Kenari berubah dari gacor ke ngeriwik? Coba atasi dengan daun binahong dan kuaci!

Beberapa kicaumania mengeluh, kok kenari berubah dari gacor ke ngeriwik. Burung yang sebelumnya rajin bunyi, tiba-tiba berubah jadi pendiam dan cenderung ngeriwik. Untuk mengatasinya, tentu harus diselidiki dulu apa penyebabnya, setelah itu baru diberi terapi yang tepat.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

daun binahong untuk kenari
Daun binahong dan biji kuaci dapat mengatasi kenari yang cenderung ngeriwik saja.

Ada beberapa penyebab mengapa kenari yang semula rajin bunyi mendadak jadi pendiam. Kalau pun bunyi hanya terdengar ngeriwik. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Kenari akan atau sedang memasuki masa mabungnya.
  • Kenari kalah mental atau ngedrop setelah mengikuti lomba, atau ditrek dengan kenari jantan lainnya.
  • Kenari mengalami trauma akibat gangguan hewan predator, atau sangkarnya terjatuh.
  • Kenari mengalami gangguan pada tenggorokan atau saluran pernafasannya, yang biasanya disebabkan bakteri atau tungau.
  • Kenari dalam kondisi kurang fit, terutama akibat cuaca terlalu kering seperti saat ini.

Untuk mengatasinya, sekali lagi, harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Misalnya jika kenari sedang masuk masa mabung, maka perlu segera diberikan perawatan mabung. Jika mengalami gangguan pernafasan, maka harus segera diberikan obatan secara tepat. Untuk lebih jelasnya, silakan buka lagi tulisan Om Kicau berikut ini:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Mengapa kenariku macet bunyi, coba ikuti beberapa deteksi berikut ini

Salah satu bentuk penanganan alternatif dalam merawat kenari yang sebelumnya gacor kemudian berubah ngeriwik adalah memanfaatkan daun binahong yang dipadu dengan biji kuaci dalam perawatan hariannya. Kedua jenis pakan ini dipercaya mampu mengembalikan kondisi kenari menjadi lebih rajin berbunyi.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Daun binahong yang penuh manfaat
Daun binahong (Bassela rubra linn) yang memiliki aneka khasiat kesehatan.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Binahong adalah sejenis tanaman obat yang hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman dengan nama latin Bassela rubra linn ini memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit, baik ringan maupun berat.

Adapun kuaci berasal dari biji bunga matahari. Bahan pakan ini merupakan sumber vitamin E yang sangat baik dan selama ini banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan birahi burung, terutama jenis burung paruh bengkok seperti lovebird, serta jenis burung finch seperti kenari.

Cara memberikan daun binahong dan biji kuaci untuk atasi kenari yang sebelumnya gacor jadi ngeriwik saja.

  • Ambil selembar daun binahong, kemudian dicuci dengan air bersih. Selanjutnya, daun digantung di sangkar kenari, seperti Anda menggantung daun sawi maupun daun krokot.
  • Ambil beberapa lembar daun binahong, kemudian ditumbuk hingga lembut. Hasil tumbukan diperas, diambil airnya, lalu dicampur ke dalam air minum burung.
  • Biji kuaci diberikan dengan cara dikupas kulitnya terlebih dulu. Setelah itu ditumbuk kasar, dan dicampurkan ke dalam pakan bijiannya, atau bisa juga ditempatkan dalam cepuk terpisah.

Cara di atas bisa diterapkan pada kondisi kenari tidak mengalami gangguan pernafasan, misalnya serak. Jika kenari mengalami serak sehingga kegacorannya hilang dan berubah menjadi ngeriwik, sembuhkan dulu gangguan tersebut. Anda bisa menggunakan BirdFresh sebanyak 3 – 4 tetes.

Lebih dari itu, jika nggak mau repot-repot dengan penyembuhan secara herbal, Anda juga dapat mengatasi kenari yang berubah dari gacor menjadi ngeriwik, dengan menggunakan TestoBirdBooster (TBB) yang sudah diakui efektivitasnya oleh puluhan ribu kicaumania di negeri ini. Terapi ini juga berlaku untuk kenari dalam kondisi seperti itu, tetapi tidak mengalami serak.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.