBC sukses bersama lovebird Nadien.

Alhasil, lima kelas lovebird dimenangi burung-burung yang berbeda, menandakan persaingan sangat ketat. Hal inilah yang membuat para BBC Lover’s selalu bergairah menurunkan lovebirdnya di Arena BBC.

Panitia yang digawangi Om Ach Khumaedi (ketua BBC) serta Om Achmad Syauqi (ketua pelaksana) mengucapkan terimakasih kepada para BBC Lover’s, New Cakra BC, Egas BF dan Ring AR yang telah berpartisipasi dan mendukung gelaran kali ini.

“Harus diakui, kami bukan yang terbaik, tetapi berusaha berbuat yang terbaik, tentunya untuk sobat-sobat kicaumania. Mohon maaf kalau ada salah kata dan tindakan. Semoga ke depan kami lebih baik lagi. Kami tunggu dalam even-even BBC berikutnya.Salam seduluran,” kata Om Khumaedi.

Halal Bihalal BBC - Kelas ciblek
Kelas ciblek juga makin bergairah di BBC Cirebon.
Halal Bihalal BBC - Mr Randy juara ciblek Banawasa
Om Randy: Ciblek Arjuna nyaris meraih double winner.

Hasil Halal Bihalal BBC Cirebon (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.