Kicaumania Jatim Cup: LB Ngatiyem, Dewa Erlang, dan Ghost Baster double winner

Lomba burung berkicau Kicaumania Jatim Cup yang berlangsung di Gantangan Dewa 99 / Lapangan Medaeng, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Minggu (16/8), mencatat rekor tersendiri. Panitia yang diketuai Om Masno (ketua KM Region Jatim) membuka 15 kelas lovebird, melampaui rekor 12 kelas dalam even KLI Cup III di Lamongan, 17 Mei 2015.

Dengan jumlah kelas yang sangat banyak, beberapa lovebird papan atas sukses menjuarai lebih dari satu kelas. Tercatat ada tiga burung yang meraih double winner, yaitu lovebird Ngatiyem milik Om Erik Dosen (BMW BF Malang), Dewa Erlang kepunyaan Om Aden (Kolomunyeng), serta Ghost Baster andalan Mr Gigon dari Ploso SF.

Didominan kelas lovebird, 15 kelas full peserta
Panitia Kicaumania Jatim Cup membuka 15 kelas lovebird, semuanya full peserta.

Even akbar yang sekaligus ajang silaturahmi kicaumania di Tanah Air ini merupakan hasil kolaborasi antara KM Region Jatim dan Dewa 99 selaku pelaksana. Secara keseluruhan ada 32 kelas, sebagian besar nyaris full gantangan. Beberapa kelas memang sepi peminat, khususnya anis merah dan pleci.

“Peminat kedua kelas ini memang agak kurang, karena jenis burungnya cukup sulit dan menantang, baik dalam perawatan maupun persiapan lomba. Para pelomba lebih memilih burung yang tak sulit dalam perawatannya, serta bisa dioptimalkan di lapangan” ucap Om Masno.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Yang paling menggairahkan memang lovebird. Meski dibuka 15 kelas, semuanya full peserta. Peserta datang dari berbagai komunitas lovebird, seperti LBB Team, CLBK, PLN-S, dan sebagainya.

lovebird Ngatiyem
Lovebird Ngatiyem meraih juara 1, 1, dan 3.

Lovebird Ngatiyem menjuarai kelas utama Kicau Mania. Gaco ini juga memenangi Kelas G Duta KM, mengungguli Ghost Baster yang harus puas di posisi kedua.

Om Kicau sudah pernah mengupas profil lovebird Ngatiyem milik Om Erik Dosen, termasuk mengunggah video dan audionya ( lihat Video lovebird Ngatiyem durasi panjang ).

Om Erik Dosen dan lovebird Ngatiyem
Om Erik Dosen (tengah) kembali moncer bersama lovebird Ngatiyem.

Lovebird Ghost Baster juga kebagian dua trofi juara pertama, yaitu di Kelas L Silaturahmi dan Kelas Best of the Best (BOB). Di Kelas BOB, yang diikuti juara 1-3 di semua kelas regular, Ghost Baster mengungguli LB Dewa Erlang milik Om Aden Kolomunyeng dan Opium milik Om Ferry Yong (Kurnia BF Banjarnegara).

Lovebird Dewa Erlang pun tetap menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu lovebird langganan juara kontes-kontes tingkat nasional. Buktinya, burung ini sukses menjuarai Kelas F Duta KM dan Kelas J Surabaya.

Sembilan ekor lovebird juga kecipratan juara pertama, termasuk dua gaco andalan CLBK Team, yaitu lovebird Rambo milik Om Andre Juanda dan Bayangan PJS kepunyaan Om Agus Triplex.

Tujuh kelas lainnya dimenangi lovebird Topeng (milik Mr Gaguk – Surabaya), Karmila (Eeng Chandra – KW Team Com), Jibaku (Kurnia BF Banjarnegara), Saritem (H Mario / Hans – Andretty BF), Dewo (H Sapan STB – Surabaya), Putri Malam (Oyong / Zams – ALB Malang), dab Pitaloka (Antok Petir – Lawang BC).

Om Ferry Yong
Om Ferry Yong (kiri) foto bareng Om Erik Dosen.

Cucak hijau Messi juga meraih double winner. Burung unggulan milik H Mario Andretty ini terbaik di Kelas C Duta KM dan Kelas D Surabaya.

Messi juga pernah nyeri dalam even akbar Piala Brother SF di Taman Bunga Wiladatika Cibubur, 12 April lalu. Bagi yang belum sempat melihat aksinya, silakan klik tautan di bawah ini:

Video cucak hijau Messi, peraih double winner di Piala Brother SF

Cucak hijau Messi
Cucak hijau Messi makin hari makin berprestasi.

Kelas utama Kicau Mania dimenangi cucak hijau Alex Sandria milik Om Jhon Luansa (Wage BC). Gaco andalan H Sumbu (Gresik), yaitu cucak hijau Cah Kuto, menjuarai Kelas B KM Region Jatim. Kelas BOB dijuarai cucak hijau Utang koleksi Om Kuseri dari Samsat Barat.

Murai batu Killer milik Abah Catur (Deltasari) nyaris nyeri juara pertama. Gaco ini merajai Kelas Kicau Mania, mengungguli MB Samurai koleksi Drs Soeprojo WS (168 Team). Di Kelas B Surabaya, MB Killer menduduki posisi runner-up di bawah murai batu Sifa kepunyaan Om Arpul.

Kelas Murai Batu, salah satu kelas bergengsi KMJ cup 2015
Murai batu menjadi salah satu kelas bergengsi selain lovebird dan cucak hijau.

Sebagaimana murai batu, kacer juga dibuka dua kelas, dan semuanya dijuarai kacer Darmoydho milik Om Pink dari Pasuruan. Kacer Hitler koleksi Om Billy HJM (Duta Asia Cup) dua kali juara 3.

Secara keseluruhan even Kicaumania Jatim Cup berlangsung sukses. Hal ini tidak terlepas dari kinerja tim juri Dewa 99 di bawah komando Om Bambang Dewa, yang mampu menjalankan tugasnya secara teliti dan mengedepankan fairplay.

KM Jatim dan Dewa 99, kolaborasi untuk sukseskan km jatim cup 2015
Kolaborasi apik KM Region Jatim dan Dewa 99 hasilkan even berkualitas.

Selain itu, untuk menjaga ketertiban peserta agar tak berteriak, panitia menyediakan tempat duduk di dalam area tenda gantangan. “Cara ini lebih mudah untuk mengatur para peserta dan penonton. Tim juri bisa menjalankan tugas penilaian dalam suasana lomba yang tertib, lancar, tanpa teriakan,” tandas Om Masno.

Pembagian doorprize untuk peserta yang beruntung
Pembagian doorprize untuk peserta yang beruntung.

Hasil Lomba Kicaumania Jatim Cup (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.