Exclusive HUT RI BBC: Empat kelas lovebird full, MB Marques melesat

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Latber Exclusive HUT Ke-70 RI yang digelar Bursa Burung Cirebon (BBC) di Blok Kemadu Kulon, Desa Kepuh, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Minggu (23/8), terasa spesial. Tak hanya diluberi peserta (tiket terjual lebih dari 500 lembar), tetapi pelaksanaannya sendiri berlangsung tertib. Suara burung pun terdengar jelas di telinga juri.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Ketertiban peserta dan penonton sebenarnya merupakan hal biasa dalam setiap gelaran BBC. Tetapi ketika situasi ini bisa dipertahankan dalam even yang dibanjiri peserta, tentu menjadi nilai tersendiri bagi panitia yang digawangi Om Khumaedi (ketua BBC) dan Om Ogi (ketua pelaksana).

Latber Exclusive BBC
Latber Exclusive BBC HUT RI: Kelas lovebird full peserta

Kelas lovebird kembali menjadi primadona. Empat kelas yang dibuka pun full peserta, sehingga data juara di setiap kelas tak hanya 10 besar, tetapi ada yang sampai peringkat 21.

Persaingan pun berlangsung ketat, sehingga tak ada lovebird yang mampu menjuarai lebih dari satu kelas. Penampilan paling stabil diperlihatkan lovebird Candy milik Om Dahlan dari Egas BF.

Burung ini nyaris mencetak double winner. Kelas Pahlawan sukses dijuarainya, mengungguli Sakhira orbitan Om Ronie Abah (Azka 22 SF) dan Krisna kepunyaan Om Eddy Caraka dari Kedawung Cirebon.

Tapi di Kelas Gerilya, Candy harus mengakui ketangguhan lovebird Lindo milik Om Toy dari Arjuna SF Indramayu. Candy di urutan kedua, disusul lovebird Ceriwis milik Om Deden Setiawan ST dari GBC Team.

Lovebird Candy
Lovebird Candy nyaris double winner.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Kelas BBC dijuarai lovebird Surti milik Om Dede Us / Ady Pria (KYO SF). Juara 2 dan 3 diraih lovebird Dollar kepunyaan Om Iwan IJS (New Cakra BC) dan Anjani milik Om Baheng (Lintar Squad Cirebon).

Kelas bergengsi Merdeka dikuasai lovebird Aura. Burung andalan Om Sule Stoklife (Putrajaya BC) ini meraih juara pertama, disusul Pretty andalan Om Aldy (Savero Team) dan Klenting besutan Om Edge Aquero (Tuk Mudal SF).

Kelas Merdeka hanya melombakan lovebird dan murai batu. Kacung Cilix menjadi murai batu terbaik di kelas ini. Jagoan milik Om Tuak (Duta Jalu BF) ini mengungguli Marques milik Om Eddy Caraka dan Elfiji kepunyaan Om Abas (BZK Cirebon).

kelas murai batu
Suasana lomba murai batu di Kelas Merdeka.

Murai batu Marques bisa dibilang paling stabil. Meski sempat dikalahkan Kacung Cilix, gaco ini tidak terkalahkan di Kelas Gerilya. MB Kijing milik Om Deni (Kedawung) dan Panca besutan Om Suwanda (Plumbon) menempel di posisi kedua dan ketiga.

Om Eddy Caraka
Om Eddy Caraka: Murai batu Marques juara 1, 2, dan 4.

Marques juga moncer di Kelas Gerilya, meski berada di urutan keempat. Kelas ini dimenangi murai batu Cidua Mato milik Om Edy MMP (Arjawinangun Permai), disusul Gilbey’s kepunyaan Om Sugeng (Tengah Tani) dan Kacung Cilix.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Om Edi MMP dan MB Cidua Mato
Om Edi MMP: Murai batu Cidua Mato terbaik di Kelas Gerilya.

Latber Exclusive BBC kali ini makin meriah dengan dibukanya Kelas Khusus Branjangan. Hal ini disambut baik oleh rekan-rekan komunitas branjangan, baik yang berasal dari Cirebon, Majalengka, Kuningan, maupun Indramayu.

Komunitas branjangan
Komunitas branjangan senang ada kelas khusus branjangan di BBC Cirebon.

Om Khumaedi dan Om Ogi mengucapkan terimakasih kepada kicaumania dan BBC Lover’s yang telah menghadiri even ini. “Terimakasih pula kepada Om Arif dari Ring AR dan Om Jamal dari ring ENGGE, yang memberikan bonus lovebird kepada juara pertama di Kelas Merdeka dan Pahlawan,” tutur Om Ogi.

Kelas cucak ijo
Kelas cucak ijo juga berlangsung ramai.
Latber BBC kelas kenari
Panitia BBC buka tiga kelas kenari.

Hasil Latber Exclusive BBC HUT Ke-70 RI (klik di sini)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.